PDA

View Full Version : Mengenal Ujian Nasional Berbasis Komputer


rai_ihan
18th May 2018, 02:20 PM
http://www.sekolahsiapunonline.com/wp-content/uploads/2018/04/Mengenal-Ujian-Nasional-Berbasis-Komputer-1024x731.jpg

RELION Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga dikenal sebagai Computer Based Test (CBT) yang merupakan sistem penyelenggaraan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujian. UNBK tidak lagi menggunakan kertas dan tentu memiliki sistem ujian yang berbeda dengan sisten ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah dilakukan.


Server UBNK 2018


Sistem ujian berbasis komputer ini sudah banyak digunakan oleh sekolah-sekolah di negara lain, walau Indonesia sendiri baru menggunakan sistem UNBK ini pad atahun 2014 dan itu terbatas untuk sekolah Indonesia Singapura dan Indonesia Kuala Lumpur. Namun hasil UNBK terbatas itu mendorong pemerintah untuk mengimplementasikan sistem ini di Indonesia dan diharapkan sejalan dengan waktu maka seluruh sekolah di Indonesia dapat menerapkan UNBK. Untuk memastikan hal ini, pemerintah melalui MENDIKBUD merilis spesifikasi komputer dan spesifikasi server untuk UNBK agar tercipta sebuah standar yang sama di seluruh Indonesia.


Tahun ini, berdasarkan data yang dimiliki oleh pemerintah, sudah 91% dari seluruh Sekolah Menengah Atas dan setingkat yang menyelenggarakan UNBK. Ujian yang berlangsung minggu ini, 9-12 April 2018 dan meliputi tiga mata pelajaran utama ditambah dengan mata pelajaran pilihan jurusan ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk tahun-tahun mendatang dan menjadi pelajaran untuk terus meningkatkan mutu penyelenggaraan.


Semacam banyak sekolah yang menyelenggarakan UNBK ini salah satu faktornya karena adanya kerjasama yang baik antarsekolah. Sekolah yang sudah memiliki fasilitas komputer dapat meminjamkan atau menjadi tempat ujian bagi sekolah yang belum mampu menyiapkan fasilitas komputer sesuai dengan spesifikasi komputer dan spesifikasi server UNBK. Selain itu, meningkatnya persentase sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer juga dikarenakan antusias para siswa. Banyak dari para siswa yang menjadi peserta ujian menginginkan UNBK dilangsungkan di sekolah mereka. Tanpa diduga, sistem baru ini ternyata beradaptasi dengan cukup cepat.


Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer juga memperkecil kemungkinan bocornya soal ujian seperti yang selalu terjadi saat ujian nasional masih berbasis kertas. Hal ini dikarenakan ujian nasional berbasis komputer tidak membutuhkan distribusi kertas soal dan jawaban ujian sehingga tidak banyak tangan yang terlibat. Proses pendistribusian juga dilakukan melalui server yang tentu saja lebih aman.

http://www.sekolahsiapunonline.com/news/mengenal-ujian-nasional-berbasis-komputer.html