View Full Version : Masalah Kantung Empedu


lawliet12f
11th September 2017, 02:08 PM
Kantung empedu atau kandung empedu adalah bagian organ tubuh manusia yang ada di bawah dari letak hati. Kerja dari kantung empedu ini sangat berkaitan dengan kerja dari hati dengan fungsi yang menyatu yaitu untuk membantu dalam proses pencernaan makanan. Kerja ini akan menjadi sangat terganggu ketika kantung empedu pecah.

Fungsi Kantung Empedu

Kantung empedu memiliki fungsi yang vital di dalam tubuh. Kantung ini berfungsi untuk menampung cairan empedu yang telah diproduksi sebelumnya oleh hati yang disebut dengan empedu. Empedu adalah cairan yang berwarna hijau agak kekuningan atau kehitaman.

Empedu yang dihasilkan oleh hati, sebagian disimpan di dalam kantung empedu ini. Kemudian, ketika makanan melewati usus dua belas jari, maka akan menghasilkan hormon yang akan merangsang aliran cairan empedu dari kantung empedu ke dalam usus dua belas jari ini.

Kegunaan empedu ini adalah untuk menetralkan kandungan asam yang ada di dalam makanan, serta untuk memecah lemak agar membuat kerja dari organ pencernaan menjadi lebih mudah untuk mencerna lemak ini.

Kantung Empedu Pecah

Penyakit atau masalah yang menyerang sistem kerja dari kantung empedu adalah batu empedu ('http://plazaherbal.id/akibat-kantung-empedu-bocor/'). Hal ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol di dalam saluran empedu. Atau juga dapat disebabkan oleh proses pengendapan lemak oleh pemecahan lemak yang tak sempurna.

Ada beberapa pantangan makanan bagi orang yang menderita batu empedu. Antara lain adalah santan, penyedap rasa, saus dan sambal serta makanan yang menggunakan bahan tambahan pangan dengan dosis yang sangat banyak. Apabila Anda termasuk pengidap batu empedu sebaiknya hindari megkonsumsi bahan makanan tersebut di atas.

Seseorang ketika mengalami batu empedu akan menunjukan gejala penyakit kuning, seperti bagian putih mata menjadi kuning, feses dan juga air seni akan menjadi berwarna kuning. Dan hal ini akan terjadi pada tingkat yang sangat parah.

Selain itu, rasa sakit dan nyeri di bagian perut juga akan terasa. Rasa mual juga akan menjadi pertanda adanya batu di dalam saluran empedu ini. Dan pada tingkat yang lebih parah, kantung empedu sudah tak mampu untuk menekan adanya batu yang ada di saluran tersebut sehingga menyebabkan kantung empedu pecah.

Inilah yang akan membuat kantung empedu dapat diangkat dan tentunya akan menyebabkan beberapa hal di dalam tubuh dan proses pencernaan makanan. Seperti bahwa empedu yang dihasilkan tidak akan disimpan lagi di dalam kantung empedu namun semuanya akan melewati usus begitu saja.