View Full Version : Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer Mengalami Peningkatan Signifikan


rai_ihan
15th May 2018, 02:19 PM
http://www.sekolahsiapunonline.com/wp-content/uploads/2018/05/Peserta-Ujian-Nasional-Berbasis-Komputer-Mengalami-Peningkatan-Signifikan.jpg

RELION – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) tahun ini mengalami peningkatakan peserta ujian secara signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ketika pertama kali dilaksanakan di tahun 2015 hanya dua persen peserta yang mengikuti UNBK. Seiring berjalannya waktu, peserta UNBK terus bertambah dan tahun ini sudah mencari 80 persen. Dengan kata lain kenaikan peserta UNBK tahun ini mencapai 166 persen dibanding tahun sebelumnya.


Spesifikasi Server UNBK


Berdasar catatan pemerintah, tahun ini ada 17 provinsi yang menyelenggarakan UNBK secara menyeluruh untuk SMK dan 16 provinsi untuk jenjang SMA. Hal ini tentu merupakan kabar baik dan diharapkan akan diikuti oleh provinsi-provinsi lain di tahun mendatang agar target pemerintah untuk mengadakan UNBK secara merata di seluruh sekolah di Indonesia dapat tercapai.


Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras sekolah dan pemerintah. Sekolah terus berupaya untuk menyiapkan fasilitas komputer sesuai dengan spesifikasi komputer juga spesifikasi server UNBK yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tidak hanya menyesuaikan spesifikasi, sekolah juga sebaik mungkin berusaha untuk menyediakan fasilitas komputer sesuai dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian. Tidak hanya itu, sekolah juga aktif mengadakan uji coba dan pelatihan kepada peserta UNBK agar tidak canggung saat ujian berlangsung. Sementara itu, di sisi lain, pemerintah juga bekerja keras untuk menyiapkan sarana dan prasarana. Di samping menyiapkan soal ujian yang sesuai dengan standar, pemerintah juga bekerja sama dengan PLN untuk memastikan tidak terjadi pemadaman listrik saat ujian berlangsung. Hal ini penting mengingat banyak daerah di Indonesia yang masih mengalami pemadaman bergilir dikarenakan tidak memadainya energi listrik yang dihasilkan oleh PLN.


Prestasi baik ini tentu harus diimbangi dengan perkembangan positif di masa yang akan datang. Sekolah yang tahun ini belum siap untuk melaksanakan UNBK diharapkan tahun depan sudah dapat ikut serta. Sekolah juga memiliki waktu yang cukup panjang untuk menyiapkan fasilitas serta kebutuhan lainnya. Jika sekolah membutuhkan rekan terbaik untuk menyediakan komputer dan server sesuai dengan spesifikasi server UNBK seperti yang dikeluarkan oleh pemerintah, jangan ragu untuk menghubungi Relion yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun menyediakan komputer dan server sesuai dengan kebutuhan klien.

Sumber : http://www.sekolahsiapunonline.com/news/peserta-ujian-nasional-berbasis-komputer-mengalami-peningkatan-signifikan.html