View Full Version : 10 Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia


andi.teguh
12th November 2012, 07:30 PM
Termasuk dalam wilayah DAOP III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun BUnga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 m.

10. Terowongan Gunung Gajah (368 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmjZI5eb2I/AAAAAAAAByg/KJmQvBUNSdE/s400/gunung+gajah.jpg

Termasuk dalam wilayah DAOP III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun BUnga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 m.

9. Terowongan Tebing Tinggi (424 m)
http://1.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmuDa9YY1I/AAAAAAAABzw/VA74t0rv6GQ/s400/kondisi-tembok-penahan-di-depan-terowongan-tebing-tinggi-yang-roboh-akibat-gerusan-air-hujan.jpg


Terowongan ini terletak di Talang Banyu Desa Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan. Terowongan yang masih aktif ini memiliki panjang sekitar 424 m.

8. Terowongan Ijo (580 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmjZ6YjQNI/AAAAAAAAByo/hRkEDxI_Xuo/s400/ijo.jpg


Terletak di di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa. Memiliki panjang sekitar 580 m.

7. Terowongan Kupitan (600 m)
http://www.blogceria.com/userfiles/uploads/terowongan-kupitan.jpg

Berada di wilayah DAOP II Sumbar antara Muarakalaban dan Padang Sibusuak, Terowongan ini memiliki panjang kurang lebih 600 m.

6. Terowongan Lampegan (687 m)
http://1.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmkdRiQn0I/AAAAAAAAByw/h5kArTeLsvc/s400/lampegan.jpg


Terowongan ini terletak di Kec. Cibeber, perbatasan Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi. Pada tanggal 8 Februari 2001, terowongan ini runtuh, namun saat ini terowongan yang memiliki panjang sekitar 687 m ini telah direnovasi.

5. Terowongan Mrawan (690 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmkd2Q_R-I/AAAAAAAABy4/bJ9mMjtdgjU/s400/mrawan.jpg


Terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Kalibaru, Banyuwangi. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 690 m dan dibangun pada tahun 1901.

4. Terowongan Eka Bakti Karya (760 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmjYr3wRkI/AAAAAAAAByY/i134mrj336U/s400/eka+bakti+karya.jpg


Terowongan ini terletak di Sumberpucung, malang. Lima kilometer setelah stasiun Sumberpucung. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga terdapat terowongan Dwi Bhakti Karya dengan panjang 400 m. Disebelah terowongan ini terdapat Bendungan Ir. Sutami.

3. Terowongan Sawahlunto (835 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmkeLZ6QYI/AAAAAAAABzA/sZ13VNmmcDQ/s400/sawahlunto.jpg

Terowongan Sawahlunto terletak di antara stasiun Muara Kalaban dan Sawahlunto, Sumatera Barat. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 827 m dikenal juga dengan sebutan Lubang Kalam.

2. Terowongan Sasaksaat (949 m)
http://2.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmodKg-1vI/AAAAAAAABzg/5daVoxoyfE8/s400/sasaksaat.jpg

Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukita Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan stasiun Maswati maka jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan).


1. Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber (1208 m)
http://4.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmlnuzmL8I/AAAAAAAABzQ/yztlV7zhMEA/s400/wilhelmina.jpeg

http://3.bp.blogspot.com/_Owgxo0uCZXA/TCmo-TmS2LI/AAAAAAAABzo/5DscIMT4oxo/s400/wilhelmina3.jpeg

Terowongan Wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m. terowongan kereta api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang, kini keberadaanya sungguh memprihatinkan, dengan rel yang hilang dan muka terowongan yang tak terurus, di rambati akar-akar tanaman semak belukar, semakin menghilangkan pamor dari sejarah maupun aset wisata dari terowongan terpanjang di Indonesia ini.

sumber (http://www.blogceria.com/berita-serba-10/10-terowongan-kereta-api-terpanjang-di-indonesia-p.html)

saktifirst
14th November 2012, 07:44 AM
yg paling panjang kenapa malah yg ga di urus ya

kan keren kalo jadi tempat wisata tuh

saya_orang_paling_ganteng
12th December 2012, 08:10 AM
harusnya dikasi pict per terowongan gan, biar ni trit lebih menarik lagi :D

admin
24th November 2013, 12:43 PM
^^^ selama ini aku kira terowongan ijo yang paling panjang. Ternyata sasaksaat lebih panjang ... bahkan Wilhelmina paling panjang