View Full Version : Studi pada Hewan, Probiotik Membantu Fungsi Organ Hati


Vipray
30th August 2012, 07:53 AM
SELAMAT DATANG

http://www.kalbe.co.id/files/news/icon/lactobacillus-casei-shirota.jpg
Manfaat suplemen probiotik tidak henti-hentinya untuk terus digali dan digali, dari yang pada awalnya digunakan dalam membantu kesehatan saluran cerna, kini eksplorasi manfaatnya telah merambah pada kasus alergi, penurun kolesterol hingga pengontrol berat badan.

Dari hasil penelitian terbaru kembali terungkap bahwa probiotik membantu berbagai fungsi organ termasuk hati. Pernyataan ini dikeluarkan oleh Sandrine Claus dari Imperial College of London yang mempublikasikan hasil penelitiannya dalam Jurnal American Society for Microbiology. Secara umum mekanisme tersebut terjadi karena mikroflora di dalam usus meningkatkan laju kapasitas metabolisme dari inangnya dalam mengolah zat nutrisi dan obat serta memodulasi kerja berbagai organ melalui jalur yang beragam.

Dari penelitian ini, Claus memaparkan tikus yang bebas kuman untuk tidur pada tempat yang sebelumnya digunakan oleh tikus lain yang tubuhnya terkontaminasi dengan mikroflora/bakteri baik. Kemudian, tikus-tikus ini dievaluasi selama 20 hari seiring mikroflora tersebut berkolonisasi dengan bakteri usus untuk kemudian dievaluasi perubahan metabolisme yang terjadi.

Pada lima hari pertama setelah paparan dari mikroflora, tikus-tikus mengalami peningkatan berat badan sebesar 4 %. Kolonisasi dari bakteri baik ini juga memicu beberapa proses di hati yang melibatkan konversi dari glukosa menjadi glikogen dan lemak untuk digunakan sebagai simpanan energi jangka pendek dan panjang. Kolonisasi ini juga juga secara kuat menstimulasi ekspresi dan aktivitas dari enzim esensial yang bernama sitokrom P450 3A11 yang berperan penting pada jalur detoksifikasi obat.

Temuan ini merupakan data eviden in vivo pertama yang menunjukkan hubungan antara keberadaan bakteri baik dengan metabolisme lemak serta menjadi pandangan baru terkait peran probiotik dalam mekanisme sistemik fisiologis tubuh.

Jadi, Konsumsi prebiotik yang bisa kita dapatkan dari yoghurt bisa membantu kinerja hati kita.. :)

Sumber : Click (http://www.kalbe.co.id)

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI THREAD SAYA
SEMOGA BISA BERGUNA UNTUK SAHABAT

jendralpanu
19th October 2012, 10:25 PM
Nice Share bos tengkyu

griyasoloweb
18th March 2016, 09:07 PM
suplemen probiotik mantap....