View Full Version : Ini Dia Trik Supaya Anak Suka Matematika


NuriAmelia
21st March 2016, 05:09 AM
Mayoritas anak-anak pasti kurang suka sama pelajaran matematika karena bikin pusin n bikin stress katanya.. hehehe. Kalo kita inget dulu, apsti juga kita pernah ngalamin hal serupa ya, tapi sebenernya itu ga boleh diperturutkan ya, tetep aja kita harus bisa punya solusi supaya anak suka sama matematika ini.

http://www.merries.co.id/wp-content/uploads/2015/11/Ini-Cara-Jitu-Agar-Anak-Suka-Matematika.jpg

Ini dikutipkan trik-triknya ya :


Mengurutkan bilangan
Cobalah untuk belajar mengurutkan bilangan. Biasanya kegiatan ini akan dilakukan oleh anak-anak berusia 4 tahun. Pengurutan ini bisa dilakukan dari 1-10 dan seterusnya. Agar tidak terlalu membosankan, Moms bisa membuat lata peraga yang menyenangkan, seperti mainan dan lainnya.

Mencocokkan angka dengan jumlah benda
Cara menyenangkan lainnya adalah mencocokkan angka dengan jumlah benda. Caranya mudah, ketika Moms menyuruh si kecil menyebutkan angka 5, maka suruh si kecil untuk menuliskan nangka 5 terlebih dahulu, kemudian suruh si kecil untuk mengumpulkan 5 benda terdekatnya.

Penghitungan sederhana
Nah Moms, kita sudah masuk ke level yang lebih tinggi, yakni level perhitungan sederhana. Cara pengaplikasiannya sangat mudah kok, misalnya Moms kumpulkan 5 buah anggur, kemudian berikan 2 kepada si kecil, dan 3 lagi Moms yang pegang.

Setelah itu, suruh si kecil menghitung berapa anggur yang ada di tangannya, dan berapa anggur yang ada di tangan Moms, kemudian suruh si kecil untuk menggabungkan seluruh buah anggur tersebut, dan tanya berapa jumlahnya.

Sempoa
Selain dengan metode permainan sederhana, Moms juga bisa mengajarkan si kecil pelajaran matematika dengan menggunakan sempoa. Sempoa sendiri merupakan sebuah alat hitung manual yang fungsinya mirip seperti kalkulator, tapi dalam bentuk yang beragam.

Usahakan untuk memilih sempoa dengan bentuk yang lucu agar si kecil bisa tertarik menggunakannya. Tapi ingat ya Moms, jangan dulu menggunakan hitung-hitungan rumit. Cukup bilangan kecil-kecil saja. Intinya, ajari si kecil dengan metode permainan dan buat agar matematika tampak menyenangkan.


Sumber (http://www.merries.co.id/pre-schooler/ini-cara-jitu-agar-anak-suka-matematika)

NuriAmelia
23rd April 2016, 10:42 AM
Up

Up

Up

:(nod):

Up

Up

Up

:(clap):