View Full Version : Properti Tua Disulap Jadi Taman Surya Berkekuatan 3 Megawatt


partisusanti
5th April 2015, 05:15 PM
KOMPAS.com - Properti bersejarah di Red Wing, Minnesota, Amerika Serikat, akan berubah menjadi taman panel tenaga surya dengan kekuatan listrik bertenaga 3 megawatt.

Pemerintah Kota Minnesota, Senin (23/3/2015), telah menyetujui pendanaan untuk melakukan analisis keuangaan proposal Minnesota Community Solar. Proposal ini bertujuan untuk memproduksi satu hingga tiga megawatt panel tenaga surya yang terbentang dari US Highway 61 ke Minnesota Highway 19.

Kendati pendanaan telah disetujui dewan, tetapi masih banyak pertanyaan dan kekhawatiran untuk mengubah properti lama Central Research Laboratories (CRL) menjadi situs energi terbarukan.

"Ada sejumlah besar sejarah dan emosi di sekitar tempat ini. Ketika saya mendengar situs ini memenuhi kriteria, saya berpikir itu bagus. Saya menyadari ini masalah yang sulit dan mungkin beberapa orang khawatir," ujar salah seorang anggota dewan Lisa Bayley.

Properti CRL digambarkan sebagai situs terobosan kewirausahaan. Pada 1917, situs ini berfungsi sebagai pusat nasional penelitian tenaga surya dan angin. Tempat ini juga merupakan salah satu yang pertama di Amerika Serikat untuk memproduksi lengan robot.

Sementara itu, Red Wing baru saja mengakuisisi properti yang tidak terpakai untuk menciptakan sebuah distrik pembangunan ekonomi baru.

"Saya rasa ini adalah salah satu upaya penggunaan besar terhadap situs ini," kata anggota dewan Denison.

Denison mencatat, taman surya meningkatkan tenaga listrik dari 14 megawatt menjadi sekitar 600 megawatt sejak DPRD Minnesota menyetujui program komunitas pemerhati tenaga surya pada Mei 2014.

Warga Red Wing bisa mendapatkan keuntungan dari taman ini dengan mendaftarkan diri untuk membeli energi terbarukan dalam upaya mengurangi tagihan listrik. Selain itu, perusahaan energi juga akan mendapat manfaat dari proyek ini, sejak negara mensyaratkan bahwa 10 persen listrik berasal dari komunitas tenaga surya pada 2030.

"Penemuan, kreativitas, keberlanjutan. Ini ada tiga tema utama yang ditanamkan Amerika pada Red Wing sejak 100 tahun terakhir sepanjang perjalanan abad ke-20. Saya akan mendesak dewan kota untuk membawa tema ini dengan mengalokasikan properti CRL menjadi taman surya yang unik dan indah," ujar dewan Hedin.


http://properti.kompas.com/read/2015/03/27/110000521/Properti.Tua.Disulap.Jadi.Taman.Surya.Berkekuatan. 3.Megawatt