View Full Version : Keuntungan Merger Bank BUMN Versi Bos BNI


sucyresky
19th February 2015, 08:43 AM
https://img.okezone.com//content/2015/02/18/457/1107688/keuntungan-merger-bank-bumn-versi-bos-bni-cB8UVFoYGG.jpg
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Gatot Suwondo menyatakan isu merger perbankan BUMN memang memiliki beberapa dampak positif. Menurutnya, penyatuan beberapa perbankan tersebut akan meningkatkan pertumbuhan lebih tinggi termasuk dari dalam negeri (unorganic growth).
"Selanjutnya, peroleh skala ekonomi (economic scale), kemudian meningkatkan pangsa pasar, terakhir untuk perluas bisnis secara geografis," ungkap Gatot di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Gatot menjelaskan, merger ini juga berguna untuk meningkatkan nilai pasar saham, memperluas atau memperbaiki produk perbankan, maupun meningkatkan kekuatan serta menjaga kekuatan perusahaan.

"Maksud merger juga membuka pasar baru, memperoleh cost economics atau efisiensi biaya. Umumnya dari redundancy dua atau lebih dari institusi yang dikonsolidasikan," imbuh dia.

Selain itu, Gatot mengatakan merger dapat menghindari suatu bank mengalami kebangkrutan. Karena, merger dapat memberikan penguatan modal serta terciptanya sinergi.

"Kalau untuk menjadi Qualified ASEAN Bank, syaratnya harus dikelola dengan baik, memiliki modal kuat, dapat rekomendasi Otoritas, lulus ketentuan basel, dan merupakan bank yang dinilai penting oleh negara," tandas dia.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/02/18/457/1107688/keuntungan-merger-bank-bumn-versi-bos-bni)