View Full Version : Debu Rusak PS3 Dari Dalam


dennisbikarto
27th October 2016, 07:39 PM
Debu merupakan kotoran yang hampirselalu ada dimanapun anda berada. Pada ps3-pun tentunya terdapat debu yang dapat menumpuk didalam ps3 anda jika tidak dibersihkan dan akan terus bertambah banyak jika tidak dibersihkan. Debu memang tidak akan langsung merusak ps3 anda namun ketika telah menumpuk anda dapat merasakan apa yang terjadi pada ps3 anda. Daripada ps3 anda menjadi rusak dan anda harus membawanya ke tempat service ps3 (http://www.winzgame.com/service/service-ps3/) dan menghabiskan lebih banyak uang anda dapat melakukan pembersihan ps3 anda sendiri terutama untuk pembersihan bagian dalam mesin ps3.
https://imageshack.com/i/pnK6Y7Dgj
Berikut adalah beberapa akibat debu yang menumuk pada ps3 anda:

1. Suhu Meningkat Lebih Cepat
Debu yang tebal akan membuat ps3 anda selain bekerja dengan lebih ekstra debu juga akan membuat ps3 anda kesulitan dalam memberikan udara yang lebih baik untuk mendinginkan mesin karena saluran udara yang mungkin tertutup oleh debu. Suhu yang cepat tinggi akan menyebabkan overheating dan membuat thermal paste yang berguna membantu mendinginkan mesin menjadi cepat kering dan harus segera diganti atau masalah lainnya seperti YLOD akan menimpa ps3 anda. Jika sudah terkena YLOD anda sudah pasti akan membawa ps3 anda ketempat service.

2. Kinerja Mesin Tidak Maksimal
Banyaknya debu yang menumpuk pada mesin ps3 akan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal atau malah akan terganggu. Seperti pada bagaian kipas pendingin ps3 yang jika tertutup debu akan membuat pergerakan kipas menjadi lebih lambat karena terhambat oleh debu. Tidak hanya itu pada bagian dalam mesin debu dapat membuat mesin menjadi mudah overhating dan akan menyebabkan mesin dapat mati dengan sendirinya.

Berikut adalah tips dalam membersihkan ps3 anda:
jangan menggunakan air sebagai pembersih bagian dalam mesin ps3 anda jika anda berencma membongkar ps3 anda untuk membersihkannya. Gunakanlah vaccum kecil untuk mengghisapdebu atau sapu kecil untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau mengggunakan tanggan. Bersihkan secara hati-hati agar anda tidak merusak ps3 anda pada saat membersihkan mesin ps3 anda.