View Single Post
Old 13th May 2017, 03:49 PM  
Sek. RT
 
Join Date: 24 Apr 2017
Userid: 6176
Posts: 31
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Sayuran Hijau yang Berkhasiat


Darah tinggi atau hipertensi merupakan jenis penyakit yang banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit ini memiliki gejala. dengan tingginya tekanan darah. Selain itu ada beberapa gejala darah tinggi yang biasa ditemui oleh penderita hipertensi yang paling umum. Hal-hal tersebut antara lain :
1. Kelelahan atau mudah lelah
2. Nyeri pada bagian dada
3. Denyut jantung yang tidak teratur
4. Sakit kepala yang parah
6. Gangguan pada penglihatan

Menurut Archives of Internal Medicine, diet tinggi sayuran membantu dalam menurunkan hipertensi. Empat sampai lima porsi sayuran mentah atau dimasak dikonsumsi setiap hari, sangat penting untuk menjaga tekanan darah normal. Sayuran akan kehilangan semua rasa dan nutrisi penting jika Anda terlalu lama memasaknya. Jadi, dalam rangka untuk mendapatkan yang terbaik dari sayuran, mereka harus dikonsumsi mentah dalam salad, dikukus, atau direbus. Mari kita mencari tahu sayuran yang dapat membantu menurunkan tekanan darah :

1. Seledri

Seledri mengandung kalium serta phthalide yang berkhasiat melenturkan dinding pembuluh darah arteri serta membantu melancarkan aliran darah, konsumsi seledri juga bisa menurunkan hormon stres yang biasanya tinggi pada pasien hipertensi, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

2. Buncis

Buncis juga merupakan salah satu sayuran hijau yang membantu dalam mengobati darah tinggi. Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh anda dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah.

3. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten dan kalium, dan membantu untuk mempertahankan dan mengatur tekanan darah normal. Mereka juga mengurangi risiko penyakit jantung, dan sebaiknya dimakan mentah. Anda bahkan dapat membuat segelas jus wortel, dan menambahkan beberapa herbal seperti mint atau peterseli.

4. Bayam

Ada magnesium yang dikandung oleh bayam, berfungsi untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah tinggi. Bayam juga bermanfaat menyehatkan pembuluh darah arteri, sehingga tidak mengalami kaku dan pengerasan.

5. Bawang Putih

Bawang putih ternyata sangat baik dalam membantu menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih yang terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbul oleh darah tinggi pada tubuh. Selain itu, bawang putih juga termasuk makanan rendah kolesterol yang dapat membantu untuk mengurangi sumbatan pada jantung anda.

6. Kacang Edamame

Tingginya jumlah serat makanan dalam kacang edamame, mengurangi kadar kolesterol darah. Kaya akan fitonutrien seperti isoflavon, membantu menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, mereka juga merupakan sumber yang sangat baik folat dan kalium.

7. Tomat

Kandungan gizi tomat kaya vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung kalsum, kalium dan vitamin C. Kalium dan kalsium ini dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi.

8. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber yang kaya serat makanan, dan karenanya rendah kandungan kalori. Protein hadir dalam polong membantu dalam menurunkan tekanan darah. Juga, asam folat dan vitamin B6 mempromosikan kesehatan jantung.

9. Kentang

Kentang merupakan sebuah produk umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain sumber karbohidrat sehat, kentang juga memiliki kandungan magnesim dan potassium. Kedua senyawa ini akan sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Magnesium juga sangat dapat diandalkan untuk memperlancar aliran darah. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dalam diri.

10. Kedelai

Sama seperti kentang, kacang kedelai ternyata memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Magnesium dan kalium tang terkandung di dalam kacang kedelai akan membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh dan membantu anda untuk mengontrol, serta menurunkan tekanan darah.

Sumber : http://goo.gl/HAJyrW
herawati is offline   Reply With Quote