forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku Regional > Forumku ASEAN > Forumker Indonesia > Forumker Banjarmasin
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forumker Banjarmasin Forumku Daerah dan Nusantara. Forum ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 27th December 2013, 06:07 AM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

hasil googling di Internet

1. Warung soto Bang Mamat : Restorant Pinggir Sungai di Banjarmasin

sumber : http://www.whateverbackpacker.com/20...adi-rumah.html



Hay para Backpacker Gembel \(,)/ apa kabar nih kalian ???
Lama yah gue gak posting. Walaupun gue selalu buka blog ini tiap hari buat ngecek komen dan statistik pengunjung blog, gue baru sadar ternyata bulan Agustus ini gue malah baru posting satu kali, masa !! *merasa gagal jadi blogger* ~ ~ ~(\ ‾o‾)/


But, here i am now, front of my compie and ready to writing anything about my traveling story. Hell yeah~ \m/


Oh iya, sebelum bercerita, gue bersama blog ini secara pribadi ingin mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maap lahir dan bathin. Maap kalo kita berdua (gue dan blog ini) sering banget sombong tentang keindahan Indonesia. Sering banget sombong tentang perjalanan dan tiket pesawat yang murah dan sering sombong-sombong yang lainnya. "Karena sesungguhnya sombong traveling adalah sombong yang elegan" - Surat Al-JalanJalan, ayat 127-129.


And here we go..


Kalimantan. Melanjutkan cerita perjalanan gue di Kalimantan Selatan. Kali ini gue mau bercerita tentang hal nikmat dan tidak nikmatnya selama gue traveling di Kalimantan Selatan. Mungkin juga ada sedikit tambahan bonus perjalanan gue ke Jogja. cause FYI, sepulangnya dari Kalimantan Selatan, gue melanjutkan perjalanan menuju Jogja, jadi berasa kurang afdol aja kalo gak sekalian cerita tentang Jogja. Lagian gue takut si Jogja marah karena gak pernah masuk blog gue. FYI lagi, Jogja itu anaknya agak sedikit pedendam. Huh !


Apa yang bisa lo nikmati dari sebuah daerah berhawa panas dengan jarak satu destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya berjauhan? Apa yang bisa lo nikmati dari sebuah kota yang punya sungai lebih panjang daripada titit orang-orangnya? Yah, bakalan selalu ada yang lo nikmati selama lo traveling, even itu adalah ke-tidak-nikmatan-itu-sendiri *bingung* *trolling eye 360 degree*


So, apa yang disediakan oleh daerah yang disebut negeri 1000 sungai ini? Mari gue bikin lo ngiler dulu, dengan :



Belom ke Banjarmasin kalo belom nyoba soto banjar, dan salahsatu soto banjar yang paling enak adalah soto banjar Bang Mamat. Terletak di pinggir sungai yang gue lupa namanya. *efek kelamaan gak nulis* by the way, soto Banjar ini ternyata enaknya brengsek banget loh !! Di Bandung gue pernah nyoba juga soto Banjar, tapi rasanya beda banget sama gue nyoba di Banjar-nya langsung. Jauh. Soto yang terdiri dari potongan wortel, kentang, irisan telur rebus, ayam yang di suwir, sedikit mie bihun, potongan kecil ketupat yang diguyur kuah kaldu ini memang maknyos. Apalagi makan-nya sambil didampingi oleh sate kulit ayam yang bakalan bikin lo nelen ludah terus, even lo cuma liat fotonya doang. Glek~







2.

Silakan dijanjut ...
admin is offline   Reply With Quote
Old 27th December 2013, 08:10 AM   #2
iwex
Ketua RT
 
Join Date: 4 Dec 2013
Userid: 1554
Location: BORNEO
Posts: 144
Likes: 0
Liked 13 Times in 13 Posts
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

bener min,, kalo ke banjarmasih sampe gk ngerasain soto banjar,, emang bikin nyesel loh


nahhh kalo anak kostkostan ataupun perantauan,, menu pavoritenya ya mie sotobanjar
iwex is offline   Reply With Quote
Old 27th December 2013, 08:36 AM   #3
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

^ katanya ada lagi tempat makan yang enak lo , namanya lontong orari ?

Iwex bisa kasih gambar kah ?
admin is offline   Reply With Quote
Old 29th December 2013, 05:29 AM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

Ketupat Kandangan dan Lontong Orari

Sudah terlalu lama saya tidak berkunjung ke Banjarmasin. Entah kenapa, kota yang satu ini agak jarang masuk ke dalam layar radar saya. Kalau dulu saya selalu terpesona dengan berbagai hidangan itik (bebek) di kota ini, rupanya bebek-bebek yang sudah makin membebek di berbagai kota Nusantara sudah jauh meninggalkan kualitas masakan itik Banjarmasin yang masih begitu-begitu saja.

