View Full Version : Tenaga Kerja Ahli Kelapa Sawit Banyak Dibutuhkan


nonasakamoto
6th February 2015, 09:33 AM
Tenaga Kerja Ahli Kelapa Sawit Banyak Dibutuhkan
http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/02/06/tenaga-kerja-ahli-kelapa-sawit-banyak-dibutuhkan
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20110522_Kelapa_Sawit_50_Ribu_Rupiah_Perkilo.jpg
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebutuhan SDM untuk sektor kelapa sawit masih banyak dibutuhkan. Regenerasi tenaga kerja berusia lanjut serta kebutuhan tenaga kerja untuk pengembangan lahan baru, membutuhkan 4.850 hingga 6.420 orang setiap tahunnya.
Ribuan tenaga kerja itu akan mengisi posisi dari general manager, hingga asisten hama dan penyakit. Untuk itu dibutuhkan pendidikan formal yang bisa memenuhi hal tersebut.
“Kebutuhan SDM terkait regenerasi tenaga kerja perkebunan kelapa sawit dan peremajaan atau replanting kebun sawit cukup besar, belum lagi untuk pengembangan lahan baru," ujar Direktur Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi,Stephanus Nugroho, Rabu (4/2/2015).
Nugroho memaparkan bahwa lahirnya Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi untuk memenuhi semua kebutuhan komoditi kelapa sawit.
Saat ini Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) adalah politeknik yang memberikan tenaga kerja ahli untuk diterjunkan langsung ke dunia kerja.
“Kami sudah meluluskan enam angkatan dengan lulusan 368 orang. Semuanya terserap di lapangan kerja,” kata Nugroho.

painahjon
22nd August 2017, 09:57 AM
yap betul karena tenaga ahli tersebut yang tahu betul teknologi yang harus dipakai agar proses produksi kelapa sawit efisien dan efektif, sebagai contoh tidak semua tau kalo ada alat namanya sludge centrifuge (http://www.mesin-pks.com/product/cb-modipalm-sludge-p155078.aspx) yang memiliki fungsi meminimalisir terbuangnya hasil minyak ketika pengolahan.