View Single Post
Old 12th November 2018, 12:34 PM  
Sek Des
 
Join Date: 13 Aug 2015
Userid: 4201
Posts: 249
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Sudah pernah dengar tentang shower meditation? Apa, sih, itu?



Aktifitas yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan “semedi”, yaitu relaksasi pikiran dari semua hal-hal negative. Meditasi sendiri sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran, melatih fokus dan kesabaran. Lebih dari itu, meditasi juga sangat baik untuk kesehatan fisik.

Dengan bermeditasi, kamu melatih pernafasan yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan jantung, juga meregangkan tulang belakang yang selama ini kaku karena terlalu lama duduk atau membawa beban berat.
Kalau selama ini proses bermeditasi hanya duduk sila sambil menutup mata, kini ada yang dinamakan “Shower Meditation”. Berikut penjelasannya;

Shower meditation biasanya dilakukan di pagi hari saat kamu mandi. Hal ini akan membantu kamu mengawali kegiatan dengan pikiran yang positif dan fresh, sehingga aura kamu lebih terpancar. Berikut tahapan shower meditation yang bisa kamu coba di rumah:

Nyalakan shower, pilihlah yang air panas, atur suhunya sesuai keinginan kamu. Jangan terlalu panas. Atur juga aliran airnya, pilihlah yang seperti gemericik hujan. Setelahnya, mulailah pejamkan mata dan biarkan air hangat mengaliri tubuh kamu, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Fokuslah mengatur nafasmu sambil memikirkan hal-hal indah. Rasakan aliran air yang membasahi kepala, turun ke pundak dan melewati kakimu. Apabila kamu merasakan pegal di bagian pundak, fokuskan airnya untuk jatuh tepat di atas pundakmu.

Lalu, kamu bisa berbalik badan menghadap shower. Biarkan airnya jatuh ke wajahmu sembari masih mengatur nafas. Pada tahap ini kamu akan merasa seperti sedang totok wajah.

Shower meditation ini sangat bermanfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun psikis. Kamu tidak memerlukan alat tertentu, melainkan hanya shower. Airnya pun bisa kamu atur, dingin atau panas sesuai kebutuhan. Bisa kamu lakukan di pagi ataupun sore hari.
__________________
Timothy is offline   Reply With Quote