Mungkin sekali saya sudah terlanjur bias alias opinionated dalam hal ini. Bagi saya saat ini, hanya ada satu bebek yang top markotop. Tempatnya di Solo. Bebeknya mak nyuss. Sambalnya dahsyat. Semua bebek mau tidak mau terpaksa dipatok standarnya berdasarkan bebek Solo itu. Bebek Bukittinggi berada satu garis tipis di bawah bebek Solo ini. Semua yang lain lalu menjadi so-so.

Padahal, dulu Banjarmasin punya reputasi unggul dalam soal itik atau bebek. Di sekitar Amuntai, sekitar tiga jam perjalanan dari Banjarmasin, dikenal itik Alabio yang berbeda dari jenis bebek yang biasa kita dapati di Jawa.

Di masa lalu, saya bahkan pernah mendengar bahwa para peternak melakukan proses khusus untuk membuat daging itik Alabio ini lebih empuk ketika dimasak. Caranya? Bebek-bebek itu ditanam dalam lumpur sawah selama seminggu. Hanya leher dan kepalanya saja yang menyembul ke luar, sementara seluruh badannya terbenam di dalam lumpur yang agak padat, sehingga bebek tetap terjebak di dalamnya.
Setelah seminggu, bebek ini dicabut dari lumpur. Hampir semua bulunya sudah lepas, baru kemudian bebek dipotong. Hasilnya adalah bebek tanpa aroma anyir dan lebih empuk dagingnya. Cara yang menyiksa ini mirip dengan cara menghasilkan hati angsa yang lebih besar untuk diproses menjadi foie gras di Prancis.



Dari beberapa penjual masakan bebek di Banjarmasin saya mendapat informasi bahwa itik Alabio sekarang sudah tidak sebaik dulu mutunya. Dagingnya cenderung alot, sehingga sulit dimasak. Katanya, bebek yang sekarang kebanyakan dipakai untuk disajikan dagingnya adalah hasil persilangan antara itik Alabio dengan menthok. Bebek hasil persilangan ini disebut itik bekisar atau itik sarati.

Tetapi, sekalipun bebek Banjarmasin sudah tidak lagi memikat hati saya, ikan patin bakar dari Banjarmasin masih tetap juara dunia. Ini bukan jenis ikan patin yang sejak beberapa tahun terakhir ini populer di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yaitu hasil budidaya dari tambak. Ikan patin di Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Palembang biasanya adalah patin sungai yang masih liar. Beratnya bisa mencapai 15-18 kilogram per ekor. Konon, patin Samarinda suka harum Lux, sehingga ikan ini biasa dipancing dengan sabun mandi ini. Di Banjarmasin lain lagi. Patinnya lebih suka sabun cuci Sunlight. Heran!

Dalam kunjungan ke Banjarmasin terakhir, saya bahkan merasa belum cukup puas makan ikan patin bakar, goreng, maupun kuah, sampai-sampai saya harus membawa pulang ke Jakarta seekor patin yang cukup besar. Udang galah dari sungai-sungai di sekitar Banjarmasin juga terkenal istimewa.

Namun, ada makanan sederhana yang justru sangat memukau saya di Banjarmasin. Makanan ini dikenal dengan nama Ketupat Kandangan. Kandangan adalah sebuah kota di Kalimantan Selatan. Kalau tidak salah, ini adalah daerah asal Hamzah Haz, mantan Wakil Presiden RI. He he, sudah lupa kan bahwa kita pernah punya wakil presiden bernama Hamzah Haz yang kini tidak lagi terdengar namanya. Untungnya, dengan masakan ketupatnya, Kandangan tetap kondang di seluruh Nusantara.

Ketupat adalah makanan yang sangat umum dan dapat dijumpai di berbagai wilayah Nusantara dengan ciri khas masing-masing. Dari Sabang sampai Merauke, kita dapat menemukan berbagai hidangan ketupat dengan ciri-ciri kedaerahan yang khas. Dalam catatan saya, beberapa sajian ketupat yang paling saya sukai adalah: ketupat sayur di Banda Aceh; ketupat dengan sayur pakis di Sicincin, Sumatra Barat; ketupat sayur dengan lauk pindang bandeng di Kebayoran Lama, Jakarta; lontong kari di Bandung; lontong capgomeh di Semarang; ketupat dengan lauk rujak di Madura; tipat cantok di Bali; dan ketupat kandangan ini.

Ketupat kandangan disajikan hanya dengan guyuran kuah santan mirip opor, berwarna kekuningan, ditaburi bawang merah goreng. Cara makannya sangat khas. Sekalipun berkuah, ketupat ini justru harus disantap tanpa sendok, melainkan dengan tangan. Ketupatnya hanya dibelah dua ketika disajikan, lalu dihancurkan dengan tangan. Beras Banjarmasin memang tidak pulen seperti di Jawa. Ditanak sebagai nasi pun hasilnya seperti nasi pera yang tidak lengket satu sama lain. Ketika dimasak menjadi ketupat pun nasinya masih mudah tercerai-berai lagi. Setelah nasi ketupat itu bubar jalan, masing-masing akan menyerap kuah santan, sehingga mudah pula disuap dengan tangan. Sungguh, cara makan yang sangat unik.

