View Full Version : Cara Mengatasi Alergi Lipstik


nisrina
27th February 2017, 05:01 PM
Lipstik yang merupakan bagian dari kosmetik cendrung menjadi sesuatu yang dihindari bagi mereka yang memang alergi terhadap alergen yang terkandung di dalamnya. Berbagai gejala akibat alergi lipstik seperti bibir bengkak, memerah, mual, kebas atau mati rasa, muncul akibat salah memilih kosmetik pecantik wajah ini. Akibatnya bisa berpengaruh terhadap diri sendiri atau orang lain (misalnya anak). Anak sebagai seseorang yang intens berkomunikasi tentu tidak lepas dari ciuman dan pelukan orang tua. Bila orang tuanya mengenakan lipstik mencium anaknya yang memiliki kulit sensitif, dampaknya gejala-gejala tadi muncul pada anak tersebut. Kalau sudah terjadi seperti ini, harus segera dibawa ke dokter karena terjadi masalah alergi anak.
Apa yang harus dilakukan bila alergi lipstik terjadi pada orang yang memakainya? Sebenarnya sebelum meminta resep dari dokter, selama alergi itu tidak parah dan baru terjadi, terapi alami murah bisa dilakukan oleh penderita alergi itu. Misalnya menggunakan es batu sebagai pereda bengkak pada bibir. Caranya sederhana, yaitu membungkus es batu dengan kain lalu dikompresan ke bibir yang bengkak selama beberapa menit. Ini mirip dengan apabila kita terkena demam. Kompresan air dingin bisa menurunkan suhu tubuh yang meninggi. Bengkak pada bibir juga terjadi karena rasa panas. Untuk menurunkannay bisa dengan sentuhan sensasi dingin. Tentu saja bibir tidak kempes jika hanya dikompres satu dua kali. Perlu beberapa kali sampai efeknya terlihat.
Selain itu, kantung teh juga bisa menjadi terapi untuk mengatasi alergi bibir khususnya ketika bibir gatal dan bengkak. Caranya dengan mendinginkan terlebih dulu kantung esnya lalu dikompreskan ke bibir. Caranya memang mirip dengan kompres es batu dengan kain tadi. Hanya saja ini lebih simple dan gampang. Yang penting ada kantung teh dan kulkas. Dan gel lidah buaya juga bisa membantu mengurangi bengkak. Oleslah ke bibir yang bengkak tersebut. Kandungannya bisa mengurangi dan bahkan menyembuhkan alergi lipstik.
Jika ketiga cara alami di atas masih belum bisa menyembuhkan alergi pada bibir, maka tandanya Anda harus segera mendapatkan perawatan medis karena bisa jadi jenis alergi (http://www.alergianak.com/info-alergi/apa-saja-yang-dapat-memicu-alergi) yang muncul tersebut sudah pada tingkat di atas normal.