PDA

View Full Version : Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu ...


Hendy
8th August 2015, 11:46 AM
Blog Info (http://infoblog971.blogspot.com), Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu untuk mengoptimasi (sharing artikel/konten) sebuah blog yang baru dibuat atau dibentuk, adalah judul artikel ini yang sebenarnya. Petunjuk ini tentu saja berdasarkan pengalaman penulis saat mengelola sebuah blog baru beberapa waktu yang lalu.

Facebook Fanspage ini sedianya penulis gunakan untuk promosi sekaligus berbagi artikel-artikel atau konten blog yang baru ditulis, serta penulis lakukan untuk menarik pengunjung blog dalam jumlah yang banyak. Namun fakta yang terjadi justru sebaliknya, pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) blog penulis jadi tenggelam (kalah posisi) dengan Facebook Fanspage. Artinya, blog penulis berada pada posisi di bawah Facebook Fanspage tersebut. Perhatikan hasil tersebut seperti gambar di bawah ini.

http://1.bp.blogspot.com/-GfTu0kj_Oik/VcVIcJkpfLI/AAAAAAAAB5k/ueBNsLcb2MM/s1600/SERP-Blog-Info.jpg

Dari gambar tersebut di atas menunjukkan bahwa blog penulis yang asli berada di urutan ke empat, sedangkan Facebook Fanspagenya berada di urutan pertama dan kedua. Artinya blog penulis yang asli kalah posisi dengan Facebook Fanspage. Kenapa bisa demikian jadinya ? Bukankah seharusnya Facebook Fanspage bertindak sebagai pendukung blog asli .... ??

Satu kesalahan fatal yang dibuat adalah : Baik blog yang asli maupun Facebook Fanspagenya memiliki nama yang sama, yaitu Blog Info 12. Tentu saja hal ini membuat blog aslinya kalah dalam jumlah traffic (pengunjung) bila dibandingkan dengan Facebook sebagai sebuah media social. Satu pelajaran yang amat berharga untuk memenangkan persaingan merebut posisi pada SERP Google (khususnya). Banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke sebuah situs atau blog ternyata juga merupakan salah satu faktor yang menentukan posisi pada hasil SERP (search engine result page).

Dari fakta tersebut di atas, akhirnya muncul sebuah pertanyaan : "Bagaimana cara mengatasinya ?".

Untuk itu, baiklah kita simak uraian di bawah ini :

1. Jangan menggunakan judul atau nama yang sama.
Gunakanlah judul atau nama yang berbeda antara Blog yang akan dioptimasikan (milik kita) dengan judul atau nama Facebook Fanspage sebagai sarana optimasi blog atau tempat kita sharing artikel. Logika berpikirnya adalah terletak pada jumlah kunjungan, hal mana secara jelas Blog (milik kita) sudah barang tertu kalah kuantitas kunjungan bila dibandingkan dengan Facebook sebagai sebuah media social.


2. Hentikan sharing artikel untuk sementara waktu.
Langkah berikutnya yang dapat kita lakukan adalah menghentikan sharing artikel ke Facebook Fanspage untuk sementara waktu, dan kita maksimalkan fasilitas Google Plus berikut berbagai fasilitas Google Plus Communities untuk sharing artikel sekaligus promosi blog. Lakukan hal ini hingga Blog (milik kita) telah berada pada urutan di atas Facebook Fanspage.


3. Aktiflah di berbagai Forum.
Untuk mendukung posisi Blog (milik kita) maka sudah seharusnya kita aktif dalam berbagai Forum media social yang ada dengan membuat backlink-backlink khusus yang mengarah ke halaman homepage maupun langsung menuju halaman artikel blog yang sangat ingin kita optimasikan. Backlink-backlink tersebut dapat kita lakukan dengan membuat thread-thread yang berkualitas, serta berbagai macam signature yang langsung mengarah ke homepage blog.


4. Jangan gunakan Facebook Fanspage.
Untuk blog-blog yang baru dibuat atau dibentuk hendaknya tidak terlalu memaksakan diri sharing artikel ke Facebook Fanspage sebagai sarana untuk merebut pengunjung blog (traffic blog), lebih baik anda gunakan fasilitas Google Plus berikut dengan berbagai fasilitas Google Plus Communities dan berusaha aktif di berbagai Forum social yang ada.


5. Gunakan Facebook Fanspage setelah blog benar-benar kuat.
Menggunakan Facebook Fanspage (dalam upaya memperbanyak jumlah pengunjung blog) dapat kita lakukan setelah Blog (milik kita) telah benar-benar kuat dalam artian telah memiliki "pengunjung organik" dalam jumlah yang banyak dan telah stabil.


6. Perbanyak upaya blogwalking.
Untuk memperkuat posisi Blog (milik kita), ada baiknya kita melakukan upaya-upaya blogwalking secara lebih intens dengan meninggalkan komentar-komentar yang berkualitas ke berbagai blog-blog yang berthema sama.


7. Kumpulkan backlink yang berkualitas.
Backlink yang berkualitas dalam banyak hal masih sangat dibutuhkan dalam rangka memperkuat posisi SERP sebuah situs atau blog. Oleh karenanya, untuk memperkuat posisi Blog (milik kita), cari dan kumpulkan backlink yang berkualitas ini secara natural dan alami, jangan pernah mempergunakan cara-cara black-hat SEO.


8. Perbanyak konten-konten yang berkualitas.
Untuk memenangkan posisi pada SERP, sebaiknya kita perbanyak artikel-artikel blog yang original dan berkualitas dalam Blog (milik kita). Hindari pekerjaan-pekerjaan copy-paste artikel milik blog tetangga.


Demikianlah uraian penulis, bilamana ada teman-teman yang ingin urun rembug, silahkan menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.


Sumber tulisan :
Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu (http://infoblog971.blogspot.com/2015/08/jangan-gunakan-facebook-fanspage-dulu.html)

krisna94
21st September 2015, 01:00 AM
Wah untuk blog-blog baru mesti hati-hati rupanya nih ......

Greg01
22nd September 2015, 03:08 AM
Mungkin untuk blog yang baru dibentuk memang cukup berdampak buruk, namun untuk yang sudah mapan ... it's okay ....

nawikoes
18th February 2016, 01:22 PM
Informasi yang amat bermanfaat mas bro ..., membuat kita lebih berhati-hati ....

Wah untuk blog-blog baru mesti hati-hati rupanya nih ......

Kayaknya seperti itu mas bro ... salam

Bams67
20th February 2016, 04:22 AM
Sebuah informasi yang bermanfaat, makanya sampai sekarang aku belum memanfaatkan Facebook Fanspage tersebut ..............