Pendamping yang cocok untuk ketupat kandangan ini adalah ikan haruan goreng, atau ikan haruan masak habang (seperti bumbu bali atau bumbu balado). Ikan haruan mirip ikan gabus yang di Jawa sering disebut sebagai iwak kutuk, tetapi durinya tidak terlalu banyak. Ikan haruan Banjarmasin lebih mirip ikan gabus dari Danau Sentani di Papua Barat yang juga sedikit durinya, dan dagingnya lebih gurih.

Di sebuah warung ketupat kandangan di Banjarmasin, sajian pendampingnya termasuk sate telur ikan haruan, sate isi perut ikan haruan, dan telur rebus masak habang.
Dalam kunjungan terakhir ke Banjarmasin, saya menemukan satu lagi sajian lontong yang membuat saya langsung jatuh cinta dan terpaksa bercerai dengan ketupat kandangan.

Sajian yang menggetarkan ini dikenal warga Banjarmasin dengan nama Lontong Orari. Dulu, rumah yang sekarang dipakai untuk berjualan makanan ini adalah markasnya para aktivis radio amatir yang tergabung dalam ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia). Seperti kita ketahui, para breakers ini selain gemar cuap-cuap di udara juga sering melakukan copy darat agar dapat saling bertemu muka. Kebetulan, tidak jauh dari tempat mereka berkumpul itu ada seorang penjual lontong yang sungguh enak.

Lama-kelamaan, penjual lontong itupun diakuisisi dan kini lontong lezat itu go public tidak lagi hanya dapat dinikmati para breakers. Rumah besar itu selalu ramai oleh para pelanggan setianya.

Lontongnya berbentuk segitiga lebar dan pipih. Satu porsi full berisi dua lontong. Porsi ini benar-benar kelas berat. Saya saja tidak mampu menghabiskan satu lontong yang berukuran besar itu.

Seperti ketupat kandangan, lontongnya juga diguyur opor nangka muda. Warna kuahnya tidak sekuning ketupat kandangan, karena bumbunya memang tidak memakai kunyit. Cara makannya mirip dengan ketupat kandangan, yaitu memakai tangan tidak memakai sendok.

Lauknya disajikan dalam piring terpisah sebutir telur rebus dan ikan haruan goreng masak habang. Kuah lauk berwarna merah ini setelah bercampur dengan kuah putih lontong akan menghasilkan warna yang mengagumkan. Warna kuahnya langsung membuat saya teringat lontong capgomeh Warung Air Mancur di Semarang. Lontong Orari ini termasuk kategori mak nyuss! Sungguh memukau.

Satu catatan penting tentang kuliner Banjarmasin yang harus saya kemukakan di sini adalah kecenderungan citarasa manis yang berlebihan. Bahkan sayur asem yang seharusnya berasa asam, tetap harus tampil manis di Banjarmasin. Orang Banjar memang suka masakan manis. Sepedas apapun sambal yang ditampilkan, selalu ada tone manis yang muncul.
admin is offline   Reply With Quote
Old 22nd January 2014, 02:13 PM   #5
intan001
Sek. RT
 
Join Date: 16 Jan 2014
Userid: 1728
Posts: 20
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

Artikelnya bagus banget gan, jadi pingin nyobain masakannya.





Jual Lantai Marmer & Lantai Granit
intan001 is offline   Reply With Quote
Old 31st March 2014, 10:26 PM   #6
NomorPribadi
Warga Forumku
 
Join Date: 31 Mar 2014
Userid: 2000
Posts: 2
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

Jgn lupa ke warung soto bawah jembatan gan
Likes:(1)
NomorPribadi is offline   Reply With Quote
Old 4th April 2014, 11:52 AM   #7
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

^ iya pengen ke sana lagi kapan yah ... Warung soto bang amat
admin is offline   Reply With Quote
Old 27th August 2014, 11:11 AM   #8
ratnaade
Warga Forumku
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2447
Posts: 7
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Re: Daftar Tempat Makan Enak di Banjarmasin

Kapan ya aku bisa datang ke tempat makan paling enak di kota ku apalagi di kota banjarmasin. jadi ngiler dan iri nih
ratnaade is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
bang mamat, banjarmasin, kuliner, soto banjar



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Daftar Tempat Makan Maknyusss ... di Malang admin Forumker Malang 2 9th August 2016 09:30 PM
Tempat Makan Favorite Kamu endar.agustyan Forum Kulinerku Makan Makan 64 26th January 2016 12:03 PM
Banjarmasin | General Project and Development Razak.Rahmandi Urban and City Development 62 5th September 2014 11:03 AM
Tempat Tempat Dwld film and game www.bermadi.com Forumku the Lounge 0 2nd October 2013 06:13 PM
Jangan Meletak Handphone di Tempat-tempat Ini andi.teguh Forumku the Lounge 3 13th February 2013 12:37 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:22 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts