forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > > > >
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Airlines and Airports Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 9th July 2012, 09:12 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 9 Jul 2012
Userid: 2
Posts: 57
Likes: 6
Liked 20 Times in 12 Posts
Default Airlines and Airports News

Bandara Samarinda Baru jadi momentum bangkitnya Kaltim

source : http://www.antaranews.com/berita/319...gkitnya-kaltim

Quote:
Selasa, 3 Juli 2012 06:37 WIB

Samarinda (ANTARA News) - Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan, Santoso Eddy Wibowo, mengatakan keberadaan Bandara Samarinda Baru (BSB) dapat dijadikan momentum kebangkitan pengembangan Provinsi Kaltim, terutama Samarinda yang sebagai ibu kota provinsi.

"Samarinda sudah merasakan pengalaman pahit soal keberadaan bandara, yakni Bandara Temindung yang begitu dibangun langsung banyak pemukiman di sekitarnya," ujar Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan, Santoso Eddy Wibowo, saat meresmikan pembangunan Gedung Terminal BSB di Samarinda, Senin (2/7).

Dilanjutkan, padatnya pemukiman di Bandara Temindung itu membuat keberadaan bandara tidak dapat dikembangkan, pasalnya selain lahan yang sempit juga membahayakan keselamatan karena padatnya pemukiman penduduk.

Belajar dari pengalaman itu, katanya, maka keberadaan BSB yang saat ini masih dalam tahap pembangunan itu, tata ruangnya harus dimankan, jangan sampai begitu bandara jadi, kemudian banyak warga yang membangun pemukiman di sekitarnya.

Hal ini menjadi tanggung jawab Pemkot Samarinda yang dibantu oleh Pemprov Kaltim, sehingga pemerintah setempat agar secepatnya membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang larangan warga membangun kawasan pemukiman penduduk di sekitar BSB.

Menurut dia, sesuai dengan koridor ekonomi Kalimantan yang ditetapkan sebagai pusat pengolahan hasil tambang dan lumbung energi nasional, maka transportasi menjadi sektor yang sangat vital dalam perkembangannya.

Terkait dengan itu, infrastruktur berupa sarana dan prasarana memegang peranan penting dalam mendukung terwujudnya kesuksesan program pusat di daerah.

Di Kalimantan Timur terkenal banyak sungai, sehingga keberadaan bandara sangat penting, terlebih saat ini masyarakat lebih memilih transportasi udara karena lebih efektif dan efisien.

Dia juga berharap agar BSB cepat selesai, sehingga Bandara Temindung yang memang sudah tidak layak itu dapat segera pindah ke BSB yang terletak di Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara tersebut.

Jika BSB tuntas, lanjutnya, maka Samarinda akan memiliki bandara representatif sekelas yang dimiliki ibu kota provinsi lainnya. Hal ini akan berdampak positif terhadap perkembangan moda transportasi udara di Indonesia, khususnya di Kaltim dan Kalimantan.

(KR-GFR/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012
positifi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 16th July 2012, 02:20 AM   #2
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

http://pkps.bappenas.go.id

Kertajati International Airport, West Java

Project Basic Idea

Background

There are more than 40 million citizen of West Java with Gross Regional Development Product (GRDP) of about US$ 30 Billion. Nevertheless, there is major airport in this Province. The citizens of Bandung and surrounding cities travel for more than 160 km by land transportation to Soekarno Hatta Airport. Traffic congestion from Bandung to Jakarta or vice versa is extremly high during workdays.

Urgency

- The limited capacity of the existing Husein Sastranegara Airport at Bandung.
- Global and Regional accessibility needs.
- Growing potential demand in West Java.

Benefit

To increase income of Majalengka Regency citizens and surrounding areas during project construction and airport operation
- To reduce of passenger and good transportation cost to and from West Java area.
- To compete with Soekarno Hatta Airport which will increase services of lower cost airport transportation.


Contracting Agency

Governor of West Java

Person in Charge : Mr. Dicky Saromi
Position : Head Of Transportation Agency, West Java Province
Address : Jl. Sukabumi 1 Bandung INDONESIA
Phone : +62 22 7272258
Fax : +62 22 7202163

Minister of Transportation

Person in Charge :
1. Mr. Hanggoro Budi Wiryawan
Position : Head of Transportation Service and Parternship Analysis Center
Address : Cipta Building 6th Floor Jl. Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta 10110 INDONESIA
Phone : +62 21 3852671
Fax : +62 21 3517608

2. Mr. Bambang Tjahjono
Position : Director of Airport
Address : Karya Building 24th Floor Jl. Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta 10110 INDONESIA
Phone : +62 21 3517608
Fax : +62 21 3852671


Project Location

Majalengka Regency, West Java Province


Project Specification

Runway 3,000 m x 60 m, taxiway, apron, cargo and passengers, navigation and other facilities.

Estimated Project Cost

US$ 800.00 million
- Phase I : US$ 370.00 million
- Phase II : US$ 230.00 million
- Phase III : US$ 200.00 million

Expected Time of Implementation

Project Preparation : 2009 – 2011
Tender : 2012
Contract Signing : 2013
Construction : 2013 – 2015
Operation : 2015
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 21st July 2012, 09:42 PM   #3
positifi
Wk. RT
 
Join Date: 9 Jul 2012
Userid: 2
Posts: 57
Likes: 6
Liked 20 Times in 12 Posts
Default INDUSTRI PENERBANGAN: Merpati beli 20 Cassa Dirgantara Indonesia

INDUSTRI PENERBANGAN: Merpati beli 20 Cassa Dirgantara Indonesia

sumber : http://www.bisnis.com/articles/indus...ssa-dirgantara

Berliana Elisabeth S.
Kamis, 19 Juli 2012 | 17:13 WIB

Quote:
AKARTAL: PT Merpati Nusantara Airlines realisasikan pembelian 20 pesawat Cassa dari PT Dirgantara Indonesia. Namun, pendanaan menunggu penawaran dari pemerintah daerah yang akan menggunakan pesawat ini.

Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo mengatakan pihaknya akan membentuk pasar untuk pembiayaan ke-20 pesawat Cassa yang dibelinya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Pasar ini berasal dari pemerintah kabupaten maupun kecamatan di Indonesia. Sebab pesawat akan digunakan untuk penerbangan perintis di wilayah timur Indonesia dan Kalimantan.

“Kami sudah kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah, di antaranya Pemda Sampit, Kalimantan Tengah. Mereka ingin menggunakan pesawat Cassa dari PT DI ini,” kata Rudy saat penandatanganan nota kesepahaman antara PT Dirgantara Indonesia dan PT Nusantara Turbin dan Propulsi (NTP), di kantor Kemmeng BUMN, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Dalam acara penandatangan MoU ini turut menyaksikan Menneg BUMN Dahlan Iskan. Dari PT DI diwakili oleh Direktur Utama Budi Santoso dan Dirut PT NTP Supra Dekanto, sedangkan dari Merpati oleh Rudy Setyopurnomo.

Rudy menjelaskan pihaknya menargetkan tahun ini ada 4-5 unit pesawat pesanannya yang sudah dapat diterima dan selesai seluruhnya dalam 2 tahun ke depan. Namun, dia optimistis tidak perlu mengeluarkan dana sedikitpun untuk pembayarannya karena kerja sama dengan pemerintah daerah dan perusahaan pembiayaan.

Nantinya, imbuh Rudy, dengan Pemda yang turut dalam pembiayaan akan dibuat mekanisme bagi hasil ataupun mekanisme lainnya. “Misalnya, pemda ingin membiayai pengadaan pesawat, itu kontribusinya 10% dari total biaya. Bagi hasilnya mereka mendapat porsi 10%. Atau ada pemda yang ingin menanggung biaya bahan bakar, kontribusi hingga 60%, pembagiannya sesuai dengan pengeluarannya,” kata Rudy.

Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengatakan penandatangan MoU dengan Merpati ini untuk pembelian 20 pesawat Cassa serta untuk perawatan over haul pesawat MA-60 di PT NTP, anak usaha PT DI.

Untuk pembelian 20 Cassa ini, imbuh Budi, ditargetkan seluruh pesanan rampung dalam dua tahun kedepan. Pesawat yang dipesan berjenis Cassa 212-400 berkapasitas 28 tempat duduk dengan harga US$6,5 juta-US$7,5 juta per unit.(msb)
positifi is offline   Reply With Quote
Old 25th July 2012, 10:30 AM   #4
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

semoga kota kota lainnya bisa mengikuti jejak kaltim
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 27th August 2012, 11:04 PM   #5
afterburner
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default

bener bro. bandara samarinda begitu di bangun kiri kanan langsung perumahan. sama bro kayak di Bandara Bontang. dulu tu ya bro, masih hutan. jadi aman untuk penerbangan bila terjadi pendaratan darurat. tapi yah. kiri kanan nya sekarang rumah rumah dan rumah.
kenapa ya bro, masyarakat gak menghargai safety nya penerbangan. mereka memperhatikan safety pesawat pada saat udah naik pesawat. tapi kalo di sekitar bandara, kayak gak mungkin pesawat akan melakukan emergency landing. padahal kan untuk emergency landing itu bahaya banget kan kalo di sekitarnya perumahan langsung
afterburner is offline   Reply With Quote
Old 27th August 2012, 11:26 PM   #6
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by afterburner View Post
bener bro. bandara samarinda begitu di bangun kiri kanan langsung perumahan. sama bro kayak di Bandara Bontang. dulu tu ya bro, masih hutan. jadi aman untuk penerbangan bila terjadi pendaratan darurat. tapi yah. kiri kanan nya sekarang rumah rumah dan rumah.
kenapa ya bro, masyarakat gak menghargai safety nya penerbangan. mereka memperhatikan safety pesawat pada saat udah naik pesawat. tapi kalo di sekitar bandara, kayak gak mungkin pesawat akan melakukan emergency landing. padahal kan untuk emergency landing itu bahaya banget kan kalo di sekitarnya perumahan langsung

kayanya faktor "rumah dekat bandara itu mahal karena akses" masih mendominasi pikiran pengembang dan masyarakat, padahal sangat berbahaya. ehhehe

contohnya BDO, justru semakin dekat bandara harga property makin "tinggi" *kalo sebelahan sama landasan pacu beda kasus (hehe). bahkan pembangunan gedung bertingkat sangat "ramai" dibilangan sekitar BDO dengan embel2 "selangkah menuju BDO".

berikut adalah peta KKOP BDO

__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 31st August 2012, 10:13 PM   #7
afterburner
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
kayanya faktor "rumah dekat bandara itu mahal karena akses" masih mendominasi pikiran pengembang dan masyarakat, padahal sangat berbahaya. ehhehe

contohnya BDO, justru semakin dekat bandara harga property makin "tinggi" *kalo sebelahan sama landasan pacu beda kasus (hehe). bahkan pembangunan gedung bertingkat sangat "ramai" dibilangan sekitar BDO dengan embel2 "selangkah menuju BDO".

berikut adalah peta KKOP BDO

nah. ini lah bro. harus di kurangi jumlah nya gedung bertingkat. daripada karna 1 gedung, hilang ribuan nyawa gara gara pesawat nabrak ke gedung bertingkat. kan gak elit.
afterburner is offline   Reply With Quote
Old 31st August 2012, 11:47 PM   #8
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

^
tapi pembangunan gedung2 itu memang bukan tepat berada di zona bahaya kecelakaan brath


dan husein sastranegara memang tepat ditengah kota, mau tidak mau "berkecimpung" dengan medan yang "kota banget" hehe
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 6th October 2012, 10:57 PM   #9
retired
Sek Des
 
Join Date: 6 Aug 2012
Userid: 76
Location: "Silent Reader"
Posts: 206
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default

moga aja cepet selesai..
kan di samarinda padat banget tuh,,lebih rame dari balikpapan (klo menurut ane)

ya semoga aja penduduk di samarinda ngerti
__________________
"retired was here"
retired is offline   Reply With Quote
Old 8th October 2012, 10:10 AM   #10
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,277
Likes: 1,741
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by retired View Post
moga aja cepet selesai..
kan di samarinda padat banget tuh,,lebih rame dari balikpapan (klo menurut ane)

ya semoga aja penduduk di samarinda ngerti
wah informasi baru nich , ane fikir balikpapan, walaupun bukan ibukota propinsi itu lebih rame dari samarinda
admin is offline   Reply With Quote
Old 15th January 2014, 12:04 AM   #11
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,277
Likes: 1,741
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Airlines and Airports News

http://indo-aviation.com/2014/01/10/...-bisa-ditutup/



Hatta Rajasa Sebut Merpati Masih Bisa Ditutup

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menuturkan, penutupan maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines masih bisa saja terjadi, kendati keputusan ini masih menunggu menunggu rencana bisnis Merpati yang akan disampaikan oleh dewan direksi


“Saya ingin mendengar buisness plan Merpati seperti apa. Jadi wajar atau tidak, (utang) Rp 6,7 triliun itu digunakan untuk apa. Kalau masuk akal jalan, kalau tidak masuk akal tutup saja,” tandasnya seperti dilansir Suara Merdeka.

Nasib maskapai BUMN tersebut memang masih ada dalam pertimbangan pemerintah dan perlu diketahui, untuk menyelamatkan bisnisnya, Merpati dituntut membuat rencana bisnis (business plan) yang tepat.


Sayangnya, dewan direksi Merpati belum menyampaikan rencana bisnis terbarunya kepada Hatta Rajasa. “Belum disampaikan ke saya sampai saat ini,” ujarnya.


Dikatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan ada investor yang ingin bekerja sama dengan pihak Merpati.
“Mereka masih (beroperasi), Pak Menteri BUMN saya tanya, katanya mereka masih mau meminta apakah ada pihak ketiga yang mau bekerjasama. Karena sudah diisyaratkan oleh kita tidak ada dana tunai yang dialirkan oleh pemerintah (kepada Merpati),” tandasnya.


Foto: Andika Primasiwi / PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

http://indo-aviation.com/2014/01/11/...bebani-negara/



Kementerian BUMN Ingin Merpati Tetap Hidup Tanpa Bebani Negara

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginginkan agar maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines tetap hidup dan mengudara di langit Indonesia, tetapi tanpa membebani keuangan negara. Berbagai langkah dipersiapkan oleh Kementerian BUMN untuk memperbaiki kondisi Merpati yang memiliki utang lebih dari Rp 6,5 triliun.
Deputi Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN Wahyu Hidayat mengatakan, beban utang yang sangat besar pada Merpati membuat perusahaan plat merah tersebut sangat memperihatinkan. “Kita sedang membenahi Merpati. Kita memikirkan jangka panjang bagaimana Merpati tetap survive, selamat tanpa membebani keuangan negara,” ujarnya.
Wahyu menjelaskan, Kementerian BUMN juga akan meninjau ulang jajaran direksi Merpati yang ada saat ini. Peninjauan dilakukan sebagai kontrol pemerintah terhadap perusahaan. “Tiap kali ada rencana ganti. Kalau direksi tidak proven, tidak mencapai sesuatu, kita ganti,” ungkapnya lebih lanjut.
Menurut Wahyu, terdapat masalah lain yang menghinggapi Merpati, yaitu gaji karyawan yang belum dibayarkan. Kementerian BUMN menyerahkan tanggung jawab itu kepada perusahaan, tetapi Kementerian BUMN juga tidak tutup mata terhadap masalah ini.
Sementara itu, Wahyu juga mengatakan bahwa dua anak perusahaan Merpati, Merpati Maintenance Facility (MMF) dan Merpati Catering Service (MCS), akan diserahkan kepada Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk menyehatkan anak usaha dari induknya. Kedua perusahaan ini akan dibesarkan usahanya karena memiliki prospek yang cukup menjanjikan.
Foto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com
admin is offline   Reply With Quote
Old 15th January 2014, 12:19 AM   #12
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,277
Likes: 1,741
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Awas! Bandara Makin Rawan, Bagasi Ditali dan Digembok Tetap Dibobol

Minggu, 12/01/2014 12:08 WIB
Awas! Bandara Makin Rawan, Bagasi Ditali dan Digembok Tetap Dibobol
Nala Edwin - detikNews

http://news.detik.com/read/2014/01/1...991101mainnews

Jakarta - Bandara di Indonesia makin rawan saja. Pembobolan tas bagasi penumpang pesawat tidak kunjung bisa dihentikan. Bahkan tas bagasi yang sudah diberi wraping dan digembok rapat tetap dibobol oleh 'tikus-tikus' bandara.

Pembobolan dialami kerabat Hidayat Setiaji pada awal Januari lalu. Saat itu Zuriyati, kerabat Hidayat, terbang menggunakan maskapai Lion Air JT 391 jurusan Pekanbaru (PKU)- Jakarta (CGK). Zuriyati menapatkan nomor bagasi 19-68-64.

Koper tersebut sudah diikat tali striping di Pekanbaru, selain itu juga koper itu sudah digembok dengan gembok berkombinasi. "Sampai di bandara tali wraping dirusak kemudian kunci di koper itu sudah dirusak," katanya.

Hidayat menyatakan tidak ada barang yang hilang dalam peristiwa itu. Namun dirinya sangat menyayangkan bisa ada pembobolan itu. "Kita sudah laporan untuk pengaduan tapi belum jelas kelanjutannya bagaimana," katanya.

Pembobolan juga menimpa pacar Jazzy, pada 2 Januari 2014. Ada dua tas yang dibobol. "Yang dibobol bagasi pacar saya," kata Jazzy kepada detikcom.

Dia mengatakan, saat itu kekasihnya naik Lion Air tujuan Jayapura-Jakarta. Pacarnya itu membawa dua tas yang dimasukkan ke dalam bagasi. Saat tiba di Cengkareng ritsleting tas pertama rusak, sedangkan tas kedua yang berbahan plastik tersobek.

"Ada 2 Hp yang hilang selain itu juga ada uang Rp 800 ribu dan 4 flash disk yang hilang," katanya.

Jakarta - Jazzy menyatakan, kekasihnya sudah melaporkan kejadian itu ke petugas di bandara. Namun hingga kini belum ada penyelesaian. "Laporan sudah tapi belum ada tindak lanjutnya," katanya.

Pembobolan bagasi juga dialami Herdinan saat menggunakan penerbangan Lion Air dari Jakarta menuju Medan pada 5 Desember lalu. Saat sampai di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara, tas yang dimasukkannya ke dalam bagasi dibongkar paksa. Padahal tas itu sudah dilengkapi dengan dua gembok.

"Tas saya menggunakan 2 buah ritsleting yang saya gembok dengan menggunakan gembok," katanya.

Herdinan mengatakan, gembok yang dipasangnya dibongkar secara paksa. Akibatnya parfum, power bank dan juga baju yang dipakai di dalam tas itu acak-acakan.

"Isi tasnya acak-acakan," katanya.

Sementara itu, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait yang dihubungi detikcom melalui telepon dan SMS belum bisa memberikan konfirmasi mengenai kejadian-kejadian ini.

Namun pada 5 Januari lalu Edward yang diwawancarai detikcom mengingatkan agar seluruh penumpangnya tidak menaruh barang berharga di bagasi.

"Sebenarnya kita sudah mengimbau berkali-kali. Jangan memasukkan barang berharga di dalam tas atau koper yang dimasukkan dalam bagasi," ujar Edward.

Edward menambahkan, sejumlah banner dan alat pengumuman lainnya telah dipasang untuk mengingatkan penumpang agar tidak menaruh perhiasan, uang, atau benda berharga lainnya di dalam koper bagasi. Koper pun sebaiknya digembok dan dicek kembali sebelum masuk ke bagian loading.

