View Full Version : Pendidikan anak usia dini harus dimnegerti


lelawiro
7th August 2016, 08:12 PM
Pendidikan anak usia dini (http://berkoar.com/pengertian-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini/) bagi putra dan putri anda. Pembaca sekalian dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang pendidikan anak usia dini. Kita sadar bahwa usia emas anak harus kita pergunakan semaksimal mungkin. Nah dari dasar pemahaman tersebut dirasa perlu dan sangat penting untuk malakukan dan menerapkan pendidikan anak usia dini (http://carakata.org/pendidikan-anak-usia-dini-dan-manfaatnya/) pada anak anak kita. Di bawah ini ualsan lengkap tentang pendidikan usia dini

http://berkoar.com/wp-content/uploads/2016/08/pendidikan-anak-usia-dini.jpg

Pendidikan usia dini

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasiko pendidikan lebih lanjut.

PAUD itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Berdasarkan pasal 28 UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD dapat diselenggrakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan/atau informal.

http://carakata.org/wp-content/uploads/2014/06/kata-kata-menyentuh.png

PAUD jalur pendidikan formal diantaranya adalah TK (Taman Kanak-kanak), RA (Raudhatul Atfal) atau bentuk lain yang sederajat yang menggunakan program untuk anak usia 4 - ≤6 tahun. PAUD jalur pendidikan non formal diantaranya adalah TPA (Taman Penitipan Anak), atau bentuk lain yang sederajat yang menggunakan program untuk anak usia 0 - <2 tahun, 2 - <4 tahun, 4 - ≤6 tahun tahun dan program pengasuhan untuk anak usia 0 - ≤6 tahun, KB (Kelompok Bermain) dan bentuk lain yang sederajat menggunakan program untuk anak usia 2 - <4 tahun dan 4 - ≤6 tahun, sedangkan PAUD jalur informal adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarag atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

Penyelenggraan PAUD sudah mempunyai standar yang disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga bisa memberikan pelayanan yang berkualitas.

Demikianlah ulasan kita yang membahas tentang pendidikan usia dini. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi tentang pendidikan anak usia dini