PDA

View Full Version : Tips Optimisasi Joomla Untuk Search Engine


Bintang07
14th November 2013, 12:48 PM
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Nah di Joomla (http://jaringanhosting.com/Indonesia-Joomla-Hosting), telah didesain sedemikian rupa supaya setingan SEO yang dapat anda temui di global configuration dapat diaktifkan dengan mudah.
Kita bisa mengaktifkan SEO tanpa menggunakan Apache Mod_Rewrite (URL rewriting pada Apache HTTP Server).
Kita bisa menambah akhiran .html pada url.
Nama Global site, deskripsi meta atau kata kunci global tidak otomatis lagi ditambahkan pada tiap konten.
Judul konten, deskripsi meta atau kata kunci dibuat unik pada setiap konten.

Untuk merubah kondisi di atas supaya URL kita mudah dibaca seacrh engine (Search Engine Friendly), kita memiliki dua pilihan:
Mengaktifkan SEF url tanpa menggunakan apache mod_rewite (Untuk sever yang tidak mendukung apache mod_rewrite).
Mengaktifkan SEF url menggunakan apache mod_rewite (Untuk sever yang nmendukung apache mod_rewrite). Untuk mengaktifkan fungsi SEF pada Joomla 1.5 ikuti langkah berikut:
1. Login ke kontrol panel.
2. Pilih Global Configuration
3. Pada kolom Site akan anda jumpai SEO settings seperti gambar di atas.

SEF url tanpa menggunakan apache mod_rewite
Untuk mengaktifkan SEF Untuk sever yang tidak mendukung apache mod_rewrite, pilih search engine friendly URLs menjadi Yes
Kemudian simpan dengan menekan tombol save. Coba buka web anda, maka URl akan berubah menjadi seperti ini index.php/frontpage. Dimana nama komponen dan item ID dihilangkan.

SEF url menggunakan apache mod_rewite

Kebanyakan penyedia layanan hosting mendukung mod_rewrite sebagai bagian dari paket bisnisnya. Mode ini umum digunakan dalam pendekatan pemakaian SEF pada sebuah web.Untuk mengaktifkan SEF Untuk sever yang mendukung apache mod_rewrite ikuti langkah berikut:
1. Dengan menggunakan ftp client, login ke server web kita kemudian pilih file folder untuk direktori Joomla.
2. Kita akan melihat satu file bernama htaccess.txt.
3. Sebelum mengaktifkan SEF, rename htaccess.txt menjadi .htaccess (jangan lupa .(dot) didepan htaccess).
4. Masuk ke backend Joomla anda kemudian pilih Global Configuration. Pada SEO settings ganti search engine friendly URLs dan Use Apache mod_rewrite dari No ke Yes.
5. Simpan dan lihat hasil URL anda.Kurang lebih berformat seperti ini : /joomla-overview. Seperti yang anda lihat, sekarang nama komponen, item ID dan index.php menjadi hilang dan ini ideal untuk memudahkan pencarian pada sebuah search engine.
Menambahkan suffix ke URL.

Joomla juga mendukung penambahan akhiran .html. Caranya lakukan langkah di atas untuk poin ke tiga yaitu Add suffix to Urls ganti No menjadi Yes,
Metadata Information

deskripsi meta atau kata kunci global tidak otomatis lagi ditambahkan pada tiap konten. Artinya kita perlu menambahkannya pada setiap konten yang kita buat. Caranya adalah dengan menambahkan deskripsi meta atau kata kunci pada setiap artikel yang kita buat. Letaknya ada di kolom sebelah kanan Article editor. :(clap)::(clap):

Hendy
16th August 2015, 05:05 PM
Sayang sekali aku kurang paham dengan format Joomla ini .....


Memaksimalkan Pola Kreatif Blogging (http://responsive67.blogspot.com/2015/07/memaksimalkan-pola-kreatif-blogging.html)