PDA

View Full Version : Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Untuk Bunda


cussons_babyid
27th September 2016, 01:00 PM
Memandikan bayi yang baru lahir adalah hal atau moment yang paling indah bagi para bunda yang baru melahirkan bayi. Banyak di antara mereka yang baru menjadi seorang ibu mengalami hal yang berat pada awal memiliki bayi, terutama memandikan bayi baru lahir (http://www.cussonsbaby.co.id/blog/2016/08/31/bagaimana-cara-memandikan-bayi-2/). Bagi para bunda, memandikan bayi yang baru lahir pada pertama kali merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga dan penuh kehati-hatian. Sebelum memandikan bayi baru lahir, ada baiknya para Bunda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana memandikan bayi dengan benar dan tepat.

Agar resiko cidera pada bayi dapat diperkecil, Bunda dapat mempersiapkan dulu berbagai perlengkapan dan peralatan mandi, lap yang lembut, sabun mandi bayi bermerk Cussons, shampoo yang tidak pedih di mata dan berbagai perlengkapan mandi bayi lainnya seperti handuk yang permukaannya lembut. Dari berbagai pengalaman ibu-ibu, produk liquid dari Cussons memang lebih lembut di kulit bayi dan wanginga lebih harum serta lembut. Ketika memandikan bayi baru lahir, cukup basahi tubuh bayi satu per satu, sedangkan Bunda harus menutup bagian tubuh lain yang sedang tidak dimandikan agar bayi imut Bunda tidak merasa kedinginan. Bayi yang tali pusatnya belum lepas juga harus ekstra hati-hati dalam memandikannya, usahakan agar tidak mengenai tali pusat karena bayi baru lahir bisa cidera.
Nah, hal yang harus Bunda pelajari pertama kali dalam memandikan bayi adalah bagaimana memegang bayi baru lahir dengan benar dan agar bayi merasa nyaman. Memegang bayi ketika mau dimandikan memang cukup repot pada awalnya. Bunda perlu pengetahuan yang benar bagaimana memegang kaki bayi dengan benar dan tidak melukainya.

Pertama, tempatkan posisi badan si bayi dengan seperti posisi menggendong bayi seperti biasa, lalu taruh tangan kiri Bunda ke bawah kepala bayi dan leher si bayi dengan lembut. Kemudian, tempatkan tangan kanan Bunda ke pantat si bayi. Lalu tempatkan di permukaan yang lembut serta mulailah menutup bagian tubuh bayi yang tidak sedang dibasuh.
Sebetulnya, bayi baru lahir cukup dimandikan 2 kali saja dalam seminggu. Dan cara dimandikannya pun bukan dengan diguyur melainkan dilap dengan waslap lembut.