PDA

View Full Version : Bagaimana mencari dan Memperbaiki 404 di wordpress


numpanglewat
11th August 2016, 02:11 PM
https://themefuse.com/wp-content/uploads/2016/04/notfound.jpg

Halo para member forum. Adakah di sini pengguna Wordpress? Biasanya dalam mengelola website dengan cms wordpress sering dijumpai berbagai masalah, salah satunya 404 error page. Namun tenang saja karena pasti ada solusinya. Komunitas pengguna cms ini pun sangat banyak, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk troubleshooting.

Dalam bisnis, website menjadi peran penting! Bahkan kamu perlu memiliki jadwal pemeliharaan pada basis reguler. Memeriksa 404 error page merupakan salah satu hal dasar untuk memulainya. Error page menjadi pemandangan umum yang terkadang agak sulit untuk diatasi, tapi dapat dicapai.

Menghadapi link yang rusak atau halaman 404 error menjadi sangat menjengkelkan! Tidak hanya untuk visitor tetapi untuk spider search engine dapat mempengaruhi websitemu dnegan negatif. Error page dapat dibagi emnjadi 2, yaitu:


Visitor 404 error page
Bot 404 error page


Google Analytics dapat membantumu menemukan 404 error page dan informasi tentang 404 melalui proses sederhana ini:

Behavior> Site Content>All Pages> Search “404” di search box.

Informasi yang diberikan agar kamu dapat memperbaiki errors yang dihadapi, tanpa gangguan. Namun, 404 dihadapi oleh spider search engine yang sedikit berbeda oleh visitor. 404 di search engine dapat dengan mudah dilacak melalui Webmaster Tools. Biasanya, ada 3 jenis Webmaster Tools yang dapat memberikanmu laporan indeksasi yang komprehensif:


Google Webmaster Tools – tersedia di bawah Crawl> Crawl errors
Microsoft Bing Webmaster Tools – dapat ditemukan di bawah Laporan & Data> Informasi Crawl.
Yandex Webmaster Tools – tersedia di bawah Indexing> kecuali Pages> HTTP Status: Tidak Ditemukan (404)


Fakta menyatakan bahwa search engine diprogram untuk merangkap apa saja di situs web termasuk hidden link, Webmaster Tools dapat membuatmu berkenalan dengan beberapa hal menyeramkan tentang 404 error page.

Cara untuk memperbaiki 404 error page WordPress

Meskipun memiliki beberapa cara, tapi ada yang perlu kamu ketahui sebelumnya:

Setelah kamua mengetahui beberapa gangguan, kamu harus menghindarinya! Ada beberapa link tertentu yang menyebabkan errors. Cara terbaik dengan memperbaiki link secara langsung. Tentu saja ini buka hanya menambah kualitas website, tapi juga viewer di search engine.


Perubahan URL 404


Terkadnag kita memindahkan page dari URL aslinya. Tapi, disarankan untuk menambah 301 ke page yang dipindahkan secara permanen. Bis akamu lakukan melalui file .htaccess, sehinga situsmu dapat digunakan wordpress plugin dan diarahkan ke new page. Kamu dapat lakukan juga dari panel hosting seperti plesk atau Cpanel.


Static 404 File:


Jika 404 tejadi pada file statis, seperti gambar atau pdf, kamu hanya perlu menguatkan keberadaannya menngunakan klien FTP. Misalnya, jika http://mydomain.com/wp-content/uploads/picture.jpg adalah URL di mana 404 error page sedang dihadapi, cukup ikuti:


Open FTP Client
Connected to the server
Navigation to the file location.
Authenticate existence


Dalam kasus non- existence, kamu menemukan penyebab error page, jadi upload file itu dan ajukan nama ejaan error hasil dari wordpress atau permalink configuration error. Biasnaya, browser berakhir menghasilkan 404 error bahkan jika file statis ada. periksalah apakah masalah menjadi hasil dari WordPress atau Permalink configuration error.


Page WordPress atau Permalink Misconfiguration 404:


Jika mendapatkan error existence pada page, pastikan untuk hadir di backend dan pastikan kamu memliki struktur permalink yang dibentuk melalui setting>permalink.

Sebuah aturan penulisan permalink dibuat wordpress untuk mengelola URL yang cukup dan sesuai aturan. Kamu dapat kembali ke tune dan pegi ke permalinks di wordpress admin dan menyelamatkan struktur permalink.

WordPress Dashboard> Settings> Permalinks: Klik “Save Change”

Jika perubahan sudah disimpan, uji URL kembali! 404 error mungkin akan pergi! Pebriakkan secepat ini biasanya akan muncul lagi, kamu dapat emlanjutkan untuk menemukan penyebab lain dengan Googling petunjuk data error.

Terkadang menonaktifkan plugin yang menciptakan permalink pribadi atau menangani rediction dapat membantu menyingkirkan masalah.


Debug Plugins.


Kamu dapat menggunakan plugin debugger untuk memeriksa ulang aturan dan memverifikasi apakah aturan penulisan ulang jawab untuk memproses URL ini sudah tepat. Kamu perlu menginstal plugin seperti “Debug”, yang dapat membantumu dalam mengeksplorasi WordPress.


WordPress 404 Page Layout


Page dan tema untuk menangani apa yang ditampilkan kepada para visitor pada 404 error page. Yang dinamai 404.php, tentu saja ini dapat diubah sesuai dnegan kebutuhanmu. Tema default WordPress menambahkan banyak hal untuk page seperti Categories, Arsip, Cari dll.

Nah itu sedikit tips yang bisa saya berikan untuk mengatasi masalah 404 di wordpress. Perlu diingat juga salah satu faktor untuk membuat website mu lebih powerful adalah masalah hosting. Kamu bisa daftar dan beli hosting berkualitas (https://idwebhost.com/Hosting_Web_Hosting) yang ada saat ini. Semoga bermanfaat.