PDA

View Full Version : Strategi SEO di 2015


Hendy
31st July 2015, 04:45 AM
Info Blog (http://infoblog971.blogspot.com), berbicara tentang strategi SEO sebuah blog merupakan sebuah hal yang sulit diprediksi karena selalu mengalami perubahan dan berkembang sesuai dengan tuntutan jaman serta perkembangan tehnologi komunikasi yang ada. Salah satu bukti nyatanya adalah penerapan algoritma Google MobileGeddon yang menitik beratkan pemeringkatan sebuah web atau blog pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam perangkat device yang dipergunakan untuk mengaksesnya. Dengan demikian strategi SEO telah mengalami pergeseran untuk lebih fokus kepada pengunjung blog yang berasal dari para pengguna perangkat mobile semacam smartphone dan lain-lain. Pemakaian Responsive Template menjadi sebuah tuntutan utama dan menjadi fokus perhatian.

Setidaknya dalam hal ini penulis telah berhasil memetakan beberapa aktivitas SEO yang cocok untuk diterapkan di tahun 2015 ini, sebagai berikut :

1. Konten Berkualitas

Sampai saat ini konten yang original dan berkualitas masih menjadi raja untuk semua strategi SEO yang ada. Sebab Google sendiri telah mengatakan bahwa konten yang di tulis berdasarkan kaedah SEO dan kaya dengan informasi selalu menjadi prioritas utama bagi mesin pencari, jadi jangan heran bilamana ada konten yang berkualitas bisa langsung melejit ke halaman pertama hasil pencarian dalam tempo yang lebih singkat. Konten yang original dan berkualitas bukan dibangun dengan beberapa kesalahan, dengan memperbanyak keywords, serta konten berkualitas tidak dibangun hanya untuk mesin pencari saja, namun lebih fokus pada informasi untuk pengalaman pengguna (artinya harus lebih fokus untuk kepentingan pengunjung blog). Inilah yang menjadi sebab kenapa konten yang original dan berkualitas akan selalu mampu meraih kedudukan yang tinggi pada hasil pencarian.

Sebagai seorang pemasaran online sudah semestinya kita berpikir bagaimana untuk menghadapi strategi SEO di tahun 2015 ini. Sebab sudah bisa dipastikan bahwa pada tahun 2015 ini akan banyak sekali web dan blog bakal muncul dengan niche yang terbilang sangat banyak. Mulai dari blog pribadi, toko online, dan banyak lagi. Munculnya mereka bukan tidak mempunyai alasan, sebab untuk saat ini dunia internet mempunyai potensi yang sangat subur dan menjanjikan dengan modal yang tidak begitu besar.

Untuk menghadapi kemungkinan pemasaran konten yang bermunculan di tahun ini yang mungkin tidak bisa kita bayangkan sebelumnya, maka sudah semestinya kita memperbarui sikap yaitu fokus pada strategi SEO yang sudah terbukti berdampak baik untuk menghadapi persaingan dan algoritma Google. Strategi SEO yang harus kita terapkan adalah dengan membangun beragam konten yang original dan berkulitas. Ini salah satu cara dan sudah terbukti dari tahun ke tahun selalu mendapat respon positif dari mesin pencari (semacam Google search engine) serta para pengguna.

2. Mengoptimalkan traffic dari perangkat mobile

Sekedar flashback ke tahun 2012, Score.com pernah meramalkan jika organic traffic yang datang dari perangakat mobile seperti smartphone akan seimbang bahkan mampu melebihi pengguna yang datang dari desktop. Dan ternyata ramalan tersebut benar adanya. Terbukti di tahun 2014, hampir semua website bisnis telah membuat tampilan halaman website mereka responsif (liquid) yang artinya akan secara otomatis menyesuaikan dengan besar layar perangkat yang digunakan oleh pengguna. Google pun pernah mengatakan jika tampilan website yang responsif ini memiliki kesan yang lebih "ramah" dan terbukti mampu memberikan pengalaman terbaik bagi visitor. Teori tersebut diambil berdasarkan data dari CTR yang tinggi dan bounche rate (pentalan) yang rendah. Selain user friendly, tampilan web responsif juga terbukti search engine friendly.

Bukti lainnyapun adalah dengan diterapkannya algoritma Google MobileGeddon pada tanggal 21 April 2015 lalu yang menitik beratkan peringkat blog pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran device yang dipergunakan untuk mengakses blog atau web tersebut. Algoritma ini membawa dampak yang tidak kecil, disamping tingkat responsivitas yang memadai, faktor kecepatan loading blog juga menjadi faktor pendukung tersendiri.

3. Bangun Otoritas Domain

Sampai saat ini strategi SEO ini masih mempunyai nilai yang sangat baik, semakin tinggi otoritas domain yang kita bangun maka semakin tinggi pula nilai web dan blog kita. Sebenarnya bisa saya bilang bahwa otoritas domain ini menjadi salah satu ukuran atau barometer web dan blog kita setelah di hapusnya Page rank Google. banyak pengamat SEO mengatakan bahwa ukurun dari popularitas situs, kini bisa dilihat dari otoritas domain mereka setelah Google resmi menghapus Pagerank, yang artinya tidak ada pilihan lain untuk ukuran seberapa baik situs tersebut hanya bisa di lihat dari DA (domain authority) dan PA (page authority).

Untuk membangun otoritas domain tidak lain dengan menerapkan beberapa cara, salah satunya dengan menerapkan link building yang aman serta lebih banyak menarik visitor dari mesin pencari. Dengan penerapan ini tentu anda sudah menerapkan strategi SEO di tahun 2015. Ini tidak akan sulit namun butuh kesabaran untuk bisa menerapkan strategi SEO kali ini.

4. Optimalkan channel sosial media

Media sosial dulunya hanya sebuah platform untuk berbagi konten dan konten yang menarik akan mendapatkan viral dari follower yang turut pula menyebarkannya. Namun saat ini, media sosial telah bergeser menjadi saluran pemasaran yang cerdas dan efektif bahkan banyak perusahaan telah menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan konsumennya. Gunakanlah sosial media seefektif mungkin selain menggunakan channel lain seperti SEO dan SEM (Adword). Menggunakan sosial media juga bisa menjadi salah satu strategi marketing online yang murah namun efektif.

5. Optimalisasi Schema Markup

Setelah Google resmi menghapus author markup dari hasil pencarian. kini strategi SEO melirik pada penerapan schema markup yang di usung oleh schema.org yang menjadi salah satu organisasi rujukan beberapa mesin pencari di internet. Untuk itu bila web atau blog anda yang belum menerapkan schema markup dengan benar untuk strategi SEO 2015 ini, sudah waktunya untuk membenahi semua kesalahan data struktur yang berada di halaman web atau blog anda. Karena mesin pencari atau search engine untuk sekarang ini akan menampilkan website kita di hasil pencarian berdasarkan hasil tangkapan mereka. Semakin baik struktur yang terdapat pada web atau blog anda maka akan semakin baik juga hasil indeks dari mesin pencari. Inilah kenapa schema markup menjadi salah satu strategi SEO di tahun ini.

Selain kita menerapkan beberapa aturan schema markup, tidak kalah pentingnya kita harus menerapkan juga pedoman dari webmaster. Beberapa waktu yang lalu Google menambahkan beberapa tool yang tujuannya adalah untuk mengetahui bahasa situs dan usefulness Mobile. Kedua tool yang di tambahkan oleh Google ini jangan anda anggap remeh, sebab bila anda tidak bisa untuk menerapkan kedua tool ini kemungkinan besar Google akan memberikan pengecualian pada web atau blog anda. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini ?

Terapkan Tag hreflang : ini salah satu aturan webmaster untuk menerapkan lokasi dan bahasa dalam situs kita, untuk caranya bisa lihat di halaman cara menambahkan tag hreflang.

Terapkan Template Responsive : bagi anda yang belum menggunakan template responsive sudah seharusnya anda terapkan untuk strategi SEO di tahun 2015. Sebab sudah kita ketahui dengan adanya tool usefulness Mobile di webmaster membuktikan bahwa Google selalu memperhatikan pengalaman pengguna. Jika web atau blog anda tidak bisa dimuat oleh semua browser mobile kemungkinan web atau blog anda akan mendapatkan pengecualian di hasil pencarian.

6. Content marketing

Mendapatkan backlink secara natural adalah lebih baik daripada membangun backlink. Kelihatannya hampir sama, akan tetapi sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan. Mendapatkan backlink dengan natural adalah ketika visitor menganggap suatu konten yang mereka temukan di sebuah website memiliki nilai informasi yang bermanfaat. Dikemas dengan gaya bahasa semenarik mungkin adalah nilai plusnya yang membuat mereka dengan senang hati dan tanpa ragu menyebarkannya secara viral melalui sosial media kepada follower ataupun rekan-rekannya. Inilah yang disebut dengan content marketing. Keuntungan membangun bisnis di Indonesia adalah karena salah satu perilaku konsumen di Indonesia yang bisa menjadi konsumen sekaligus marketing Anda secara gratis dimana saat konsumen Anda merasa puas, maka mereka pun tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Demikianlah uraian penulis tentang Strategi SEO di 2015, semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :
Strategi SEO di 2015 (http://infoblog667.blogspot.com/2015/06/info-blog-strategi-seo-di-2015.html)

nawikoes
13th September 2015, 03:24 AM
Tambah mantap nih artikelnya ... aku sangat suka mas bro ......... :(y):

Hendy
16th September 2015, 12:57 AM
Terima kasih atas atensinya mas bro .....

Filosofi Blogger Modern (http://www.forumku.com/showthread.php?p=166586#post166586)

krisna94
21st September 2015, 12:59 AM
Nah ini yang ogut cari .... strategi SEO ..., mantap abis ....

Avent12
18th February 2016, 01:07 PM
Strategi yang memang mantap mas bro, trims telah sudi berbagi .........

Bams67
19th February 2016, 04:06 PM
Bagaimana dengan strategi SEO di tahun 2016 ini .... ???