View Full Version : Mensiasati Anak Susah Makan


rikasalsabilah
14th March 2018, 11:52 AM
“Adik (keponakan/ anak) gue makannya susah banget, drama banget tiap makan,” keluh seseorang.

Banyak ya yang ada di situasi kayak gini, padahal makanan penting buat menunjang kegiatan seseorang setiap harinya. Kalau udah begitu keadaannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Berikan variasi makanan
Semua orang suka makanan yang bervariasi, apalagi anak kecil. Buat mengakalinya coba dengan memberikan menu yang beragam dengan penampilan sajian yang menarik. Misalnya dengan membuat bento sesekali. Atau perbanyak makanan dengan warna-warni yang menarik.

Sajikan dalam porsi kecil
Seorang anak butuh nutrisi lengkap dalam makanannya, begitupun orang dewasa. Buat memenuhi kebutuhan nutrisinya sajikan dalam porsi kecil namun sering. Supaya terpenuhi kebutuhannya.

Jangan Memaksa
Kalau anak mulai menutup mulut, seringkali orang tua malah menakuti demi si anak mau makan makannnya. Padahal kalau begini justru akan bikin anak mengalami trauma nantinya atau phobia akan makanan.

Praktikan Jam yang Teratur
Coba nuntuk selalu memberinya makanan dan snack secara tepat waktu. Nantinya anak akan terbiasa dengan jam tersebut, malah mungkin akan meminta makan di jam yang memang biasa sdah ditentukan.

Source solusiibuattack (https://solusiibuattack.com/smart-tips/412/tips-smart-atasi-anak-yang-susah-makan)

softlenskawaii
14th March 2018, 01:14 PM
biasanya saya selalu mengajak anak makan sambil menceritakan dongeng. soalnya anak saya suka sekali dengan cerita dongeng.