"Kita juga minta para penumpang mengunci bagasinya dengan cukup aman karena banyak juga yang tidak dikunci. Pengawasan tetap kita lakukan dan ada juga proses screening," ujar Edward.
admin is offline   Reply With Quote
Old 1st August 2016, 06:47 PM   #13
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,277
Likes: 1,741
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Agustus, Targetkan 50 Ribu Penumpang

Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Agustus, Targetkan 50 Ribu Penumpang

Selasa, 26 Jul 2016 21:34 WIB

MedanBisnis - Jakarta. Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan beroperasi pada bulan Agustus 2016 mendatang. Ada 50 ribu penumpang per hari yang akan menggunakannya.
Dirut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan T3 Ultimate telah siap dari segi fasilitas maupun infrastruktur. Saat ini, tinggal diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

"Sebenarnya semua udah siap ya, fasilitasnya ya, infrastrukturnya tinggal diverifikasi Kemenhub, kalaupun ada yang belum siap paling ada yang kurang bagus nanti kita benerin, tapi overall semua sudah siap," kata Budi di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Selasa (26/07/2016).

Budi mengatakan bahwa yang paling penting adalah kesiapan dari 3 hal utama yaitu safety, security dan pelayanan. Dia menilai semua sudah diselesaikan dengan baik.

"Apa yang dulu dianggap belum selesai sudah kita selesaikan, listrik udah selesai, AC udah selesai, baggage system udah selesai, tower udah selesai. Itu yang signifikan udah selesai, jadi tinggal kita verifikasi terus nanti kita akan segera dapet izin operasi dari Menteri Perhubungan," terang Budi

Kemenhub sendiri sudah menjadwalkan agar T3 Ultimate bisa dibuka mulai Agustus mendatang dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

"Dari Kementerian Perhubungan sudah merencanakan kalau bisa kita buka pada minggu kedua bulan Agustus, jadi semacam soft launching-lah, kami juga mengharap sih kalau berkenan dibuka oleh Pak Presiden," lanjut Budi.

Dengan dibukanya T3, perhitungan Angkasa Pura penerbangan di bulan Agustus nanti akan mencapai 360 penerbangan dengan capaian 50.000 penumpang per hari.

Biaya untuk membangun T3 sendiri terbagi menjadi 2, yaitu biaya untuk bangunan bandara sendiri mencapai 5,4 T dan untuk fasilitas maupun infrastruktur 1,6 T. Infrastruktur dan fasilitas yang dimaksud adalah jalan, jaringan listrik, air, taman dan hingga WIFI.

"Total semua dari bangunan sampai fasilitas jadi 7T, WIFI itu andvanced jadi semua frer wifi dan sedang koordinasi dengab Telkom supaya mendapatkan akses koneksi sebaik-baiknya," kata Budi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sempat mengunjungi Terminal 3 ultimate. Menurut Budi, Arief Yahya dan dirinya sepakat menjadikan Terminal 3 Ultimate sebagai gerbang baru pariwisata.

"Saya kira relevan Pak Menteri dateng kesini untuk kita diskusikan konten untuk aktivitas, karena ini ingin sekali ini tidak jadi airport yang biasa artinya penumpang internasional itu bisa bertambah banyak nantinya secara transit maupun destinasi," kata Budi.

"Kalau penumpang internasional datang ya kemungkinan besar itu menstimulasi untuk jadi turis, nah saya pikir relevan," lanjut Budi.

Bandara T3 sendiri akan diusung dengan konsep local culture yang kental baik dari dekorasi maupun desai interior di setiap sisinya. Dengan tampilan budaya yang Indonesia punya, Budi berharap kearifan lokal dapat dijadikan kekuatan dalam pesona T3 nantinya.

"Dengan culture kita yang luar biasa, kita nggak akan kalah dengan negara manapun dengan konsep kearifan lokal ini," terangnya. (dtc)

http://www.medanbisnisdaily.com/news...ibu-penumpang/
admin is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
airline, airport, indonesia, news



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Chengdu Airlines Punya Armada Baru Pesawat Jet ARJ21-700 Buatan China je_tek Business and Economy! 0 24th October 2017 09:34 AM
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/710139-rini-dorong-pertamina-bangun-spbu-di-myanmar partisusanti Infrastructure, Transportation and Communication! 0 11th December 2015 08:39 PM
Indonesian Aviations : Airports, Airlines, Airplanes ditoroso Airlines and Airports 30 22nd September 2014 03:22 PM
General Airports Project and Development endar.agustyan Airlines and Airports 75 27th November 2012 05:48 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:23 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts