PDA

View Full Version : Merebut tempat pertama di SERP Google


Hendy
31st July 2015, 04:52 AM
Info Blog (http://infoblog971.blogspot.com/). Merebut tempat pertama di SERP Google bukanlah merupakan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan, terutama dengan berlakunya algoritma Hummingbird yang didukung dengan algoritma baru Google MobileGeddon dewasa ini. Banyak faktor yang ikut berperan di dalamnya terutama berkaitan dengan pola-pola SEO modern yang wajib diterapkan dalam rangka optimasi sebuah blog (apalagi blog yang baru dibentuk semacam Info Blog ini).

Tulisan ini sebenarnya merupakan pengalaman pribadi penulis dalam mengelola Info Blog (http://infoblog971.blogspot.com/2015/07/merebut-tempat-pertama-di-serp-google.html) ini, dalam hal mana harus melalui pergerakan yang merangkak dari hari ke hari, bulan ke bulan untuk dapat sampai pada posisinya yang sekarang (halaman pertama hasil pencarian Google search engine, meskipun belum sampai pada posisi pertama). Proses merangkak tersebut sangat terasa melelahkan dan pula menguras pikiran untuk menciptakan strategi-strategi jitu mengalahkan kompetitor-kompetitor yang lainnya (yang nota bene telah lebih dahulu muncul dalam hasil SERP). Tidak mudah memang, semuanya itu membutuhkan kerja keras, disiplin, konsisten dan tidak mudah patah arang.

Hal tersulit yang penulis alami adalah "bagaimana cara mengalahkan blog-blog pesaing" yang jumlahnya ribuan, jutaan, ratusan juta dan bahkan milyaran. Blog-blog pesaing tersebut telah lebih dahulu "terpandang" di mata Google sebagai acuan search engine blogger-blogger dunia yang ada dewasa ini. Ditambah lagi penulis dalam hal ini bukanlah seorang blogger yang terkenal di mata Google, namun lebih bersifat blogger newbie atau blogger pendatang baru. Semua hal tersebut berakumulasi menjadi satu kesatuan dan menciptakan "tingkat kesulitan" tersendiri yang mau tidak mau harus diatasi, dipecahkan dengan suatu solusi yang tepat dan efektif. Dalam artian harus menempuh strategi-strategi yang dapat berhasil guna dan berdaya guna dengan tidak melanggar TOS Google.

Banyak cara telah dibahas oleh beberapa blogger profesional untuk merebut tempat pertama di SERP Google ini, dan dalam hal ini penulis hanya akan menuturkan hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman penulis saja, diantaranya :


1. Mengoptimalkan Template Blog yang dipergunakan.

Optimalisasi Template Blog yang dipergunakan setidaknya mampu mendongkrak eksistensi blog yang bersangkutan. Optimalisasi template blog tersebut tidak dapat dilepaskan dari pemakaian model Responsive Template yang memiliki kecepatan loading di atas rata-rata blog-blog pesaing, sehingga dengan demikian diharapkan akan mampu meraup jumlah kunjungan yang lumayan besar, karena hal ini didasarkan kepada pemikiran sederhana, semakin cepat akses sebuah blog, maka akan semakin suka para pengunjung untuk mengaksesnya. Logika lainnya adalah, dengan mempergunakan model Responsive Template, kita kan mendapatkan deversifikasi kunjungan dari pengunjung-pengunjung yang mempergunakan perangkat-perangkat mobile semacam iPad dan Smartphone.

Dengan mengoptimalkan template blog yang kita pergunakan, maka secar otomatis proses-proses SEO OnPage telah kita jalankan sebagaimana mestinya, dan tinggal mengandalkan pola-pola SEO OffPage (yang akan dibahas belakangan).


2. Membuat Konten-konten yang Original dan Berkualitas.

Esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada konten-konten blog yang biasanya berupa sebuah artikel blog yang menginformasikan tentang banyak hal dan belum terlalu diketahui oleh sekalian pengunjung blog. Pembuatan konten-konten yang original dan berkualitas inilah pada dasarnya yang merupakan proses SEO Modern di tengah berlakunya algoritma-algoritma Google yang semakin pandai dan peka terhadap berbagai macam pelanggaran yang sering dilakukan oleh para blogger.

Ciri-ciri konten berkualitas itu sendiri pada dasarnya adalah merupakan sebuah konten yang original (bukan hasil copy-paste), membahas suatu hal atau topik bahasan secara mendalam dan menyeluruh yang mampu membedakannya dengan artikel-artikel sejenis lainnya yang telah lebih dahulu ada di internet. Selanjutnya konten yang berkualitas tersebut pada dasarnya tidak mudah out-of-date alias tidak mudah ketinggalan jaman, serta tidak bersifat berita bombastis yang sementara sifatnya.


3. Promosi Blog dan artikel.

Tahapan berikutnya yang penulis lakukan adalah promosi blog (homepage) dan artikel blog (konten-konten unggulan yang ada). Proses promosi ini pun penulis lakukan secara wajar dan tidak terlalu menggebu-gebu, dan penulis lakukan dengan cara submit url ke berbagai search engine termasuk Google Webmaster untuk proses crawling.

Tahapan promosi selanjutnya adalah dengan mempergunakan berbagai macam situs media sosial semacam Google Plus, Facebook dan Twitter, namun dalam hal ini penulis lebih konsentrasi untuk submit artikel ke produk-produk Google Plus, semacam komunitas-komunitas Google Plus yang ada.

Langkah berikutnya, masih dalam tahapan promosi blog dan artikel, penulis dalam hal ini aktif di berbagai forum yang ada semacam forumku.com, republika.co.id dan berbagai forum lainnya. Hal ini semata-mata penulis lakukan untuk sharing artikel blog sekaligus mendapatkan backlink dari berbagai forum tersebut.

Dengan tiga langkah tersebut di atas, saat ini Info Blog (http://infoblog971.blogspot.com/) telah berhasil masuk pada halaman pertama daftar pencarian Google search engine. Bagaimana dengan anda .... ???

Sumber tulisan :
Merebut tempat pertama di SERP Google (http://infoblog971.blogspot.com/2015/07/merebut-tempat-pertama-di-serp-google.html)

nawikoes
13th September 2015, 03:20 AM
Nah itu dia mas bro ..., sekarang aku mencoba aktif di forumku.com ini, semoga berhasil mengembangkan blog aku .....:(handshake):

krisna94
21st September 2015, 12:48 AM
Wah ini yang paling aku suka posisi pertama di SERP Google :(emo):

Greg01
22nd September 2015, 03:09 AM
Langsung aku praktekkan mas bro ..., semoga bisa berada di urutan pertama ....

Avent12
18th February 2016, 12:54 PM
Terus terang, aku jadi pengin punya blog yang menempati ranking pertama pada hasil pencarian search engine ............

Bams67
20th February 2016, 04:24 AM
Hal inilah yang masih terus dan terus aku upayakan ......