View Full Version : Maraknya KPR Syariah, Alternatif Investasi Properti Yang Menarik


sucyresky
2nd October 2015, 08:59 AM
https://img.okezone.com//content/2015/10/01/470/1224308/maraknya-kpr-syariah-alternatif-investasi-properti-yang-menarik-2P6Syl35Sq.jpg
KREDIT Pemilikan Rumah Metode Syariah (KPR Syariah) akhir-akhir ini makin marak. Terlebih lagi diusung dan diwacanakan menjadi metode alternatif pembelian properti. KPR Bank yang mengenakan bunga, dianggap praktek ribawi dan mencekik oleh pengusung metode KPR syariah.

Yang dimaksudkan KPR Syariah adalah pembelian rumah dengan cara mengangsur dalam jangka waktu tertentu tanpa dikenai biaya, bunga dan denda atas keterlambatan pembayaran. Bila di KPR Bank, pemberi pinjaman adalah bank, sedangkan KPR Syariah, pemberi “pinjaman” adalah penjual itu sendiri. Hal ini dikarenakan belum ada lembaga keuangan yang mau membiayai pembelian rumah tanpa biaya, bunga dan denda.

Sebelumnya ada pola pembayaran pembelian rumah yang juga langsung dengan penjual atau developer. Dulu sering disebut “cicilan tanpa bunga”, “cash bertahap 24 kali”, dan lain sebagainya. Hanya saja jangka waktunya relatif pendek dan masih dikenai denda bila terlambat membayar, bahkan pembatalan sepihak bila mengalami keterlambatan dalam jangka waktu tertentu. Praktik ini masih mengandung unsur ribawi meskipun tidak dilakukan oleh perbankan.

Yang menjadi ciri KPR Syariah adalah perbedaan harga jual untuk jangka waktu pembeli yang berbeda. Misalkan harga cash Rp100 juta. Harga lima tahun Rp150 juta. Harga 10 tahun Rp200 juta. Hal ini dianggap boleh karena mata uang rupiah mengalami penurunan nilai dan dengan memastikan harga di awal maka kepastian angsuran menjadi lebih jelas.

Keunggulan metode KPR Syariah antara lain:

- Tidak ada biaya administrasi KPR yang kurang lebih bila di perbankan mencapai 7% dari nilai KPR. Sehingga KPR Syariah menjadi lebih murah.

- Tidak dikenai bunga atas “pinjaman” sehingga ada kepastian angsuran setiap bulannya

- Tidak dikenai denda bila terlambat melakukan pembayaran angsuran rumah.

- Proses persetujuan lebih mudah atau tidak seketat bila dibandingkan dengan proses perbankan

- Penyedia layangan KPR Syariah memang masih belum semarak penyedia layanan KPR Bank, namun metode ini jelas memberikan alternatif bagi calon investor properti.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/10/01/470/1224308/maraknya-kpr-syariah-alternatif-investasi-properti-yang-menarik)