View Full Version : Apa yang dinamakan masa subur itu ?


hernasilvia
14th December 2016, 09:22 AM
Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan. Banyak cara yang dapat memudahkan wanita mengetahui masa subur nya tetapi banyak juga cara yang tidak bekerja dengan baik untuk mangetahui masa suburnya tersebut.
Sebuah studi baru oleh Rumah Sakit New York-Presbyterian / Weill Cornell Medical College menemukan, bahwa hanya empat dari 53 aplikasi penghitung kesuburan yang akurat menghitung kapan waktu yang paling mungkin bagi seorang wanita untuk hamil. Aplikasi ini menghitung berapa lama anda haid . Haid biasanya berlangsung selama 7 hari paling lama 2 minggu atau 15 hari. Dalam islam juga sudah di atur masalah haid karena wanita yang sedang haid dalam islam tidak di perbolehkan untuk melaksanakan sholat,berpuasa,membaca ayat suci al-qur’an dan masih banyak larangan bagi wanita yang sedang haid . lamanya masa haid juga telah tertra dalm islam, haid nya wanita paling sebentar yaitu 24 jam , sedangkan biasanya wanita haid 7 hari atau satu minggu sedangkan paling lama haid nya seorang wanita ialah 15 hari .jikalau wanita melebihi paling lama haid , darah yang keluar tersebut bukan lagi darah haid , melainkan darah penyakit .
Tetapi disini masalahnya wanita siklus haidnya berubah ubah, tidak menentu yang di sebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka masalah menstruasi tersebut bisa tergolong ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur.
Ada juga wanita yang tidak berovulasi tiap bulan atau sering di kenal telat dating bulan .Telat datang bukan sering di identikan dengan masa kehamilan . Tidak selamanya telat datang bulan itu karena hamil ada juga beberapa yang mempengaruhi terlambatnya datang bulan di antaranya stes,sakit, perubahan pola hidup, kegemukan, konsumsi obat,salah hitung, pra menopause,menopause dan hamil.
Ada cara mudah untuk mengetahui masa subur kita ialah dengan memeriksa cairan serviks Anda. Jika terlihat seperti putih telur mentah dan bisa membentang sekitar 2,5 inci di antara jari-jari tangan tanpa putus, Anda mungkin sedang ada dalam masa subur.
Anda dapat membeli alat tes kesuburan di apotik. Cara pakainya sama dengan alat tes kehamilan, yaitu Anda harus meneteskan air seni Anda ke dalam alat itu. Cara ini lebih mudah dan lebih efektip untuk mengetahui masa kesuburan kita .
Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar progesteron (hormon reproduksi utama yang kadarnya naik di sekitar waktu Anda berovulasi) atau melakukan USG di pertengahan siklus untuk mencari bukti ovulasi . cara ini lebih tidak ribet tetapi anda harus mengeluarkan biaya lebih dari cara yang di atas.
Setelah anda mangetahui hasilnya sedang berevolusi atau tidak sebaiknya anda sudahtau rencana kedepannya seperti apa , jika anda sedang mendambakan buah hati dan masa berevolusi anda sedang berlangsung , maka sebaiknya ajak pasangan anda untuk bercinta , karena itu berpeluang besar untuk anda hamil. Kemudian, rencanakan untuk bercinta lagi, dua atau tiga hari berturut-turut untuk meningkatkan kemungkinan hamil.
Namun, terlalu fokus pada perhitungan masa subur yang tepat, dapat membuat Anda stres. Mary E. Sabatini, MD, Ph.D., seorang ahli kesuburan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan bahwa, adalah ide yang baik jika Anda mulai berhubungan seks dua sampai tiga kali seminggu dimulai pada hari ke sembilan siklus Anda. Jika Anda melakukannya, Anda akan memiliki kesempatan yang baik untuk mengandung.
Jika anda tidak kunjung di karunia buah hati, segeralah periksa ke dokter konsultasi dan minta saran dokter untuk solusi yang tepatnya .Buah hati adalah titipan dari Tuhan selain berusaha dengan berikhtiar kita juga jangan lupa berdo’a kepada Sang Pemilik segalanya .