PDA

View Full Version : 10 Tips Membiasakan Pola Makan Sehat Untuk Anak


numpanglewat
10th May 2016, 01:09 PM
http://www.higherperformancelife.com/wp-content/uploads/2014/12/Kids-Eating-Healthier.jpg

Kesehatan anak merupakan hal penting yang menjadi fokus utama orangtua. Banyak sekali orangtua yang tidak segan untuk membelikan suplemen makanan dan juga berbagai vitamin lainnya yang mahal demi kesehatan anak terjaga dengan baik. Namun dibalik itu, makanan alami yang bukan berasal dari obat-obatan merupakan sumber kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang dibuat secara kimia. Inti lain dari kesehatan adalah pola makan baik dan teratur. Pada usia dini anak-anak lebih cenderung untuk makan makanan yang hanya di sukainya dan bahkan menolak untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Disinilah peran orangtua sangat diperlukan

Buat Daftar Gizi dan Variasi Makanan
Buatlah daftar makanan-makanan yang akan dikonsumsi sebelumnya, lebih baik satu bulan atau satu minggu sebelumnya. Dengan mencari informasi terlebih dahulu mengenai berbagai macam makanan dan juga kandungan gizinya, setelah itu di buat daftar konsumsi per hari akan menjadi langkah sehat yang sangat besar. Anda dapat menyiapkannya satu minggu atau bahkan satu bulan sebelumnya. Dengan demikian gizi dan varian makanan anak dapat terjamin kesehatannya.

Rundingkan dengan Anak
Jika anak sangat pemilih dalam makanan, maka diskusikanlah dengannya. Jika ia menawar dengan mengurangi sayuran dan buah-buahan, jelaskan kepadanya bahwa hal terebut salah dan justru harus banyak dikonsumsi demi kesehatan pribadi anak. Dengan memberikan penjelasan kepada anak akan membuat proses membiasakan pola makan sehat anak emnjadi lebih mudah tentunya dengan pemahaman dan persetujuan anak.

Mulai Sejak Dini
Jika semua daftar sudah selesai, maka segeralah terapkan. Lebih cepat lebih baik. Semakin dini kebiasaan menjaga pola makan sehat ini diterapkan, maka akan membekas kepada anak sangat dalam dan melekat sebagai kebiasaannya setiap hari. Pola makan sehat yang sudah tertanam menjadi kesehatan sejak dini juga akan membentuk pola pikir anak dimana ia harus mengonsumsi yang sehat dan menghindari makanan yang merugikan bagi kesehatannya.

Hitung Kalori
Kalori sering sekali diremehkan oleh banyak orang di Indonesia. Dibandingkan dengan negara lainnya, terutama negara-negara di Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang, hitungan kalori sangatlah penting. Hampir semua makanan dalam kemasan, makanan yang dihidangkan di restoran dan bahkan pula minuman akan diberikan keterangan berapa kalori yang dikandung. Hal ini sangatlah bagus dan efisien untuk menjaga berapa asupan kalori per harinya supaya asupannya cukup, yaitu tidak kurang dan tidak lebih. Menghitung kalori juga baik untuk diet supaya dapat menjauhkan dari kegemukan dan bahkan obesitas.

Sediakan Desert Setelah Makanan Utama
Desert dapat menjadi motivasi anak untuk makan lebih sehat dan lebih banyak. Jika anak Anda sangat pemilih, maka sediakan desert kesukaannya di akhir makanan utama dengan syarat tidak boleh dimakan sebelumnya makanan utama dihabiskan. Pola ini sangatlah efektif, terutama jika diterapkan kepada anak-anak. Dengan memberi pacuan bagi merekapun dapat membantu mereka untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Namun desert yang disedikan juga harus sesuai dengan kadarnya dan tidak melebihi kadar gula yang wajar untuk dikonsumsi karena dapat berpotensi obesitas. Setelah anak sudah terbiasa, perlahan-lahan hilangkanlah desert tersebut atau tetap sediakan namun diganti dengan versi desert yang lebih sehat.

Be a Good Role Model
Ingat, anak melihat dan meniru orangtua. Jika Anda ingin merubah pola makan anak menjadi lebih sehat, maka hal ini juga harus di mulai dari pola makan orangtua. Dengan hidup bersama dan melihat pola makan orangtua akan menjadi pelajaran tidak langsung pula bagi anak-anak. Menjaga pola makan sehat bersama-sama akan menjadi solusi yang sangat bagus, dimana mutualisme antar orangtua dan anak terjaga, begitu pula dengan pola makan sehat.

Terapkan Kebiasaan yang Baik
Dari semua poin diatas merupakan poin-poin utama dan baik untuk menjaga pola makan yang bagus untuk kesehatan anak. Orangtua sebaiknya memperluas pengetahuannya mengenai apa yang harus ditingkatkan demi pola makan yang sehat bagi anak terus-menerus. Dengan begitu kebiasan ini akan menjadi semakin baik, dan jika terus diterapkan secara konsisten maka anak akan selalu menjadi sehat dan bugar. Begitu pula dengan orangtua mereka.

Demikian beberapa tips untuk membiasakan pola makan sehat untuk anak-anak bagi orang tua. Ingat, bahwa dengan sikap konsisten dan rajin akan membawa usaha Anda menjadi sukses. Dengan terus mengembangkan pengetahuan mengenai kesehatan di dukung pula dengan usaha keras, maka kesehatan anak akan terjamin dan terhindarkan dari segala penyakit. Jangan lupa juga untuk memilih sekolah yang baik untuk anak (http://sampoernaschoolssystem.com/) Anda sebagai investasi di masa mendatang. Selamat mencoba.