forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Pembangunan Daerah > DKI Jakarta
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

DKI Jakarta Pembangunan Bisnis, Ekonomi dan Infrastruktur Daerah

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 26th September 2012, 08:13 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Ada Sedikit Kesamaan Jokowi dengan Mujica

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta telah dilaksanakan 20 September yang lalu. Dan hasil perhitungan cepat berbagai lembaga survei menyatakan Jokowi yang masih aktif menjabat sebagai walikota Solo adalah sebagai pemenang.

Jokowi - Mujica


Mungkin sudah banyak yang mengetahui kalau Jokowi mempunyai kebiasaan untuk tidak mengambil gajinya sebagai walikota. Dari berita yang ditulis di berbagai media massa mengatakan bahwa Jokowi juga berencana untuk tidak mengambil gajinya saat nanti resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Hal seperti ini sebenarnya juga dilakukan oleh seorang presiden dari Uruguay, José Mujica. Meskipun tidak sama persis seperti Jokowi yang tidak mengambil semua gajinya, Mujica mendapat julukan el presidente mas pobre atau presiden termiskin karena hanya mengambil 10% dari gajinya.

Mujica sendiri sesungguhnya dapat menikmati seluruh gajinya yang sebesar $12.500 setiap bulannya, namun dia memilih untuk mengambil hanya $1.250 atau 11,8 juta rupiah saja.

Antara Jokowi dan Mujica memiliki kesamaan, yaitu mengenai alasan mengapa mereka melakukan hal yang sama, tidak mau mengambil gaji mereka sebagai pejabat negara.
“Selama masih ada yang miskin, membutuhkan ya biar dipakai yang membutuhkan,” kata cagub yang diusung oleh PDI-P dan Gerindra itu, saat ditemui di di posko pemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama (Jokowi-Ahok), di Jalan Borobudur no 22, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012) malam.
Sementara itu, Mujica mengatakan hal yang kurang lebih sama.
“Saya cukup dengan jumlah itu. Saya harus mencukupkan diri dengan jumlah itu, karena banyak orang Uruguay yang hidup dengan lebih sedikit dari jumlah itu,” kata Mujica.
Selain itu keduanya juga memiliki kesamaan mengenai prestasi yang ditorehkannya selama menjabat di daerahnya masing-masing. Jokowi menjadi walikota kesayangan warga kota Solo karena berbagai macam prestasinya dan sanggup membuat kota Solo menjadi kota yang lebih baik. Dengan kata lain Solo mengalami masa kejayaan saat dipimpin oleh Jokowi. Pun demikian dengan Uruguay, banyak orang mengatakan Uruguay mengalami masa kejayaan selama dipimpin oleh Mujica.

Cukup

Tentu saja setiap orang dan setiap pejabat mempunyai pendapatnya masing-masing mengenai menyumbangkan gajinya untuk kepentingan sosial. Tidak ada unsur pemaksaan untuk melakukan hal yang sama seperti Jokowi dan Mujica. Karena masalah memberi atau tidak, semua tergantung kepada masing-masing pribadi untuk melakukannya. Toh seandainya mereka tetap mengambil gajinya juga tak mengapa dan sah-sah saja.

Tetapi disini Jokowi dan Mujica mampu memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kedamaian dalam hidup dapat diperoleh salah satu caranya adalah dengan memberi kepada orang lain yang membutuhkan. Kedamaian hidup diperoleh karena didalam hati merasakan apa yang dinamakan dengan “cukup”.

Jokowi merasa sudah cukup dapat menafkahi anak istrinya dari usaha mebel dan tekstil, sementara Mujica merasa dari 10% gajinya sudah cukup untuk menafkahi istrinya.

Sesuatu yang bisa saya ambil dari kisah Jokowi dan Mujica adalah kata “cukup” tersebut. Karena dengan merasa cukup, hidup kita akan menjadi lebih tenang dan damai. Dengan merasa cukup manusia tidak lagi mudah diombang-ambingkan dengan sifat serakah yang sering menghinggapi perasaan manusia.

Dalam hal ini saya tidak mengagung-agungkan Jokowi dan Mujica sebagai manusia luar biasa, apalagi mendukung Jokowi di Pilkada kemarin. Karena saya sendiri bukan warga Solo atau Jakarta, apalagi Uruguay.

Dengan kesamaan Jokowi dan Mujica yang dijuluki dengan presiden termiskin karena mengambil hanya sebagian gaji dan menyumbangkannya, mungkin sah-sah saja bila Jokowi juga diberi julukan gubernur termiskin.

SumberInformasi
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks




Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:45 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts