View Single Post
Old 22nd May 2013, 07:19 PM  
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 32
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Bakal Ada Wajib Militer di Indonesia

Spoiler

Quote:
Indonesia terancam akan kembali menjadi negara yang didominasi oleh militer. Hal itu dapat dilihat dengan adanya aturan wajib militer yang tertuang dalam RUU Komponen Cadangan (Komcad).

Dalam draf RUU Komcad, Pasal 6 ayat 3 disebutkan bahwa Kompenen Cadangan disusun dalam bentuk satuan tempur yang disesuikan dengan struktur organisasi angkatan sesuai masing-masing matra.

Berikutnya dalam Pasal 8 ayat 3 tentang pengangkatan anggota Komponen Cadangan, disebutkan bahwa pegawai negeri sipil, pekerja dan atau buruh yang telah memenuhi persyaratan, wajib menjadi anggota komponen cadangan.

Saat dikonfirmasi, Komisi I DPR membenarkan tentang hal tersebut. "Betul (ada wajib militer di RUU Komcad)," kata Wakil Ketua Komisi I TB Hasanudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Namun, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu enggan untuk menjelaskan secara rinci terkait pasal wajib militer tersebut. Dia beralasan bahwa Komisi I akan terlebih dahulu fokus dalam penuntasan RUU Kamnas sebelum membahas RUU lainya.

"RUU Kamnas akan menjadi payung bagi UU pertahanan dan kemanan negara yang lain," tegas Hasanudin.
Sumber: http://bit.ly/16NwCCT
alnpr is offline   Reply With Quote