PDA

View Full Version : Apasih keuntungan menjadi design graphic??


rank123
2nd February 2017, 01:44 PM
Design grafis paling akhir ini lagi naik daun, mengikuti pergantian IT dan dunia grafis. Mereka yang jalani pekerjaan ini biasanya dimulai dari kegemaran yang selanjutnya menghasilkan uang. Tetapi tidak banyak juga yang selanjutnya jadi desainer pro, mempunyai jam terbang tinggi dan pendapatan tinggi.

Tetapi dibalik gegap gempita dunia design grafis ini, ada satu harga yang butuh dibayar. Tidak selamanya makanan itu enak, banyak makanan tidak enak yang butuh mereka telan sehari hari.

Buat kamu yang akan menerjuni dunia ini, bisa menelan artikel ini dulu, dan rasakan pahitnya jadi Desainer Grafis. Jadi kompliti juga manisnya dunia design grafis. Benar?
Mengekspresikan Kreatifitas Anda
Sebagai seorang desainer grafis anda bisa dengan leluasa mengekspresikan kreatifiasmu. Apabila anda merasa gelisah dengan persoalan politik dinegeri ini, anda bisa mengekspresikannya dengan buat beberapa design yang menyindir bagaimana politik dinegeri ini.
Saat ini kegelisahan yang dihadapi biasanya desainer yakni tentang permasalahan bayaran. Banyak client yang inginkan peroleh design bagus tetapi tidak mau bayar mahal. Dan konyolnya lagi, design itu harus cepat selesai. Bahkan juga ada juga yang menyindir tentang harga rekanan, atau gratis.
Dengan pengetahuan design yang anda mempunyai, anda bisa buat satu poster sederhana atau meme untuk menyindir fenomena ini. Bahkan juga ada juga yang buat meme tentang kebimbangan cinta versi desainer grafis.
Baiknya, anda bisa buat pemahaman tetang fenomena itu dengan satu infografis yang di isi tentang data-data yang didapat dari bermacam sumber.
Menggerakkan Studio Sendiri
Anda inginkan memiliki studio design sendiri? Sekarang ini waktunya anda mulai mewujudkan yang diimpikan itu. Jangan sampai dipending lagi. Skill design yang anda mempunyai begitu mungkin saja anda untuk mewujudkan mimpi itu. Sekarang ini tinggal tekad anda saja. Jangan sampai begitu berekspektasi begitu tinggi, cukup buat studio design anda dari kecil-kecilan dulu. Mencari nama, buat design logo, dan promosikan.
Mungkin saja Freelancer
Apabila anda inginkan memulai karir sebagai freelancer, design grafis demikian berpotensial untuk hal sejenis ini. Seperti poin lebih dahulu, dengan jadi freelancer anda bisa bekerja dimana saja, kapanpun tidak ada harus terikat waktu (cuma deadline yang mengikat). Saat ini banyak website yang membantu sebagian freelancer peroleh projek. Di Indonesia sendiri ada sribu. com, sribulancer, project. co. id, freelancer. co. id apabila di luar ada 99design. com, elance. com, upwork. com, freelancer. com, dan banyak lagi.
Selain itu, peluang dari tipe design banyak pula, ada design logo, pakaian, website, iklan, paket dsb.
Belajar Sendiri (Otodidak)
Skill design grafis tidak harus diasah dari bangku resmi saja, seperti kuliah dikampus design. Semakin lebih itu, skill design akan semakin tambah karen sering dilatih. Anda bisa belajar dari banyak tutorial, makin banyak baca buku untuk sisi ini, dan yang terlebih mempunyai passion dibagian design.
Di Indonesia sendiri ada satu desa yang dijuluki “kampung desain”. Satu desa yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa Kaliabu. Desa ini memiliki komune design yang di isi sebagian ratus desainer muda yang hampir sebagian belajar design lewat cara otodidak. Banyak dari mereka sudah bisa memenangkan kompetisi design yang sering diadakan bebepara situs online.
Cuma Bermodalkan Software Design Dan Kreativitas
Apabila anda memulai karir sebagai seorang freelancer anda tidak memerlukan modal yang sekian besar. Anda tidak butuh alat berat, truk, atau material yang lain. Anda hanya butuh computer yang mumpuni dan software design seperti Adobe Ilustrator atau Photoshop. Dan hal yang terlebih yakni kreatifitas, kerja keras dan pengembangan diri. Yap, kedengarannya cukup mudah, tetapi anda membutuhkan banyak latihan untuk berkompetisi agar bisa mencapai permukaan. Rajinlah membaca dan melihat-lihat referensi design.
Stabilitas pekerjaan
Demikian banyak peluang, kemungkinan besar bila seorang desainer grafis akan selalu memiliki pekerjaan. Persoalan ekonomi dapat menyebabkan kenaikan kepentingan iklan. Semakin besar perubahan satu perusahaan akan demikian perlu untuk mempekerjakan desainer grafis. Walaupun kompetitif, pasar design grafis tumbuh dan tidak perlihatkan tanda sinyal penurunan. Iklan yang efektif dapat buat atau menghancurkan satu perusahaan, sampai menyewa seorang ahli desainer grafis yaitu langkah pertama untuk tingkatkan pemasaran.
Miliki potensi Untuk “Repeat” Usaha
Client yang sama kesempatan akan jadi pelanggan bernilai untuk peroleh semakin lebih satu pekerjaan. Kita tak memahami kebutuh perusahaan client. Apabila perubahan perusahaannya bagus, untuk tingkatkan bisnisnya, tentunya mereka membutuhkan pemasaran yang akan menggandeng desainer grafis untuk menyiapkan bahan-bahannya. Service yang baik pada client kesempatan akan buat client itu kembali ke anda. Ini untuk menutupi target bulananmu.
Namun, ada catatan yang mungkin saja mesti anda pikirkan. Walau client yaitu raja, namun anda harus juga pilih client yang menurutmu layak untuk dipertahankan juga. Janganlah menjaga client yang maunya untung saja, namun tidak ingin menggerakkan kewajibannya juga. Janganlah mepertahankan client yang maunya murah namun menginginkan design dengan kwalitas yang bagus. Bila dapat, berikan pengertian, namun bila tak tahu juga, mending bebaskan saja.
Nah, untuk kamu yang menginginkan cobalah belajar design grafis serta jadi profesional bisa deh dipelajari apa sih keuntungan nya? Buat yang menginginkan selamat coba ya. Good luck!

referensi: http://www.tdc-indonesia.com/