PDA

View Full Version : Jembatan Dibongkar, Semarang-Salatiga Macet


partisusanti
17th September 2015, 04:52 PM
Metrotvnews.com, Semarang: Jembatan yang menghubungkan jalan raya Salatiga-Semarang, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan berkaitan dengan perbaikan jembatan di ruas Kecamatan Tuntang.

Petugas lapangan mengatakan jembatan perlu perbaikan, khususnya pada bagian karet bantalan (elastomer bearing pad) jembatan. Dikatakan, usia bantalan jembatan sudah berkisar 20 tahun.

"Perlu diganti yang baru, sebab berbahaya jika tidak segera diganti. Bisa jadi sangat lentur saat dilintasi, juga berakibat jembatan bergeser," ungkap Iwan Sutriano, selaku pengawas lapangan perbaikan Jembatan Tuntang, saat ditemui Metrotvnews.com, Kamis (17/9/2015).

Diperkirakan, proses pengerjaan perbaikan jembatan memakan waktu kurang-lebih tiga bulan. Sebab, untuk mengganti karet bantalan, harus membongkar seluruh landasan jembatan.

Akibat perbaikan jembatan sepanjang sekitar 100 meter itu, arus lalu lintas dari arah Salatiga-Semarang harus dialihkan. Kendaraan yang akan menuju Semarang dialihkan ke lajur sebelahnya, menjadi dua jalur. Pengalihan arus ini membuat antrean panjang mengular di jalur perbukitan tersebut.













http://jateng.metrotvnews.com/read/2015/09/17/432026/jembatan-dibongkar-semarang-salatiga-macet

lanojon
20th November 2017, 01:47 PM
kalo komponen jembatan sendiri ada batasan usia kerjanya tidak?misal seperti Elastomeric Bearing Pad (http://www.rubbermanufacturer.co.id/product/bearing-pad-p433672.aspx) itu mampu bekerja dalam jangka waktu berapa tahun dan harus dilakukan maintenance atau diganti?

sakkabumi
15th January 2018, 08:51 AM
komponen seperti Elastomeric Bearing Pad (http://www.rubbermanufacturer.co.id/product/bearing-pad-p433672.aspx) yang sangat signifikan sekali fungsinya pada sebuah jembatan memang harus selalu dipantau