View Full Version : Memiliki Obesitas Bisa Sebabkan Fatty Liver


elhazimaraihana
14th December 2015, 08:58 AM
Seseorang yang memiliki postur tubuh yang lebih besar, gemuk, atau yang sering disebut dengan obesitas, memilki peluang lebih besar mengalami perlemakan hati atau dalam bahasa medisnya yaitu Fatty Liver. Resiko untuk tekena penyakit Fatty Liver lebih tinggi ketimbang mereka yang memilki berat badan normal.

http://pengobatanliver.org/wp-content/uploads/2015/12/obesitas.jpg

Kondisi fatty liver akan lebih parah bila disertai dengan peradangan atau kerusakan pada sel sel hati yang kemungkinan pada akhirnya akan berujung pada kanker hati, dan gagal hati. Banyak diantaranya penyebab yang mangakibatkan seseorang mengalami peradangan atau kerusakan hati seperti misalnya infeksi virus hepatitis B atau C menahun, peminum alkohol atau minuman keras, obesitas, seseorang yang memiliki postur tubuh yang gemuk, diabetes, dan perlamakan hati.

Dari semua penyebab penyakit liver dan fatty liver ditemukan sebuah penyebab yang sangat berpengaruh penting dalam terjadinya penyakit ini yaitu perlemakan hati yang mana seseorang yang mengalamai penyakit liver atau fatty liver besar kemungkinan disebabkan oleh lemak yang berlebihan.

Kesimpulan tadi itu diambil berdasarkan data dari rumah sakit Medistra pada tahun 2013 lalu yang menyatakan, dari sejumlah penderita kanker hati, 33 persen diantaranya tidak disebabkan oleh hepatitiss B maupun C, sehingga perlemakan hati bisa dicurigai sebagai penyababnya.

Hal tersebut juga diperkuat dengan data dari rumah sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menunjukan, 34 persen pasien mengalami kanker hati bukan karena virus Hepatitis B atau C.

Tips Terhindar dari penyakit Fatty Liver

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk terhindari dari penyakit ini yaitu dengan memodifikasi gaya hidup, terapkan gaya hidup yang sehat hindari makanan serta minuman yang tentunya tidak baik untuk kesehatan sepert mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak tinggi, makanan yang memiliki dasar pembuatanya dari bahan kimia, tidak mengkonsumsi minuman keras atau alkohol, dan perbanyak untuk minum air putih.

Karena gaya hidup selalu menjadi dasar dalam hal mangatasi perlemakan hati.
bagi seseorang yang memiliki obesitas, lakukan penurunan berat badan (hingga mencapai normal) dan juga ditingkatakan untuk melakukan aktifitas fisik, seperti olahraga.


Sumber : Pengobatan Liver (http://pengobatanliver.org/)