View Full Version : Mecin Bikin Lemot?


NuriAmelia
21st March 2018, 05:09 PM
“Jangan kebanyakan makan mecin, nanti jadi lemot lho,” atau lebih kasar “Makan mecin mulu nanti bisa jadi bego,” kata seseorang.

Mecin, vetsin atau apapun sebutannya itu adalah mono-sodium glutamat, yang sadar atau tidak sebenarnya kita sering mengkonsumsinya.

Masa sih?

Jadi mono-sodium glutamat sebenarnya ada di beberapa makanan yang kita makan sehari-hari. Tomat dan jamur mengandung kandungan tersebut, selain itu daging merah dan sayur yang belum dimasak juga.

Asam glutamat merupakan asam amino non-esensial yang ada berada dalam protein. Kiranya membuat otak menjadi lemot, kandungan ini justru berperan penting untuk meningkatkan sistem metabolisme, memaksimalkan fungsi otak dan menunjang kinerja otot.

Tapi tetap saja konsumsinya harus dalam batas kewajaran. Karena kan memang segala sesuatu yang berlebihan kurang baik.
Batas aman konsumsi mecin ini adalah 6 gram per hari. Karena yang biasa disebut mecin itu adalah buatan. Mecin (MSG) yang seringkali dibahas oleh masyarakat diproduksi dari tetes tebu atau tepung tapioka. Untuk prosesnya pun melalui fermentasi seperti tempe, yoghurt.

Sebaiknya perhatikan asupan mecinmu, jangan sampai berlebihan.
Lengkapnya boleh dibaca di sini Diasweet (http://www.diasweethealthy.com/fun-facts/benarkah-konsumsi-micin-bisa-bikin-otak-lemot/):o::o::o::o: