View Single Post
Old 12th October 2016, 03:54 PM  
Warga Forumku
 
Join Date: 16 Aug 2016
Userid: 5341
Posts: 19
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur atau Sesudah Sarapan ?

Waktu terbaik untuk menyikat gigi kadang menjadi perdebatan semua orang. Ada yang beranggapan bahwa sikat gigi sesudah bangun tidur (sebelum sarapan pagi), harus dilakukan, karena sangat jorok jika kita sarapan sebelum menggosok gigi. Tapi ada juga yang beranggapan bahwa menyikat gigi setelah sarapan akan lebih baik, karena percuma juga sikat gigi jika sebelum sarapan, toh nanti akan kotor lagi oleh makanan.

Menyikat gigi setelah sarapan harus dijeda sekitar 30 menit - 1 jam. Ketika Anda makan, bakteri di dalam mulut akan menghasilkan sebuah asam yang dapat menurunkan pH gigi. Hal itu akan membuat enamel gigi Anda menjadi lunak dan lebih rentan terhadap abrasi. Ketika Anda benar-benar menyikat gigi setelah sarapan pagi, maka akan berisiko mengikis lapisan enamel gigi Anda. Selain itu, jika Anda mengonsumsi makanan yang sangat asam, menyikat gigi malah akan membuat abrasi pada gigi Anda.

Dan menyikat gigi setelah bangun tidur juga salah. Waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Selain itu, menggunakan mouthwash atau berkumur sesering mungkin dan setelah makan juga tidak boleh. Bagaimanapun zat-zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi atau obat kumur (mouthwash) dapat mencegah bekerjanya enzim-enzim pembantu tahap awal pencernaan yang dilepaskan di dalam rongga mulut.

Intinya waktu menyikat gigi adalah setelah sarapan, tapi pakai jeda 30 menit - 1 jam. Juga sebelum tidur, untuk melindungi gigi anda ketika anda tidur (Menurut dokter gigi). Namun setiap hal yang berhubungan dengan tubuh anda, tergantung kebijakan anda sendiri .

Terimakasih sudah membaca
eliskantor is offline   Reply With Quote