forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku Regional > Forumku ASEAN > Forumker Indonesia > Forumker Bandung
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forumker Bandung Forumku Daerah dan Nusantara. Forum ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 16th September 2012, 02:42 PM   #1
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default Wilujeng Sumping di Bandung

Wilujeng Sumping di Bandung (Selamat datang di Bandung)

Walaupun saya lahir di kabupaten Lebak, Banten, namun karena bertahun tahun tinggal di Bandung sampai akhirnya menetap dan menggaet mojang priangan, membuat saya mrasa pituin orang Bandung, mung teu tiasa ai sunda Bandung mah, da panginten tos pada terang ai sunda na orang banten mah kasar, janten urang Indonesian wae*1

Trit kali ini saya tulis untuk warga luar Bandung yang ingin mengunjungi kota Bandung, ingin nya sih di kamar "Indonesia Indah", tpi berhubung ada kamar baru, bade ngiringan ngagandengan*2.

Jika anda tidak punya rencana pasti mau ke mana dan mau ngapain aj, berikut saya rincikan ikon wisata kota Bandung yg istilahnya, belum ke Bandung, kalau belum ke ;
  • Gedung Sate.
Spoiler

Gedung ini menjadi ikon Jawa Barat, dibangun sekitar tahun 1920, sampai hari ini masih berdiri kokoh dan menjadi pusat pemerintahan Jawa barat.
Orang Bandung asli pasti tau, berapa jumlah sate yang tertusuk di atasnya ?
mun tiasa ngawaler, hadiahna pulsa 25.000 ti admin*3

  • Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Spoiler

Dari gedung sate, menuju ke utara kita lanjutkan ke "monju".
Monumen ini dibangun untuk mngenang heroiknya para pahlawan asal Jawa Barat yg berjuang mati-matian melawan penjajah. Bentuk monumen ini mnyerupai bambu runcing yg menjadi senjata andalan para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Lokasinya ada di Jalan Dipati Ukur, depan kampus Unpad.

  • Dago

Nama jalan ini telah diganti mnjadi jalan Ir Haji Juanda, namun karena terlanjur klik dengan nama Dago, maka sampai sekarang orang masih menyebutnya jalan dago.
Spoiler

Spanjang jalan ini dapat ditemui berbagai rumah makan, butik, toko-toko, pusat hiburan, dan objek wisata, seperti kebun binatang, Curug Thailand, hingga ke Gua pakar.

  • Observatorium Bosscha

Berbelok ke Lembang, anda akan menemukan Observatorium Bosscha.
Merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda.
Spoiler


  • Tangkuban Parahu

Konon menurut kakek dari kakeknya istri saya, yg sebenarnya bukan saksi langsung dari kejadian sangkuriang menendang perahu, gunung yg berbentuk perahu terbalik ini sasakalanya dari perahu yg ditendang sangkuriang setelah cintanya ditolak oleh Dayang Sumbi, ibunya sendiri.
Spoiler

Tinggi nya sekitar 2.084 meter, berada 20 Km di utara Bandung.

  • Jembatan Pasupati (Pasteur - Surapati)

Spoiler

Jembatan Pasupati / Jalan Layang Pasupati adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya 2,8 km dan lebarnya 30-60 m. Jembatan ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur (Dr. Djundjunan) dan Jalan Surapati.

  • Jalan Braga

'Jalan Braga, jalan intelek, heunteu meunang asup keretek.."*4, kalau ga salah lagunya seperti itu.
Spoiler

Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda.
Awalnya Jalan Braga adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yg cukup sunyi dan dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan, juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an.
Jalan Braga kemudian menjadi ramai karena banyak usahawan, terutama berkebangsaan Belanda mendirikan toko-toko, bar dan tempat hiburan di kawasan itu seperti toko Onderling Belang.

  • Gedung Merdeka

Spoiler

Gedung yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Kini gedung ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama.
Halaman depan gedung ini memanjang ke arah jalan Braga, sekarang sering digunakan sebagai spot untuk foto-foto baik foto formal ataupun foto foto iseng oleh warga sekitar ataupun pengunjung dari kota lain.

  • Masjid agung Bandung

Menjadi masjid tempat shalatnya para tamu kongres Asia-afrika, namun bukan bermaksud "ngahinakeun", atau merendahkan, dulu pertama kali saya menginjakkan kaki di halaman masjid ini, saya terkejut, "qo gini ya cara orang Bandung memperlakukan masjid?", begitu isi hati saya saat itu, meskipun saat ini saya bisa melihat perubahan yg lebih baik, sudah tidak ada lagi pedagang kaki lima acak2an di halaman masjid, namun telah berpindah acak acakan di samping masjid, maupun gelandangan yg bermukim di kolong jembatan mesjid agung (sepertinya jembatan pun sekarang sudah tidak ada).
Spoiler

Bertempat di alun alun kota Bandung, menjadikan pesona masjid ini harus bersaing dgn pesona distro dan mall mall di sekitarnya, untuk anda yang hobi belanja, alun alun Bandung menawarkan surga Belanja fashion yang selalu ramai, jika anda lelah, silahkan beristirahat di Masjid Agung Bandung.

  • Saritem

Adalah tempat berdirinya pesantren Dar Al Taubah, namun saya sarankan untuk anda lewati saja objek wisata satu ini
Spoiler


  • Monumen Bandung Lautan Api

Monumen ini setinggi 45 meter, memiliki sisi sebanyak 9 bidang, dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.
Spoiler

Monumen ini terletak di Lapangan Tegallega, dan menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung.

