PDA

View Full Version : Ingin Menjadi Software Tester Andal? Ini Karakter Yang Wajib Anda Miliki


iswahyudi
8th September 2016, 03:14 PM
http://www.quadras.co.id/wp-content/uploads/2016/08/shutterstock_378597136.jpg

Penguji software atau aplikasi merupakan pekerjaan yang menjanjikan di masa sekarang. Salah satu alasannya karena perkembangan berbagai perangkat teknologi memaksa software dan aplikasi untuk mengimbangi perkembangan tetapi tanpa mengurangi kualitas dari software atau aplikasi tersebut. Jika kamu tertarik untuk menjadi penguji tester atau mungkin sudah menjadi penguji software tapi ingin meningkatkan kemampuan berarti kamu harus membaca artikel ini untuk mengetahui apa saja karakter yang wajib kamu miliki.

Selalu skeptis. Terdengar aneh tapi ini adalah karakter yang harus dimiliki jika ingin menjadi penguji software atau aplikasi yang baik. Yang dimaksud dengan selalu skeptic adalah ketika tim pengembang memberikan software atau aplikasi untuk duji dengan menggunakan testing tool (http://www.quadras.co.id/2016/08/24/ingin-menjadi-software-tester-andal-ini-karakter-yang-wajib-anda-miliki/) jangan pernah berpikiran atau percaya kalau aplikasi tersebut bebas dari bug atau kualitasnya sudah sesuai dengan kualitas akhir yang diinginkan. Coba dan buktikan sendiri melalui pengujian.

Terbuka terhadap saran. Dengar masukan dan feedback dari orang lain sekalipun Anda yang menangani pengujian itu secara keseluruhan. Selalu da ruang untuk melakukan peningkat dan mendapatkan masukan dari sesama teman penguji aplikasi merupakan ide yang bagus. Terlebih jika testing tool.

Mulai lebih awal. Biasakan untuk memulai pengujian lebih awal dengan melakukan analisa kebutuhan, menyiapkan studi kasus, rencana pengujian dan dokumen strategi pengujian untuk memastikan pengujian itu berjalan dengan lancar dan efisien. Semua persiapan ini akan berguna untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan yang bisa terjadi ketika menggunakan testing tool tetapi sebenarnya bisa dihindari.

Kemampuan mengidentifikasi dan memahami risiko. Risiko akan selalu menjadi bagian dari pengujian. Langkah terbaik untuk menghadapinya adalah dengan mengelolanya atau yang biasa dikenal dengan istilah manajemen risiko. Manajemen risiko ini merupakan proses yang terdiri dari tiga langkah utama. Mengidentifikasi, menganalisa dan meringankannya.

Lakukan market research. Jangan pernah berpikir kalau seorang penguji software atau aplikasi hanya memiliki tanggjung jawab sebatas memvalidasi program sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada salahnya menjadi lebih proaktif dengan melakukan market research sesuai dengan software atau aplikasi yang sedang diuji kemudian jangan ragu untuk memberikan masukan yang akan meningkatkan aplikasi tersebut. Market research ini bertujuan untuk memahami pasar lalu menyesuaikannya dengan produk yang sedang diuji.

Sumber (http://www.quadras.co.id/2016/08/24/ingin-menjadi-software-tester-andal-ini-karakter-yang-wajib-anda-miliki/)