View Full Version : Cara Menaikkan Berat Badan Lengkap


sapiontel
18th May 2013, 03:04 PM
Banyak sekali orang yang mengalami kendala kesulitan dalam menaikkan berat badan. Padahal berbagai cara sudah mereka coba, mulai dari makan banyak, minum susu, minum obat penambah berat badan, namun hasilnya tetap nihil. Mengapa bisa demikian? Bagaimana cara menaikkan berat badan yang benar?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita membahas tentang problem yang berkaitan dengannya. Badan yang kurus artinya berat badan anda di bawah normal (underweight). Berat badan yang tak normal, baik terlalu gemuk atau kurus, tentunya akan memberikan masalah kesehatan. Jadi, resiko ini tidak hanya pada orang yang gemuk saja.

Untuk menentukan berat badan anda dalam rentang yang baik atau tidak, kita bisa menilai dari penghitungan indeks massa tubuh (BMI). Cara menghitungnya adalah:

http://artikel-kesehatan.com/wp-content/uploads/2013/05/menaikkan-berat-badan.jpg

Anda juga bisa menggunakan rumus berat badan ideal secara kasar sebagai panduan sebelum menaikkan berat badan melalui tinggi badan, yaitu:

(Tinggi badan (TB) cm – 100) – 10% = Berat badan ideal

Bagaimana jika hasil penghitungan menunjukkan bahwa kita kurus? Berat badan di bawah rentang normal dapat memberikan gangguan kesehatan. Memang, sebagian orang mungkin akan merasa sehat walafiat dan bugar. Namun, beberapa orang dapat mengalami gangguan kekuatan tulang dan memengaruhi kesuburan, terutama pada wanita. Selain itu dapat terjadi juga rasa lelah.

Orang yang berat badannya rendah terkadang ada yang mengeluh menderita karena harus membatasi makanan secara ketat atau merasa diteror dengan kenaikan berat badan. Jika ada keluhan tersebut, maka bisa saja adanya gangguan pola makan, seperti anoreksia.

Menaikkan Berat Badan & Hal-Hal Yang Mempengaruhi

Tentu, yang pertama adalah makanan. Jika Anda makan kurang dari kebutuhan kalori, maka tubuh akan menggunakan simpanan lemak untuk membentuk energi. Selain itu, masing – masing individu juga memiliki laju metabolisme yang berbeda, bentuk tubuh yang diwariskan, gaya dan pola nafsu makan, suasana perasaan, dan lain-lain.

Beberapa penyakit juga dapat mempengaruhi metabolisme makanan dalam tubuh dan dapat mengubah timbangan kita, misalnya gangguan hipertiroidisme ( peningkatan fungsi hormon tiroid), diabetes, gangguan pencernaan dalam tubuh (misalnya pada coeliac disease atau suatu penyakit autoimun pada usus halus yang menyebabkan diare dan gagal tumbuh), dan infeksi seperti pada tuberkolosis.

Aktivitas yang anda lakukan juga perlu diperhatikan. Beberapa aktivitas fisik yang banyak menggunakan tenaga tentu akan membuat tubuh kita bekerja lebih keras dalam membentuk energi. Hal ini akan membuat tubuh membakar lemak tubuh untuk membentuk energi.

Jika anak – anak mengalami berat badan kurang, perlu diperhatikan proses tumbuh kembangnya. Ada suatu keadaan yang disebut gagal tumbuh yang membuat pertumbuhannya tidak sesuai dengan usiannya.

Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Aman

Anda perlu mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan yang dibakar menjadi energi agar kelebihan kalori dapat disimpan menjadi lemak tubuh. Namun tentunya, menaikkan berat badan tidak boleh sembarangan. Kita perlu memberi target ketika ingin menaikkan berat badan. Kenaikan berat badan yang baik adalah sekitar 1 kg/bulan. Untuk mencapai target ini, anda memerlukan tambahan sekitar 300 kalori / hari dari biasannya. Anda bisa melihat informasi kalori makanan dan nilai gizi pada kemasan makanan. Namun, bila anda kesulitan, sebaiknya konsultasikan juga ke dokter dan ahli gizi anda.
Menaikkan Berat Badan Dengan Berolahraga

Apakah olahraga itu perlu? Tentu saja anda perlu berolahraga, sekitar 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu. Anda cukup berolahraga yang memadai untuk mempertahankan kekuatan otot dan tulang. Anda harus memperhitungkan kalori yang keluar saat berolahraga. Ingat, untuk menaikkan berat badan, konsumsi makanan anda harus tetap di atas kalori yang dibakar agar berat badan dapat meningkat.