  • Terminal Leuwi Panjang

Spoiler

dari Tegallega anda akan melewati terminal Leuwi Panjang, anda bisa berhenti sejenak untuk membeli oleh oleh khas Bandung, yaitu peuyeum atau tape singkong, makanan khas Kota Bandung yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma "alkohol".
Spoiler

Orang sering mengatakan peuyeum sama dengan tape singkong, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yaitu peuyeum lebih kering daripada tape. Hal ini dikarenakan perbedaan dalam proses pembuatan dan penyimpanannya. Peuyeum dengan kualitas bagus yaitu peuyeum yang baunya dan rasanya enak, manis dan asam.
Jika anda beruntung, anda dapat pula menemukan peuyeum spesial, yaitu peuyeum puan (perempuan), ditempat ini pula dapat anda temukan tempat peristirahatan gratis, sederhana, namun someah, insya Allah, yaitu rumah saya

spoiler for mojang priangan, unyu unyu gan :
Spoiler


  • Cibaduyut

Melewati terminal Leuwi Panjang, kita akan menemukan patung sepatu berukuran besar. Ya, anda telah sampai di Cibaduyut, pusat industri sepatu kota Bandung.
Spoiler

Di sepanjang jalan nya akan anda temui toko sepatu berjajar hingga ujung jalan Cibaduyut, saya sarankan anda untuk menyusuri jalan ini sambil berjalan kaki saja, kondisi jalannya yg tidak terlalu besar, namun dipenuhi oleh bis pariwisata dan mobil pribadi, menjadikan Cibaduyut sebagi titik kemacetan kota Bandung.

Sebenarnya masih banyak tempat yg dapat anda kunjungi, namun akan sangat panjang jika saya ulas semua dalam tulisan kali ini, yang pituin orang Bandung mungkin bisa menambahkan di bawah, sekian dulu trit saya kali ini, pokonamah, hidup Bandung !!

*1. Tapi ga bisa kalau ngomong sunda mah, maklum sudah pada tau kalau sunda Banten itu kasar, jadi kita pakai bahasa Indonesia saja
*2. Ingin ikut meramaikan
*3. Admin baik hati dan tidak sombong
*4. Tidak boleh masuk delman




Quote:
Ceuk saha orang Bandung teu bisa nyebut "F" , pitnah ta mah..
Likes:(2)
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 16th September 2012, 06:33 PM   #2
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

very informative threads, kalo pake bahasa inggeris mantaff bangets nich.

Threads of the Week nich kayaknya .... top begete
admin is offline   Reply With Quote
Old 16th September 2012, 08:05 PM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

awww super duper.


betul min, threadnya benar2 superb
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 16th September 2012, 09:28 PM   #4
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
very informative threads, kalo pake bahasa inggeris mantaff bangets nich.

Threads of the Week nich kayaknya .... top begete
admin aj yg inggris-in, saya dulu kurang makan roti, jadi english nya agak kurang sedikit, kurang di mengerti
( pasti karena ada tulisan "Admin baik hati dan tidak sombong" ya?)

Quote:
awww super duper.


betul min, threadnya benar2 superb
aww, mod endar, bisa aj..
kalau d puji ky gtu, bisa beban tar saya nulis thread lg, takut jd jelek..
mohon bimbingan nya ya..
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 17th September 2012, 12:09 AM   #5
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by nOnezdaKilla View Post
admin aj yg inggris-in, saya dulu kurang makan roti, jadi english nya agak kurang sedikit, kurang di mengerti
( pasti karena ada tulisan "Admin baik hati dan tidak sombong" ya?)



aww, mod endar, bisa aj..
kalau d puji ky gtu, bisa beban tar saya nulis thread lg, takut jd jelek..
mohon bimbingan nya ya..
ahh sob, suka gitu


ayo sob dilanjut dengan mengenalkan bandungnya


bagus bgt, bisa jadi referensi untuk seluruh kota2 di Indonesia
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 17th September 2012, 09:43 AM   #6
gladiator
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default

mojang priangan juniornya aja udah unyu2, yg seniornya pasti lebih herang bolenang mencrang...hehehe..
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 19th September 2012, 02:55 PM   #7
wengky
Ketua RT
 
wengky's Avatar
 
Join Date: 17 Sep 2012
Userid: 262
Posts: 85
Real Name: wawan
Likes: 0
Liked 5 Times in 4 Posts
Default

Hade euy.. eta saritem.. masih mantep ti baheula tepi kiwari
__________________
Hiduplah Indonesia Raya semua aksesoris klub bola dunia
wengky is offline   Reply With Quote
Old 19th September 2012, 03:22 PM   #8
gladiator
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by wengky View Post
Hade euy.. eta saritem.. masih mantep ti baheula tepi kiwari
apal wae si akang kana nu kitu mah hehehehe..
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 19th September 2012, 06:15 PM   #9
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by wengky View Post
Hade euy.. eta saritem.. masih mantep ti baheula tepi kiwari
hush..!! jangan bikin admin penasaran.. D
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 16th October 2012, 12:13 PM   #10
jendralpanu
Sek Des
 
Join Date: 15 Oct 2012
Userid: 373
Posts: 485
Real Name: joe
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default

saritem teh wisata naon kang ??? awkwakakwekwek
jendralpanu is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
bandung, wisata



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
-Tempat Berkumpulnya Barudak Bandung Masuk !!- demondkill Forumker Bandung 61 11th December 2013 08:26 AM
Bandung | General Project and Development endar.agustyan Urban and City Development 111 5th November 2012 07:35 PM
UPDATE PROMO Jam Tangan murah Bagus, Casio, Tag Heuer, Ripcurl, Swiss Army, BANDUNG demondkill Jualanku - My Stores and Shops 2 28th October 2012 06:41 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:17 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts