View Full Version : Iwan Hasan: Pemain Harpgitar Profesional Dunia dari Jakarta


andi.teguh
19th December 2012, 05:32 PM
http://klimg.com/kapanlagi.com/p/iwan-hasan-023.jpg


Anda pernah dengar harpguitar? Mungkin kata itu terdengar asing di telinga anda.

Alat musik harpgitar memang tidak populer dimainkan oleh musisi Indonesia. Namun, alat musik inilah yang membawa nama komposer kawakan Iwan Hasan mencatatkan dirinya di sejarah musik dunia.

Alat musik yang merupakan gabungan dari harpa dan gitar ini membawa pria kelahiran 11 Desember 1967 ini menjadi pemain harpgitar keempat di Amerika.

“Waktu saya selesai kuliah di Wilamet University, Amerika untuk mengambil jurusan musik, tepatnya di tahun 1991 saya selesai kuliah dan belajar harpgitar. Saya belajar langsung dari pelopor harpgitar John Dun.” ujarnya

“Waktu itu masih sedikit yang main harpgitar dan saya menjadi pemain harpgitar keempat di Amerika saat itu,” lanjut Iwan di kediamannya daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, (3/12).

Untuk ukuran Asia, Iwan menjadi salah satu dari tiga pemain harpgitar yang ada. Namanya pun tercatat sebagai salah satu pemain harpgitar dari 50 pemain harpgitar profesional di dunia.

Kakak dari pemain Harpa terkenal Maya Hassan ini pun punya karya musik yang unik. Harpgitar yang ia pakai dikolaborasikan dengan jenis-jenis musik lain, seperti jazz yang jarang dilakukan oleh kebanyakan musisi.

“Musik saya lain daripada yang lain. Saya selalu menggabungkan harpgitar yang saya pakai dengan musik etnik, jazz, dan rock,” jelas Iwan.



sumber (http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/12/10/iwan-hasan-pemain-harpgitar-profesional-dunia-dari-jakarta/)