View Full Version : Pelindo III Kembangkan Kawasan Boom Marina Untuk Dermaga


partisusanti
14th September 2015, 07:15 PM
TEMPO.CO, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mulai mengembangkan kawasan Boom Marina Banyuwangi terpadu yang merupakan dermaga dengan segala fasilitas pendukung untuk "yacht" (kapal layar ringan).

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin ( 14 September 2015) mengatakan, pengembangan kawasan terintegrasi tersebut diawali dengan peluncuran sebagai pertanda awal dari Pembangunan Boom Marina di Banyuwangi.

Peluncuran tersebut dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, perwakilan Kementrian Pariwisata, serta sejumlah pelaku bisnis pelayaran domestik dan internasional di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.

Djarwo mengatakan pengembangan marina di Pantai Boom Banyuwangi tersebut akan terintegrasi dengan Pelabuhan Benoa di Bali dan Labuhan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Seperti janji saya kepada Bapak Bupati Banyuwangi, kami sampaikan bahwa kegiatan peluncuran sebagai pertanda awal dari Pembangunan Boom Marina di Banyuwangi," katanya. Ke depannya, lanjut dia, bahkan akan dihubungkan ke lokasi lain yang potensial, seperti Karimunjawa, Lombok, dan Tenau Kupang.

"Pengembangan infrastruktur wisata bahari yang terintegrasi akan mengoptimalkan potensi rute pelayaran di Indonesia. Tidak hanya keuntungan bagi pengelola namun juga memantik pengembangan kawasan dan kreativitas warga, sehingga memiliki economic value untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Apalagi, Djarwo menambahkan Pemkab Banyuwangi sedang gencar mempromosikan banyak destinasi wisata menarik seperti "blue fire" di Kawah Ijen, "kite surfing" di Pulau Tabuhan, menantangnya ombak Pantai Plengkung, kearifan budaya Osing, indahnya alam Alas Purwo, dan aneka destinasi lainnya.

Kawasan Boom Marina Banyuwangi akan dibangun di area seluas 44,2 hektar, dengan konsep berbasis kearifan lokal dan ramah lingkungan. Kompleks marina modern yang dibangun akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti zona marina, zona residensial, dan zona rekreasi.

"Boom Marina Banyuwangi diharapkan menjadi bagian dari jaringan marina dunia sekaligus untuk mempromosikan wisata bahari Indonesia di dunia internasional," ujarnya.

Setelah pada tahun 2015 ini, kata Djarwo Pelindo III menyelenggarakan ajang "Fremantle to Indonesia Yacht Race dan Rally yang berlayar dari Australia dan berakhir atau "finish" di Pelabuhan Benoa Bali.

"Boom Marina Banyuwangi direncanakan dapat beroperasi para pertengahan tahun 2017 dan menjadi tuan rumah bagi ajang yang sama serta berbagai agenda marina internasional lainnya," katanya.











http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/09/14/090700486/pelindo-iii-kembangkan-kawasan-boom-marina-untuk-dermaga