PDA

View Full Version : 5 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Software Tester


iswahyudi
22nd August 2016, 03:17 PM
http://www.quadras.co.id/wp-content/uploads/2016/08/shutterstock_401334937.jpg

Anda tentu tahu, pengujian merupakan tahapan krusial dan penting dalam pengembangan sebuah software atau aplikasi mobile. Penguji atau tester tentusaja harus seseorang dengan kemampuan yang cukup terlebih jika testing tool yang digunakan bukanlah automation testing tool (http://quadras.co.id/) di mana pengujian dilakukan tanpa intervensi dari penguji kecuali untuk memeriksa hasil dan memperbaiki bug atau kesalahan yang ditemukan dalam pengujian.

Setidaknya ada 5 keahlian atau kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh penguji (tester)

Kemampuan mendokumentasikan. Dokumentasi adalah sesuatu yang penting dalam tahap pengujian. Hal ini membutuhkan keahlian karena dokumentasi yang penguji kerjakan akan dibaca oleh seluruh tim pengembang. Selain itu hal yang harus didokumentasikan juga cukup banyak mulai dari perubahan yang dibutuhkan, setiap langkah pengembangan yang diambil, kapan pengujian dilakukan dan berbagai hal lainnya. Tidak ada ruang untuk kesalahan karena itu akan mempengaruhi seluruh proses pengembangan software atau aplikasi mobile.

Persiapan sebelum melakukan pengujian. Persiapan yang baik adalah setengah dari kesuksesan dan seorang penguji harus menyiapkan banyak hal sebelum mulai melakukan pengujian. Tiga terpenting di antaranya adalah menyiapkan rencana pengujian atau test plan, scenario pengujian atau test scenario, kasus pengujian atau test case. Pastikan ketiga hal ini sudah disiapkan untuk menghindari kegagalan pengujian atau hasil yang tidak sesuai ekspektasi.

Tujuan dari pengujian. Ada banyak jenis pengujian dan tentu saja itu harus ditentukan sebelum pengujian dilakukan termasuk juga menentukan tujuan dari pengujian tersebut. Seelah tujuan ditentukan, usahakan untuk tetap fokus pada tujuan tersebut karena bagaimanapun pengujian merupakan bagian dari pengembangan software atau aplikasi mobile yang terkait dengan pembiayaan, waktu serta keinginan dari klien.

Paham jika pengujian merupakan bagian dari tahapan pengembangan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tahapan pengujian adalah bagian dari pengembangan software atau aplikasi. Pahami hal itu dengan baik untuk mengindari kesalahan atau lupa untuk mencatatp setiap proses selama pengujian. Selain itu, juga hasil dari pengujian akurat sehingga tidak perlu dilakukan pengujian ulang yang membuang waktu dan dana pengembangan.

Menyiapkan laporan penemuan bug atau kesalahan lainnya. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi, laporan ini merupakan kaporan paling krusial yang harus disiapkan dari setiap pengujian. Tahapan selanjutnya bergantung sepenuhnya pada hasil laporan ini. Laporan ini juga akan menjadi bagian dari dokumen sign-off. Sama sekali tidak ada ruang untuk melakukan kesalahan bahkan sekecil apapun itu.

Sumber (http://www.quadras.co.id/2016/08/17/5-kemampuan-dasar-yang-harus-dimiliki-oleh-software-tester/)