View Full Version : Seorang Misionaris Tewas Dibunuh Sekelompok Orang di Papua


copycat
2nd April 2018, 01:17 PM
TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Seorang misionaris bernama Berni Fellery Kunu (24) jadi korban pembunuhan puluhan orang tak dikenal di Papua.

Pria asal Minahasa itu ditemukan tak bernyawa di pedalaman Kampung Yabasorom, Distrik Pamek, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (29/3/2018), saat melakukan pelayanan kesehatan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan adanya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh puluhan orang.

"Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, jumlah pelakunya ada 23 orang, yakni 19 orang pria dan 4 orang wanita," katanya, Sabtu (31/3/2018) malam.

Kamal menjelaskan sebelum kejadian para pelaku dengan menggunakan benda tumpul dan juga busur panah mendatangi kediaman para misionaris yang dihuni dua rekan korban.

"Jadi mereka bertiga ini adalah petugas kesehatan dari Yayasan Advent, untuk misi kemanusiaan. Saat mereka tiba di Kampung Yabansorom dihadang lalu di interogasi seorang pria yang mengaku sebagai ketua mereka. Pertanyaannya, apa tujuan mereka datang ke kampung itu. Lalu apakah mereka ada yang bekerja sebagai intelijen Indonesia," kata Kamal.

Di samping itu, lanjut Kamal, pelaku juga menyampaikan bahwa ia adalah Ketua Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah itu selama 25 tahun.

"Lalu para pelaku menggeledah rumah dan mencari keberadaan korban yang bertepatan berada di sungai, yang berjarak 50 meter dari rumah," paparnya.

Menurut keterangan dua orang saksi yang merupakan rekan korban, kata Kamal, sungai tersebut tidak jauh dari kediaman mereka dan arus air sangat deras sehingga pada saat pembunuhan, mereka tidak mendengar jeritan suara dari korban.

Kemudiam, para saksi pun merasa ketakutan, sehingga tidak berani keluar dari rumahnya untuk menyelamatkan korban.

Keesokan harinya saksi mencari korban di sekitar kali dan tidak jauh dari kali ditemukan seperti sebuah kuburan.

Pada saat digali ditemukan korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

"Kemudian, para saksi menyampaikan informasi itu ke yayasan untuk di jemput ke Kota Jayapura, menuju ke rumah sakit Bhayangkara Polda Papua," ujarnya.

Usai di evakusi ke RS Bhayangkara, ungkap Kamal, pihaknya langsung menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga di Manado, Sulawesi Utara.

"Sampai sejauh ini, kasus pembunuhan ini masih dalam penyelidikan," katanya.

Itsaboutsoul
2nd April 2018, 01:48 PM
Kalo pemberitaan di Indonesia (https://www.matamatapolitik.com/jokowi-yakin-menang-dalam-perang-lawan-ekstremisme/) redaksinya begini bisa nimbulin konflik di Papua (https://www.matamatapolitik.com/papua-barat-terus-berjuang-untuk-kemerdekaan/) sana.