PDA

View Full Version : Anak Anda Susah Minum Obat? Atasi dengan 4 Tips Ini


Aiman8
18th January 2018, 03:40 PM
Kebanyakan orang tua ikut-ikutan sakit saat anak kesayangannya sedang terinfeksi suatu penyakit. Rasanya kita sebagai orang tua ingin mentransfer saja penyakit yang diderita anak ke kita agar mereka tidak usah merasakan sakit.

Pasalnya, selain menjadi rewel dan susah makan, anak yang sedang sakit juga susah untuk dibujuk minum obat. Padahal dengan anak terus menghindar-hindar, maka percuma saja ke dokter dan diberi obat karena obat yang diberikan pun tidak akan diminum, dan anak memiliki 1001 alasan untuk selalu menghindar saat dibujuk minum obat. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus kreatif saat menyiasati bagaimana caranya agar obat bisa masuk ke tubuh si kecil. Yuk, simak tips berikut:

1. Ubah Mindset
Kata pertama yang terlintas di otak anak saat mendengar kata ‘obat’ pasti pahit. Entah itu yang bentuknya sirup, puyer, tablet atau kapsul. Sehingga, Anda bisa hilangkan pemikiran negatif tentang pahit tersebut dengan menyiasati dengan menambahkan gula atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Kalau bentuk nya herbal capsule (http://aimfood.co.id/id/supplementherb-id/) dan anak sulit untuk menelan karena kebesaran, Anda bisa buka capsulenya, tuangkan serbuk ke sendok dan tambahkan pemanis. Lain lagi kalau bentuk obatnya tablet, Anda bisa tumbuk tabletnya sampai halus dan tambahkan juga pemanis. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anak untuk menghindar dari rasa pahitnya obat.

2. Beri Penjelasan
Berikan pengertian dan penjelasan kepada anak tentang penyakit yang sedang dideritanya dan efek yang bisa timbul jika anak tidak minum obat. Tetapi, jangan sampai membuat anak malah ketakutan dan jadi trauma. Buat cerita semenarik mungkin agar anak merasa nyaman dengan apa yang akan ia minum.

3. Alihkan Perhatian
Anda bisa memberi obat si kecil saat ia sedang sibuk menonton tayangan seru di TV. Berikan obat di sela-sela Anda menyuapi anak makanan atau campur dengan makanan yang rasanya mencolok seperti jus atau bubur, supaya anak tidak merasakan rasa pahit dari obat. Tapi ingat, ada obat tertentu yang dapat mengeluarkan reaksi negatif jika dicampur dengan senyawa lain, jadi pastikan Anda konsultasi dahulu ke dokter untuk melakukan tips nomer 3 ini.

4. Beri Hadiah dan Pujian
Ini salah satu siasat yang bisa Anda lakukan jika anak susah untuk minum obat. Dengan iming-iming mainan yang ia senangi atau mengajak jalan-jalan ke suatu tempat yang ia inginkan, Anda bisa buat anak Anda untuk menuruti keinginan Anda agar mau minum obat. Tapi jangan lupa, selalu beri pujian setiap anak berhasil minum obat dengan baik. Ini dilakukan agar ia merasa bahwa minum obat merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu, ketika si kecil harus minum obat lagi, ia tidak akan ketakutan dan sudah bisa mengadaptasinya.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika membujuk anak untuk mau minum obat. Memang diperlukan kesabaran, tetapi dengan ide-ide yang kreatif Anda sebagai orangtua bisa kok untuk membujuk mereka. Semoga tips di atas bermanfaat yaa!

Baca Juga : 3 Obat Alami yang Mudah Ditemukan untuk Sembuhkan Penyakit Malaria (http://www.cokoyes.com/blog/323003/3-obat-alami-yang-mudah-ditemukan-untuk-sembuhkan-penyakit-malaria/)