PDA

View Full Version : Syarat Transfer Domain...


Bintang07
13th November 2013, 09:50 AM
Apakah Transfer Domain itu ?
Transfer domain adalah proses pemindahan registrar domain. Pemilik domain tetaplah sama, yang berpindah hanya registrarnya saja. Registrar adalah tempat pendaftaran domain, dapat berupa webhosting, registrar atau reseller registrar.

Kenapa transfer domain?
Biasanya pelanggan melakukan transfer domain karena registrar yang lama bermasalah, ingin mencari harga yang lebih murah, registrar baru memiliki fitur yang lebih banyak dll.
Apa yang harus saya persiapkan ?

Siapkan EPP Code/Domain Secret/Transfer Secret (Didapat dari registrar lama).
Ubah status Theft Protection / Private Whois menjadi disable agar email untuk aproval dapat dibaca oleh registrar baru.
Pastikan status domain adalah UNLOCK
Masa waktu expired domain minimal adalah 2 Minggu atau 14 hari untuk berjaga-jaga apabila transfer domain gagal.
Pastikan anda masih dapat mengakses domain yang digunakan untuk registrasi domain pada registrar lama, karena link approval akan terkirim ke email tersebut dan anda harus menyetujui dengan meng-klik link tersebut.

Bagaimana prosedur transfer domain

Anda daftar ke registrar baru lalu login.
Anda memilih pilihan transfer domain di website registrar baru tersebut.
Registrar baru akan memulai proses transfer domain dan mengontak registrar lama.
Registrar lama memberi jawaban approve/reject terhadap permintaan transfer tersebut. Misalnya jika domain diset LOCK TRANSFER di registrar lama, maka akan otomatis dilock karena dilindungi dari percobaan transfer.
Anda harus login ke registrar lama. Di website registrar lama Anda akan diberitahu mengenai adanya request transfer domain. Anda harus meng-approve request tersebut (terkadang terkirim melalui email), lalu juga mengambil kode transfer rahasia (semacam password, transfer secret, EPP code). Jika tidak ada tindakan dari Anda di pihak registrar lama ini dalam 5 hari, maka otomatis request transfer akan batal. Kode EPP bisa juga diperoleh dengan cara request kirim email ke pengurus lama dengan asumsi alamat email Anda sesuai dengan yang terdaftar pada kontak whois domain (tergantung kebijakan pengurus domain), kode EPP formatnya tergantung registrar biasanya berupa digit kombinasi huruf kapital/kecil dan angka.
Anda ke registrar baru dan mengkopikan kode transfer rahasia tersebut ke website registrar baru.
Pihak registry mengapprove transfer ini dan mengupdate database (Membutuhkan waktu 5-7 hari).
Transfer domain selesai.

Catatan: Domain otomatis sekaligus diperpanjang 1 tahun saat ditransfer, kecuali domain .id. Jika kalian ingin mempunyai domain sendiri, saya punya link ya lumayan rekomend lah --> http://jaringanhosting.com/default.aspx Buat yang punya link lain untuk hostingan share ya ^^