View Full Version : Freeport Sudah Dapat Restu Gobel untuk Lanjutkan Ekspor


sucyresky
31st July 2015, 07:13 AM
https://img.okezone.com//content/2015/07/30/19/1188143/freeport-sudah-dapat-restu-gobel-untuk-lanjutkan-ekspor-hVLXvhrxLj.jpg
JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam waktu dekat akan dapat melakukan ekspor konsentrat. Perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat (AS) tersebut sudah mendapat Surat Persetujuan Ekspor (SPE) yang telah ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
"Freeport, sudah saya tanda tangani (SPE)," kata Rachmat di kantornya, Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Rachmat menambahkan, baru ditandatangani SPE dikarenakan masih menyamakan persepsi mengenai satuan jumlah ekspor konsentrat oleh Freeport Indonesia. "Kemarin masih ada sedikit disamakan antara Bea Cukai dan Kementerian ESDM tentang ketentuan satuannya. Tapi kemarin sudah ditandatangani " ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah memperpanjang rekomendasi izin ekspor konsentrat untuk Freeport selama periode enam bulan ke depan. Presiden Direktur PTFI Maroef Sjamsoeddin mengatakan sudah menyampaikan rekomendasi ekspor kepada Kemendag.

Namun, kementerian yang dipimpin Menteri Perdagangan Rachmat Gobel tersebut belum mengeluarkan surat persetujuan ekspor (SPE) untuk Freeport melakukan ekspor konsentrat. Freeport sudah menyetorkan USD115 juta kepada pemerintah sebagai komitmen pembangunan smelter dan masih kurang USD20 juta.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/07/30/19/1188143/freeport-sudah-dapat-restu-gobel-untuk-lanjutkan-ekspor)