PDA

View Full Version : Peringkat Alexa, jaminan Kualitas Blog ?


Hendy
2nd October 2015, 03:27 AM
Peringkat Alexa Rank (http://infoblog971.blogspot.com/2015/05/peringkat-alexarank-jaminan-kualitas.html) sebuah blog atau website seringkali dikait-kaitkan dengan tingginya popularitas sebuah blog atau website, banyak yang beranggapan bahwa hal itu benar. Tetapi yang namanya "popularitas" tersebut apakah sudah pasti "berkualitas" ? Pertanyaan semacam ini yang selalu menghantui pikiran saya saat membangun sebuah blog baru. Pendapat saya (pribadi) adalah Alexarank hanya untuk mengukur kuantitas kunjungan atau visitor saja (jumlah kunjungan, page view, sitelinking ..dan lain-lain), akan tetapi (bagi saya pribadi) adalah merupakan suatu hal yang percuma saja kalau yang datang berkunjung hanya sekedipan mata, semisal blogwalking, berkunjung sini gan, ..mampir sob...nice inpoh mastah "...dan sebagainya, terus mereka pindah ke blog lain dan "gutbay" menunggu kunjungan balik, sedangkan isi postingan blog yang lainnya mungkin juga nggak dilirik apalagi dibaca.

http://4.bp.blogspot.com/-pretd1OtRuU/VZNZeTIelRI/AAAAAAAABeA/5UdewWi6gUc/s1600/Alexa.jpg

"Peringkat Alexa Rank dihitung sesuai dengan jumlah visitor web Anda yang menginstall Alexa Toolbar"

Maksudnya, angka Alexarank itu diambil dari "sampling" orang-orang yang menginstall Alexa Toolbar pada web-browsernya dan kemudian mereka datang mengunjungi situs atau blog anda.

Maksudnya gimana ?

Contoh saya adalah dosen dengan 1000 mahasiswa, saya bisa saja hari ini bikin website,dalam 2 atau 3 bulan alexa rank saya sudah 300 atau 400 di indonesia dalam kondisi TANPA KONTEN. Caranya gimana ?


saya paksa mahasiswa saya jadikan website saya sebagai defaut homepage pada saat buka browser

saya paksa mahasiswa saya install alexa toolbar di browser dengan mendownload di http://www.alexa.com/toolbar


2 point di atas sempat beredar pengumumannya di seantero kantor Trans Group pada saat mereka baru saja melakukan akuisisi terhadap situs detik.com, semua karyawan wajib melakukan 2 point tersebut di atas. Perhatikan di http://www.alexa.com/toolbar ada kalimat : Alexa could not exist without the participation of the Alexa Toolbar community.

Dari contoh tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya peringkat Alexarank ini selalu sangat mungkin untuk direkayasa oleh berbagai pihak yang memang memiliki fasilitas atau sarana dan prasarana untuk itu, semacam website sebuah perusahaan besar yang mempekerjakan banyak karyawan di dalamnya. Tentu website perusahaan ini akan dengan mudah memperoleh peringkat Alexarank yang bagus dengan memanipulasi ke dua cara tersebut di atas yang melibatkan keseluruhan jumlah karyawannya (yang bisa jadi dalam kondisi terpaksa atau tertekan).

Selain mempergunakan kedua cara di atas, peringkat Alexarank ini dapat direkayasa dengan mudah dan dalam waktu yang singkat yaitu dengan menginstall software Alexa Booster pada komputer kita. Dengan mempergunakan software ini peringkat Alexarank dapat dengan mudah diturunkan secara drastis dalam waktu yang relatif singkat tanpa kita harus bersusah payah, dan tinggal bersantai sambil menunggu hasilnya.

Rampingnya peringkat Alexarank ini memang menjadi dambaan semua blogger, terutama mereka-mereka yang mengais rejeki dari hasil kepemilikan sebuah blog. Namun proses perampingan tersebut akan bertahan untuk waktu yang lama bilamana dilakukan dengan cara-cara natural.

Dari serangkaian uraian di atas, maka sampailah kita pada sebuah kesimpulan bahwa rampingnya peringkat Alexarank ini sama sekali tidak menjamin tingginya kualitas sebuah situs atau blog, karena kualitas sebuah situs atau blog tentu saja berkaitan dengan isi atau konten-konten yang ditawarkan oleh situs atau blog tersebut. Jadi dalam hal ini kita tidak perlu berkecil hati bilamana peringkat Alexarank situs atau blog yang kita miliki masih sangat-sangat bengkak, sepanjang kita tidak mengais rejeki dari kegiatan blogging ini, peringkat Alexarank ini tidak terlalu penting bagi kita.


Bagaimana dengan pendapat anda ?


Tulisan asli :
http://infoblog971.blogspot.com/2015/05/peringkat-alexarank-jaminan-kualitas.html

admin
8th October 2015, 03:34 PM
^^ alexa gampang di-boosting oom, bisa diakal-akalin .. :)

ferryrinaldi
2nd December 2015, 05:41 AM
oh begitu yah... thank ya atas pencerahannya gan....

krisna94
18th February 2016, 05:15 PM
^^ alexa gampang di-boosting oom, bisa diakal-akalin .. :)

Betul mas bro ..., aku setuju buanget ..........