View Full Version : Sakit Perut Saat Haid Pertama


jingga
13th February 2018, 10:27 AM
http://infogamat.com/wp-content/uploads/2017/12/pendidikan-haid-300x200.jpg

Setiap wanita yang sudah mengalami menstruasi pastinya sering mengalami rasa sakit pada perutnya. Dan rasa sakit yang muncul setiap orangnya berbeda-beda dan bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada perut bahkan ada yang mengalami nyeri hebat sehingga tidak mampu beraktivitas.
Nyeri haid merupakan kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang dapat menyebar hingga punggung dan paha.


Nyeri haid primer merupakan sakit pada bagian perut bawah yang terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan tanpa kelainan organ dalam pelvis ( biasa dialami oleh sebagian besar wanita normal).
Nyeri haid sekunder ditandai dengan adanya kelainan organ dalam pelvis, bisa jadi disebabkan oleh adanya kista, miom atau tumor dalam rahim.


Sakit perut saat haid atau disebut dengan dismenore bisa menjadi pertanda dari gangguan sistem reproduksi wanita. Kondisi ini disebut dismenore sekunder. Berbeda dengan dismenore normal (dismenore primer), nyeri yang ditimbulkan biasanya berlangsung lebih lama dan disertai dengan gejala lainnya, misalnya menstruasi banyak atau tidak teratur, nyeri saat hubungan seksual, ataupun keputihan yang tidak normal. Beberapa penyebab dismenore sekunder misalnya fibroid rahim, endometriosis, radang panggul, adenomiosis, penggunaan IUD, dan sebagainya.
Seseorang yang mengalami sakit haid biasanya :


Nyeri pada wanita ketika haid bisa juga terjadi dengan cukup parah sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.
Nyeri yang dirasakan akan muncul sebelum atau ketika sedang mengalami menstruasi dan dapat bertahan selam dua hingga empat hari.

Penyebab Nyeri Haid Pada Hari Pertama
♦Kontraksi rahim ( Iskemia otot rahim ) Penyebab nyeri haid pada hari pertama ini disebabkan karena lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin.
♦Faktor hormonal. Dengan meningkatnya produksi hormon progesteron juga dapat menjadi penyebab nyeri haid pada hari pertama.
♦Endometriosis, Endometriosis biasanya ditandai dengan sakit yang tak tertahankan.


♦Pelvic Inflammatory Disease ( PID ) PID yaitu infeksi pada organ reproduksi wanita yang dapat disebakan oleh penyakit kelamin yang menular yang dapat disebabkan oleh hubungan seksual.



Terimakasih dan semoga bermanfaat ya :) (http://infogamat.com/kapsul-pereda-sakit-saat-datang-bulan-pada-hari-pertama/)

jingga
13th February 2018, 10:33 AM
http://infogamat.com/kapsul-pereda-sakit-saat-datang-bulan-pada-hari-pertama/