PDA

View Full Version : Cara dan Tips Mengatasi Kelemahan di Email


agusputra
25th October 2015, 05:38 PM
http://collegewebeditor.com/blog/wp-content/uploads/2010/11/email.jpg

Email adalah kata singkat dari electronic mail (surat elektronik). Kita membuat teks dan mengirim email melalui jaringan komputer. Email pertama pada tahun 1960-an. Penemuan ini telah mempengaruhi kehidupan kita dan email telah menjadi sarana komunikasi yang populer.

Dibalik keuntungan yang kita dapat selama ini, ternyata kita tetap harus hati-hati dengan kerugian yang disebabkan oleh penggunaan email, sebelum kita membahas apa saja keuntungan yang didapat, mari kita bahas apa saja kerugian yang ditimbulkan dalam pemakaian email. Dengan mengetahui sisi merugikan maka diharapkan kita untuk lebih berhati-hati.

Kelemahan Email

Email dapat membawa virus. Virus adalah program kecil yang membahayakan sistem komputer kita. Virus dapat membaca daftar alamat pada email anda dan mengirim sendiri ke sejumlah orang di seluruh dunia.

Tips: Sekarang ini banyak anti virus yang menawarkan scan email juga, jadi kita bisa memanfaatkan ini.

Banyak orang mengirim email yang tidak diinginkan kepada orang lain. Ini disebut spam mail. Dibutuhkan banyak waktu untuk menyaring email yang tidak diinginkan dari orang-orang yang benar-benar penting.

Tips: Kita bisa menyaring email dengan menandai spam, dan berhati-hatilah dalam urusan daftar-mendaftar pada web tertentu, karena email yang kita berikan bisa disalahgunakan oleh mereka.

Email tidak dapat benar-benar digunakan untuk dokumen bisnis resmi. Email mungkin bisa hilang dan kita tidak dapat login untuk akses email.

Tips: Jangan gunakan email gratisan untuk sesuatu yang penting dan bersifat bisnis. Biasanya beberapa perusahaan akan memiliki server sendiri untuk mengelola email.

Kotak surat kita (inbox) mungkin akan dibanjiri email setelah waktu tertentu sehingga kita harus mengosongkannya dari waktu ke waktu.

Tips: Kebanyakan email yang masuk adalah email spam, jadi berhati-hatilah dalam membagikan email kita.

Cara Membuat Email

Meskipun memiliki beberapa kerugian, keuntungan yang didapat sangat banyak, untuk membuat email kunjungi tutorial cara membuat emai (http://www.nyekrip.com/cara-membuat-email-baru-lengkap-gambar/)l baru di website nyekrip (http://www.nyekrip.com/). Berikut adalah keuntungan membuat email.

Keuntungan Memakai Email

Email mudah digunakan. Kita dapat mengirim dan menerima pesan elektronik dan menyimpannya di komputer.

Email cepat. Disampaikan dengan cepat ke seluruh dunia. Tidak ada bentuk lain dari komunikasi tertulis secepat email.

Bahasa yang digunakan dalam email bisa bahasa yang sederhana dan informal.

Email tidak menggunakan kertas. Sehingga ramah lingkungan dan menghemat banyak pohon.

Email juga dapat memiliki gambar di dalamnya. Kita dapat mengirim kartu ulang tahun atau newsletter sebagai email.

Produk dapat diiklankan melalui email. Perusahaan dapat mencapai banyak orang dan memberitahu mereka dalam waktu singkat.

Begitulah kekurangan dan kelebihan dalam memakai email, dengan adanya tips yang dijelaskan diatas, diharapkan kita terhindar dari kerugian tersebut. Semoga bermanfaat bagi member forumku disini.