Pada tabel berikut akan menunjukkan perkiraan menurut Harvard Health Publication untuk memperkirakan jumlah kalori yang digunakan bila anda berolahraga selama 30 menit berdasarkan berat badan.

http://artikel-kesehatan.com/wp-content/uploads/2013/05/cara-menaikkan-berat-badan.jpg


Perlukah Berkonsultasi ke Dokter Bila Ingin Menaikkan Berat Badan?



Bagi yang ingin menaikkan berat badan, konsultasi dokter sangatlah diperlukan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter umum ata bila perlu dirujuk ke dokter spesialis gizi untuk mendapatkan nasehat medis mengenai cara menaikkan berat badan yang sehat. Jangan sampai anda makan terlalu banyak sehingga terjadi kenaikan berat badan yang tidak sehat. Selain itu, konsultasi dan pemeriksaan juga berfungsi untuk melihat ada atau tidak gangguan kesehatan yang mendasari masalah anda terkait metode menaikkan berat badan.

8 Tips Menaikkan Berat Badan


Perhatikan masalah kesehatan agar dapat terhindar dari keluhan penyakit kelak. Bila anda sering mengkonsumsi makanan jenis all you can eat, maka dapat diusahakan untuk mulai membatasinya. Untuk menaikkan berat badan tidak berarti mengharuskan anda makan sebanyak – banyaknya atau dalam porsi yang besar, melainkan dengan pola makanan sehat.
Penuhi tubuh anda dengan asupan karbohidrat, protein dan lemak yang seimbang dengan porsi sbb: 75% – 15% – 10%.
Usahakan untuk mencukupi makanan yang berkalori tinggi.
Bila anda merasa cepat lapar, ambil buah-buahan. Bila anda merasa cepat kenyang, makan makanan berkalori tinggi, seperti yang mengandung kismis ketimbang gula, atau potongan mangga ketimbang keduanya.
Kebiasaan minum yang sehat adalah tidak minum terlalu banyak setengah jam sebelum dan sesudah makan.
Perkaya kalori dengan mengkonsumsi jus buah, seperti jus mangga, jeruk, pisang, peach, dsb.
Bila tubuh anda tidak sensitif terhadap alkohol / bir atau dalam pengobatan yang mengharuskan meminum obat secara rutin, dapat meneguk alkohol dengan takaran kecil setiap harinya. Dengan meminum bir yang sesuai dengan aturan akan memberi 10 manfaat bagi kesehatan


Demikianlah informasi mengenai Cara Menaikkan Berat Badan Lengkap. Semoga bermanfaat :-)


sumber: Cara Menaikkan Berat Badan Lengkap (http://artikel-kesehatan.com/cara-menaikkan-berat-badan-lengkap/)

dimas.purnomo
18th May 2013, 03:48 PM
Mantab info nya..
Kok gak sekalian bikin thread untuk mengurangi berat badan juga brath? :D
pengalaman pribadi neh ya? :D :D :D

<kayaknya salah masuk forum brath..apa gak lebih cocok di forum kesehatan?>
<di http://www.forumku.com/forumdisplay.php?f=144 tapi tunggu moderatornya aje ye bener apa enggak tempat forumnya>

sheryl88
15th January 2014, 12:44 PM
Minum obat cacingan juga, siapa tahu didlam ususnya banyak cacing yang hidup dengan bahagianya, sehingga tubuhnya tidak bisa gemuk hehehe












Travel Haji & Umroh Murah (http://goo.gl/9hTguW) | Property Rumah/Ruko Tanjung Pinang (http://goo.gl/g0mpu9)

Sitad
17th July 2014, 03:17 PM
Makan protein yang banyak

__________________
obat meninggikan badan (http://peninggi.com/)
sulam alis bandung murah (http://chingsulamalis.com/)