View Full Version : Unit Pertama Pesawat P-8A Tiba Di Australia


hobbymiliter
24th November 2016, 08:35 PM
---- source: http://www.hobbymiliter.com/4927/unit-pertama-pesawat-p-8a-tiba-di-australia/ ------- HobbyMiliter.com –Â*Unit pertama dari 15 unit pesawat multi-misi maritim Boeing P-8A Poseidon pesanan Australia telah tiba di negara tersebut. Unit pesawat tersebut tiba pada tanggal 16 november 2016 lalu.
Pesawat tersebut diserah-terima kan dalam sebuah acara seremonial yang dilakukan di kota Canberra. Acara seremonial tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull serta pejabat politik dan militer Australia.
Begitu resmi memasuki masa operasional dalam jajaran Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force atau RAAF), P-8A akan menggantikan sebanyak 19 unit pesawat patroli maritim AP-3C Orion yang dioperasikan skuadron 10 dan skuadron 11 RAAF dengan pangkalan di Edinburgh di Australia bagian Selatan. Dari 15 unit pesawat yang direncanakan dalam Buku Putih Pertahanan Australia tahun 2016, sebanyak 12 unit sedang diproduksi dalam kontrak kerja dengan waktu pengiriman secara bertahap hingga bulan Maret 2020.
Angkatan Udara Australia berencana hendak mengoperasikan pesawat P-8A tersebut berdampingan dengan 7 unit sistem UAV MQ-4C Triton besutan perusahaan Northrop Grumman asal Amerika Serikat. Sejalan dengan pengiriman unit pertama pesawat tersebut, RAAF bersiap untuk pengoperasian pesawat terbarunya tersebut dengan mengadakan pelatihan kru pengawak pesawat di Naval Air Station Jacksonville di Florida, Amerika Serikat. Sebanyak 40 orang personel dari RAAF berlatih bersama dengan personel Amerika Serikat dan Inggris.