View Full Version : Mengadakan Kelas Komputer Merupakan Salah Satu Persiapan Menghadapi UNBK


rai_ihan
16th May 2018, 01:40 PM
http://www.sekolahsiapunonline.com/wp-content/uploads/2018/05/Mengadakan-Kelas-Komputer-Merupakan-Salah-Satu-Persiapan-Menghadapi-UNBK.jpg

RELION – Ujian Nasional Berbasis Komputer terus digalakkan oleh pemerintah dan diharapkan beberapa tahun dari sekarang sudah diadopsi oleh seluruh sekolah di indonesia. Untuk membantu pemerintah mencapai ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh sekolah. Selain menyediakan fasilitas komputer yang sesuai dengan spesifikasi komputer UNBK yang disyaratkan sebagai standar minimal oleh pemerintah, sekolah juga dapat memastikan kelancaran proses UNBK dengan melakukan persiapan sejak dini.


Spesifikasi Komputer UNBK


Salah satu persiapan dini yang sering dilupakan oleh sekolah adalah menyiapkan para peserta ujian agak tidak canggung saat mengerjakan ujian dengan menggunakan komputer. Komputer mungkin bukan hal yang aneh di masa sekarang walau begitu, bukan berarti seluruh peserta ujian familiar atau terbiasa menggunakan komputer. Dalam penyelenggaraan UNBK, ditemukan beberapa kesalahan kecil yang dilakukan oleh peserta ujian. Kesalahan kecil ini cukup mengganggu atau menyebabkan masalah. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta ujian adalah tidak mengerti penggunaan tombol capslock sehingga banyak peserta ujian yang mengisi bahkan mengerjakan esai dengan menggunakan huruf kapital. Hal ini terjadi karena peserta ujian tidak tahu kalau mereka dapat menggunakan tombol shift untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital terutama jika hanya ingin mengubah satu atau dua huruf saja. Kesalahan ini memang tidak memberikan dampak besar tetapi bisa saja memecah konsentrasi para peserta ujian.


Hal ini dapat dihindari dengan melakukan persiapan dini yaitu mengadakan pelatihan khusus kepada peserta ujian untuk menyiapkan mereka. Seharusnya ini bukan masalah besar karena sekolah sudah memiliki fasilitas komputer lengkap sesuai dengan spesifikasi komputer UNBK yang disyaratkan oleh pemerintah. Yang harus disiapkan oleh sekolah adalah tenaga pengajar yang mumpuni sehingga para peserta ujian maupun murid lainnya dapat mengoperasikan komputer secara baik dan benar. Mengadakan pelajaran komputer tidak hanya solusi bagi agar peserta ujian dapat berkonsentrasi menghadapi UNBK, ini juga merupakan cara untuk memanfaatkan komputer. Daripada hanya digunakan untuk UNBK yang berlangsung selama setahun tentu akan lebih baik jika digunakan sepanjang tahun dengan mengadakan kelas komputer. Ini juga dapat menjadi nilai tambah bagi sekolah terlebih di masa sekarang di mana sekolah berlomba-lomba menawarkan berbagai hal baru yang akan menarik perhatian calon murid begitu juga calon orang tua murid.


Ujian Nasional Berbasis Komputer memang merupakan metode baru bagi sebagian sekolah di Indonesia, begitu juga bagi para murid, tetapi bukan berarti akan menjadi masalah. Selama sekolah dan pemerintah mau bekerja sama serta mengadakan persiapan sedini mungkin maka ini UNBK tidak akan menjadi masalah besar. Bahkan UNBK akan menawarkan beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh ujian dengan sistem konvensional. Keuntungan UNBK dapat Anda temukan di artikel lain di website ini.

Sumber : http://www.sekolahsiapunonline.com/news/mengadakan-kelas-komputer-merupakan-salah-satu-persiapan-menghadapi-unbk.html