PDA

View Full Version : Pro dan Kontra Ujian Nasional Berbasis Komputer


rai_ihan
18th May 2018, 02:43 PM
http://www.sekolahsiapunonline.com/wp-content/uploads/2018/04/Pro-dan-Kontra-Ujian-Nasional-Berbasis-Komputer-1024x683.jpg


RELION Perubahan selalu menghadirkan pro dan kontra. Begitu pula dengan keputusan pemerintah untuk mengubah sistem ujian nasional dengan mengadopsi sistem ujian berbasis komputer. Tentu bukan tanpa alasan pemerintah memutuskan untuk menerapkan sistem ujian berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya, UNBK dipercaya dapat meningkatkan efisiensi, mutu, integritas juga menghemat biaya penyelenggarakan ujian nasional setiap tahunnya.


Walau begitu, pemerintah sadar kalau tidak mungkin langsung meminta sekolah di seluruh Indonesia untuk mengadopsi sistem ini. Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu menghadirkan sekolah-sekolah yang berada di pelosok dengan akses yang sulit sehingga tidak mudah untuk sekolah menyiapkan komputer sesuatu dengan spesifikasi komputer untuk UNBK yang diharapkan oleh pemerintah. Selain itu, koneksi internet di Indonesia yang masih belum stabil juga menjadi kendala tersendiri. Di beberapa daerah bahkan kemungkinan gangguan saat ujian meningkat karena tingginya intensitas listrik padam sewaktu-waktu atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Mengingat berbagai kendala dan permasalahan yang ada di lapangan membuat pemerintah memutuskan untuk mengadopsi sistem ujian nasional berbasis komputer ini secara perlahan. Sejak tahun 2014, pemerintah sudah mulai memperkenalkan sistem UNBK walau masih sedikit sekolah yang siap untuk menyelenggarakannya. Usaha pemerintah untuk terus memperkenalkan sistem ini tidak sia-sia karena di tahun ini, 2018, berdasarkan data terbaru yang dimiliki oleh pemerintah, sudah 91% Sekolah Menengah Atas dan setingkat yang menyelenggarakan UNBK.


Laporan terkait kendala saat penyelenggarakan UNBK juga semakin menurun. Salah satu alasannya karena sekolah sudah siap dengan memiliki rencana cadangan seperti menyediakan server pengganti dan bekerja sama dengan PLN untuk memastikan listrik tidak padam saat ujian berlangsung. Kabar baik tidak berhenti sampai di situ. Ternyata para siswa yang menjadi peserta ujian juga lebih suka dengan sistem UNBK. Alasan yang mereka berikan beragam tetapi rata-rata mengatakan kalau UNBK membuat mereka lebih mudah terutama karena tidak perlu menghitamkan jawaban seperti yang selama ini dilakukan pada ujian berbasis kertas.

Sumber : http://www.sekolahsiapunonline.com/news/pro-dan-kontra-ujian-nasional-berbasis-komputer.html