View Full Version : Angkat Produk Lokal


agusjember
12th November 2014, 11:53 PM
http://i61.tinypic.com/14wvm1l.jpg

PAMERAN produk home living menghiasi sudut Pondok Indah Mall, Jakarta, 3–9 November lalu. Menyaksikan pameran itu, pengunjung seolah berada di dalam galeri seni rupa. Sebab, seluruh furnitur yang dipajang berbalut desain yang artistik.

Pameran tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan Jakarta Do Art. ”Beberapa di antara karya seniman yang dipamerkan di sini sudah diaplikasikan ke desain brand-brand lokal,” ujar Handoko Hendroyono, penggagas komunitas Jakarta Do Art, ketika ditemui Sabtu (8/11).

Komunitas yang baru berdiri sekitar satu tahun itu dibangun dengan spirit kolaborasi mengangkat brand lokal. Bentuk kolaborasi diwujudkan dengan mempertemukan para desainer muda berbakat dan pengusaha yang masuk dalam kategori usaha kecil menengah (UKM).

”Kami ingin meningkatkan value dari produk yang dihasilkan brand-brand lokal yang masuk kategori UKM,” ujar pria yang sukses membuat sebuah tagline iklan minuman dalam kemasan botol tersebut. Melalui Jakarta Do Art, brand-brand lokal juga diharapkan mampu bersaing melawan serbuan produk asing.

Handoko banyak membagi cerita tentang Jakarta Do Art saat ditemui di kantornya di kawasan Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan. Dia mengungkapkan, semangat awal mendirikan komunitas itu tak lain ingin membantu orang lain bagaimana produk Indonesia bisa memiliki desain yang menarik.

Sebagai praktisi desain dan periklanan, Handoko melihat kelemahan produk UKM dalam negeri lebih pada sisi desain dan promosi. Di sisi lain, dia gelisah melihat banyak karya seniman muda yang luar biasa, namun kerap berhenti pada ruang pameran. Dari kegelisahan itu muncullah semangat kolaborasi tersebut.

Karya seniman dan produk UKM bisa langsung terlibat dalam Jakarta Do Art. Handoko akan melakukan kurasi terhadap karya seniman maupun produk UKM yang bakal dikolaborasikan. ”Dari sisi produk, kami tak ingin kualitasnya main-main. Sebab, kalau desainnya bagus, namun kualitas produknya jelek, ya sama saja,” tutur penulis buku Brand Gardener itu.

Setelah dikurasi, karya seniman yang terpilih akan diterapkan dalam produk UKM yang membutuhkan. Nilai jual produk UKM yang dikolaborasikan dengan karya seniman otomatis meningkat. Sebab, ada komponen untuk royalti buat seniman bersangkutan.

Selain menggarap desain, Jakarta Do Art membantu pemasaran produknya. Pameran produk seperti yang dilakukan di Pondok Indah Mall itu menjadi contoh. Kegiatan pameran tersebut juga hasil kolaborasi antara Jakarta Do Art dan pengelola mal.

Pengelola mal tak membebankan biaya sewa yang tinggi seperti halnya untuk acara ekshibisi umumnya. Banyak pengusaha yang telah merasakan terbantu keberadaan Jakarta Do Art. Sentuhan desain yang menarik dari para seniman kebanyakan bisa membuat para pengusaha meningkatkan nilai jual produknya.

Sejak berdiri setahun lalu, Jakarta Do Art setidaknya telah melibatkan lebih dari 20 seniman. Dari sisi pengusaha, ada sekitar sepuluh UKM yang telah bekerja sama dengan komunitas tersebut. Salah satu yang berhasil membuat produk hasil kolaborasi dengan Jakarta Do Art adalah Binar Lamp and Shade. Perusahaan itu bergerak di bidang produksi lampu hias customized.

Ada beberapa desain lampu Binar yang diangkat dari karya seniman lokal. Di antara sekian lampu di toko online Binar, desain bermotif batik terlihat sangat eye-catching. Desain itu ternyata dibuat seniman dari Sidji Batik, UKM dari Jogjakarta yang memproduksi batik dan telah merambah pasar ekspor. ”Sebagai brand lokal, kami merasa bisa saling bersinergi melalui Jakarta Do Art,” ujar pemilik Binar Lamp Medina Mochdie.

Di luar Binar Lamp, ada produk-produk UKM lain yang telah diajak berkolaborasi dengan Jakarta Do Art. Mulai popok bayi, sepatu tenun, sampai furnitur kuno. Handoko menunjukkan gambar sepatu tenun. Desainnya cukup menarik, sebuah sepatu produk UKM di Jakarta yang dikreasikan dengan karya tenun perajin di Bali. ”Saya yakin spirit kolaborasi bisa menjadi platform bersama untuk memajukan dunia kreatif Indonesia,” tegasnya.

Lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Indonesia itu meyakini, jika gerakan kolaborasi tersebut bisa digalakkan, UKM Indonesia bisa siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. ”Dengan berat hati saya harus bilang,” ujar dia, ”produk lokal kita banyak yang belum siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.” Yakni tidak siap dari sisi organisasi, komunitas, maupun pemerintah. ”Lebih menyedihkan lagi,” lanjut Handoko, ”pemerintah kurang bisa mengeksplorasi cool factor dari produk lokal yang ada.”

Seiring berjalannya waktu, bukan produk barang saja yang diupayakan dikolaborasikan Jakarta Do Art. Handoko dan kawan-kawan kini berupaya mengangkat sejumlah brand film Indonesia. Pria kelahiran Ponorogo, 26 Mei 1963, itu sedang memproduseri film Filosofi Kopi yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Dewi ”Dee” Lestari.

Lewat film itu Handoko ingin Filosofi Kopi menjadi sebuah brand untuk mengangkat perkopian Indonesia. Produk-produk turunan yang berkaitan dengan kopi Indonesia akan dibuat secara kolaborasi dengan sejumlah pihak. ”Melalui brand Filosofi Kopi saya ingin mengenalkan kopi Indonesia ke dunia luar lewat film. Bahkan, ke depan tidak hanya lewat film, tapi juga games, aplikasi mobile, merchandise, hingga kedai kopi,” papar Handoko. Hal itulah yang dilakukan film-film di Hollywood macam Transformers.

Sebelumnya Handoko juga terlibat dalam gerakan Bung Hatta Movement atau Bung Ayo Bung. Gerakan tersebut merupakan kolaborasi sejumlah komunitas dengan tujuan melahirkan produk-produk yang berkaitan dengan semangat berkoperasi yang dicetuskan Bung Hatta. Gerakan itu juga menghasilkan sebuah film berjudul Hatta yang rencananya dirilis Januari 2015.


sumber: http://www.jpnn.com/read/2014/11/12/269289/Handoko-Hendroyono,-Angkat-Brand-Lokal-dengan-Jakarta-Do-Art-#